Spesifikasi dan Harga Mobil Sienta Terbaru Agustus 2018

posted in: Artikel Mobil | 2 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
mobil sienta
Sumber: Toyota Astra Motor

OTOmart – Pernahkah Anda mendengar mengenai salah satu mobil buatan Toyota di segmen compact Multi Purpose Vehicle (MPV), Toyota Sienta. Mobil ini dirilis pada tahun 2003 lalu dan saat ini telah memasuki generasi ketiganya. Mobil Sienta dibuat oleh Toyota Astra Motor sebagai jembatan penghubung antara Avanza dengan Innova.

Sienta pernah membuat heboh jagat pasar MPV di Indonesia ketika pertama kali dirilis. Namun seiring berjalannya waktu, mobil ini mendapatkan saingan yang setimpal dengan munculnya dua mobil kembar, Calya dan SIgra sehingga membuat mobil Sienta menjadi tenggelam begitu saja.

Para kalangan menganggap bahwa mobil ini sudah habis dan gagal diserap, meskipun sebenarnya mobil buatan Toyota ini dalam penjualannya masih berada pada target yang ditetapkan oleh Toyota, yaitu 4.000 unit sebulan.

Jika dilihat secara dimensi, kapasitas penumpang Sienta dengan Avanza dan Innova serta pesaing terdekatnya Honda Freed sama, yaitu sama-sama mempunyai kapasitas 7 penumpang dan mempunyai pintu geser elektrik. Harga mobil ini dibanderol dengan harga Rp 230 juta untuk varian terendahnya dan yang tertinggi dibanderol dengan harga Rp 295 juta.

Mesin Mobil Sienta

Mobil Sienta menawarkan dua varian mesin, yaitu mesin bensin dan hybrid. Untuk mesin bensin, Toyota menyematkan mesin dengan kapasitas 1.5 liter dengan teknologi VVT 4 silinder. Sedangkan untuk mesin hybrid, Toyota menyematkan Sienta dengan mesin motor listrik bertenaga besar sehingga lebih ramah lingkungan serta irit bahan bakar.

Baca Juga: Membandingkan Mitusbishi Low MPV dengan Toyota Sienta

Mesin bensin 2NR-FE dengan 4-silinder yang dilengkapi dengan teknologi mesin Dual VVT-i semakin meningkatkan performa mesin dan mengefisienkan bahan bakar. Tenaga yang dihasilkan oleh mobil ini pun cukup mumpuni, yaitu 107 PS untuk Sienta bertransmisi otomatis 6-percepatan.

Interior

Sienta menawarkan 3 baris kursi yang dapat disesuaikan dengan berbagai kebutuhan bawaan Anda. Selain itu, mobil ini juga dibekali dengan jok tengah model captain seat yang dapat membuat interior dalam menjadi lebih lega dan nyaman. Toyota juga melengkapi mobil ini dengan pintu geser elektrik tipe Q,V, dan G.

Di bagian dashboard, terdapat dua layer Sienta dengan desain modern serta panel-panel yang dapat memuat beragam pengaturan. Karena itu, layer tersebut dibuat menonjol tiga dimensi untuk dapat mempermudah dalam mengoperasikannya. Lingkar kemudinya pun dibalut dengan kulit (tipe V dan Q) sehingga membuatnya terlihat sporty saat digenggam serta terdapat tombol pengaturan audio untuk pengemudinya.

Eksterior

Mobil ini dibuat dengan konsep Modern, Active dan Fun sehingga menampilkan bentuk Sienta yang terbilang sangat minim sudut, meskipun bagian belakangnya tetap terlihat boxy. Grille yang dominan serta melebar ke bawah mencerminkan bahasa serta desain dari Toyota.

Baca Juga: Sienta, Sigra, Calya Lolos Tes Uji Tabrak

Di bagian lampu mobil Sienta juga terlihat sangat tajam dengan dimensi yang cukup besar dan seolah-olah ditarik ke belakang. Di bagian dalamnya juga telah dilengkapi dengan proyektor untuk memastikan agar penerangan lampu tidak menyebar. Sedangkan pada tipe Q, lampu utama mobil telah dilengkapi dengan teknologi Bi-Beam LED, plus auto leveling.

Fitur Keselamatan

mobil sienta
Sumber: Solopos

Mobil yang bagus dan berkualitas tentunya harus mempunyai fitur keselamatan yang lengkap. Toyota Sienta menawarkan fitur keselamatan Airbag di semua variannya, mulai dari harga yang paling murah hingga termahal. Khusus untuk varian Q, Toyota melengkapinya dengan VSC (Vehicle Stability Control) serta Hill Start Assist yang berfungsi untuk menahan mobil agar tidak berjalan mundur ketika mulai bergerak pada jalan yang menanjak.

Harga Mobil Sienta

Saat ini, mobil Sienta bermain sendirian pada segmen compact Multi Purpose Vehicle (MPV) sehingga membuatnya menjadi satu-satunya mobil tanpa pesaing. Hal ini tentu menjadi keuntungan bagi Toyota, apalagi Sienta dapat memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia akan mobil berdimensi ringkas yang mampu menampung 7 orang penumpang.

Sienta mempunyai 4 varian, yaitu E, G, V dan Q serta mempunyai pilihan transmisi manual dengan 6-percepatan dan CVT. Namun khusus tipe Q hanya tersedia dalam transmisi CVT saja. Berikut ini adalah harga dari masing-masing varian Sienta, harga OTR Jakarta.

Tipe Mobil Sienta Harga
E MT Rp 234.250.000
G MT Rp 246.250.000
E CVT Rp 252.250.000
V MT Rp 261.250.000
G CVT Rp 264.250.000
V CVT Rp 279.250.000
Q CVT Rp 299.250.000

Sumber: Oto.com

Jika Anda mencari mobil Sienta bekas, Anda dapat melihat spesifikasi, jumlah simulasi kredit, serta layanan konsultasi di halaman otomart.id. Untuk mencari mobil Toyota Sienta bekas dari seluruh showroom yang ada di Indonesia, silahkan klik di sini.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Update Terbaru Harga Avanza Bekas Desember 2019

OTOmart – Hingga saat ini, Toyota Avanza masih menjadi salah satu mobil bekas yang...

Harga Mitsubishi Xpander Bekas Mulai Dari Rp 200 Jutaan

OTOmart – Dibandingkan versi terbarunya, harga jual Mitsubishi Xpander bekas justru lebih menarik. Di...

Sabun Bayi, Cara Murah Merawat Jok Mobil Berbahan Kulit

OTOmart – Jok mobil berbahan kulit pada dasarnya jauh lebih mudah dirawat. Akan tetapi,...

Knalpot Keluar Air dari Mobil Setiap Pagi? Ini Penyebabnya

OTOmart – Jika Anda sering menyalakan mobil di pagi hari dan menemukan knalpot keluar...

Tips Terbaik Membersihkan Setir Mobil Usai Mudik Lebaran

OTOmart – Salah satu komponen mobil yang selalu bersentuhan dengan tangan Anda adalah setir....

Ingin Mudik Aman dan Nyaman? Sebaiknya Cek 7 Komponen Mobil Ini

OTOmart – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, sebagian besar masyarakat tentunya akan menjalankan salah...