Ingin Beli Klakson Mobil Aftermarket? Berikut Harga Pemasangannya

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
klakson mobil
Klakson Mobil (Rider Tua)

OTOmart – Saat membeli sebuah mobil, terkadang kita kurang menyukai suara klakson bawaan. Apalagi, jika suara klakson mobil tidak menghasilkan suara yang sesuai dengan keinginan. Untuk mengatasi hal ini, biasanya Anda akan langsung menggantinya dengan merek aftermarket.

Di pasaran, sudah banyak beredar jenis klakson aftermarket yang bisa Anda pilih. Meski begitu, secara garis besar, jenis klakson mobil dibagi menjadi dua, yaitu electric horn yang biasanya digunakan untuk kendaraan pribadi, dan air horn untuk kendaraan besar.

Baca Juga: Tips Merawat Mobil Bekas Agar Harganya Tidak Terjun Bebas

Electric horn sendiri terbagi atas dua jenis, yaitu disc horn yang berbentuk piringan dan jenis fanfare atau yang biasa dikenal dengan klakson keong.

“Untuk klakson jenis disc horn, lebih tahan air karena desainnya lebih tertutup. Klakson ini punya suara yang melengking dan tinggi. Sedangkan untuk tipe fanfare sendiri, suaranya lebih ngebas karena telah dilengkapi dengan corong udara. Meski begitu, jenis fanfare kurang tahan kalau terendam air,” ucap salah satu mekanik spesialis audio di wilayah Bekasi, Tri Handoko, seperti dilansir laman Otoseken.id.

Menurut Tri, pemasangan kedua jenis klakson tersebut tidak akan mengubah pola kelistrikan. “Untuk pemasangan kedua jenis klakson ini, biasanya ada penambahan relay agar listrik lebih stabil dan hemat. Efeknya nanti pada suara klakson yang lebih bening dan konstan,” ucap Tri lagi.

Sebenarnya, terdapat jenis klakson aftermarket lain yang dapat digunakan, yaitu klakson tipe airhorn berdimensi kecil. Namun, jenis klakson ini jarang digunakan dan kurang populer. Hal ini karena, suara yang dihasilkannya cenderung cemprang dan biasanya hanya digunakan sebagai klakson tambahan saja.

Selain itu, klakson tipe airhorn mempunyai desain berbentuk corong sehingga membutuhkan ruang yang cukup besar serta memakan banyak daya listrik dari mobil Anda.

Baca Juga: Komponen Ini Harus Diperhatikan, Biar Mobil Tidak Limbung di Jalan

Harga Klakson Mobil Aftermarket

Di pasaran, klakson aftermarket dibanderol dengan harga yang beragam. Untuk klakson waterproof, dibanderol mulai dari harga Rp 250 ribu hingga Rp 650 ribu sekaligus dengan pemasangannya. Namun, klakson jenis ini adalah klakson standar yang biasanya digunakan untuk mobil pribadi.

Jika Anda ingin mendapatkan bunyi klakson khas mobil mewah, terdapat jenis klakson aftermarket yang punya nada tinggi dan rendah yang sebanding. Saat berada di frekuensi tinggi, bisa mencapai angka 500 Hz, dan saat frekuensi rendah, berada di angka 400 Hz.

Untuk mendapatkan klakson jenis mobil mewah seperti ini, Anda perlu merogoh kocok cukup dalam, yaitu sebesar Rp 850 ribu sekaligus dengan pemasangannya.

Jika Anda sedang mencari mobil bekas berkualitas dengan cicilan kredit yang mudah, aman dan transparan. Segera kunjungi website www.otomart.id. Karena kami selalu siap membantu mewujudkan impian Anda untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas terbaik.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Ini Tampilan dan Fitur Terbaru Pada Honda Jazz 2020

OTOmart – Anda ingin memiliki Honda Jazz? Sebaiknya bersabar terlebih dahulu. Sebab, Honda kini...

Tips Tingkatkan Performa dan Kenyamanan Daihatsu Ayla 1.2

OTOmart – Duo kembar Toyota Agya dan Daihatsu Ayla dikenal sebagai mobil dengan performa...

Mau Beli Nissan Grand Livina 2013 Ultimate, Ini Tips Mengeceknya!

OTOmart – Ketika membeli mobil bekas, jangan hanya tergiur dengan penampilan luarnya saja. Namun...

Ini Jenis Makanan Yang Mampu Meningkatkan Konsentrasi Pengemudi

OTOmart – Ketika mengemudi, hal yang paling penting untuk diperhatikan oleh pengemudi adalah konsentrasi...

Mau Modifikasi Calya? Sebaiknya Ikuti Panduan Berikut Ini!

OTOmart – Anda ingin melakukan modifikasi Calya atau hanya ingin mengubah tampilannya agar terlihat...

Selama Oktober 2019, Harga Mobil Avanza Terbaru Masih Stabil

OTOmart – Sejak pertama kali diluncurkan pada awal tahun 2019, Toyota New Avanza semakin...