Pertarungan Harga Mobil Brio vs Daihatsu Ayla, Siapa yang Unggul?

posted in: Artikel Mobil | 3 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
harga mobil brio
Sumber: Mobil Kamu

OTOmart – Saat ini pasar otomotif sedang dikuasai oleh mobil bersegmen Low MPV, seperti Xpander dan Wuling. Kebanyakan konsumen mencari mobil dengan segmen tersebut karena fitur-fiturnya yang modern dan berteknologi tinggi. Namun, jangan anggap remeh juga mobil di segmen Low Cost Green Car (LCGC), sebab mobil di segmen ini sekarang sudah tidak lagi minim fitur. Salah satu mobil LCGC terbaik saat ini adalah Honda Brio Satya, lalu berapa harga mobil Brio Satya saat ini?

Dahulu, mobil LCGC dikenal sebagai mobil yang paling minim fitur, akan tetapi sekarang Honda Brio dan Daihatsu Ayla merubah pandangan masyarakat awam mengenai mobil bersegmen LCGC. Pertama kali diluncurkan, Daihatsu Ayla memang sangat minim fitur keselamatan dan keamanannya, akan tetapi pada versi faceliftnya, Ayla menambahkan fitur-fitur baru sehingga meningkatkan kualitas kenyamanan dan keamanan dalam berkendara.

Begitu juga dengan yang di alami oleh Honda Brio Satya, dimana saat peluncuran perdananya tidak mempunyai varian tranmisi otomatis. Namun sekarang Honda meluncurkan New Brio Satya tahun lalu dengan beberapa perubahan di wajah depannya serta mempunyai pilihan transmisi CVT.

Baca Juga: Mobil Sigra dan Honda Brio Bagus Mana? Ini Perbandingannya

Ayla dan Brio merupakan dua mobil LCGC yang menarik untuk dibahas dengan rentang harga kedua mobil tersebut sekitar Rp 150 juta. Kali ini yang akan diperbandingkan adalah varian tertinggi Daihatsu Ayla 1.2 R Deluxe AT yang mempunyai harga pasaran sekitar Rp 146,25 juta dengan Honda Brio Satya E CVT dengan harga pasaran Rp 151,5 juta.

Interior

harga mobil brio
Sumber: Honda Indonesia

Daihatsu Ayla lebih mementingkan akomodasi kabin yang lebih lapang dengan tingkat kedap kabin yang sedikit lebih baik dan banyak gimmick. Jika dibandingkan dengan Honda Brio, luas kabin Ayla jauh lebih unggul karena mampu menampung lima orang dewasa dengan posisi duduk yang nyaman serta ruang kaki dan kepala yang enak untuk bersandar.

Bagian bagasi Ayla juga jauh lebih luas jika dibandingkan dengan Brio yang cukup sempit. Jika Anda merupakan sebuah keluarga yang telah memiliki anak dan kerap kali bepergian, maka Daihatsu Ayla merupakan pilihan yang kami rekomendasikan.

Untuk kualitas serta material yang biasanya digunakan oleh kedua mobil ini hampir sama dan memang telah sesuai dengan harga yang telah ditentukan. Akan tetapi Daihatsu Ayla memberikan fitur baru yang belum pernah ada di kelas LCGC sebelumnya, yaitu head unit model monitor dengan sistem layar sentuh dan fitur yang lengkap, seperti koneksi Bluetooth. Selain itu, pengaturannya pun dapat dilakukan menggunakan tombol yang terdapat di kemudi, sama seperti yang terdapat pada Brio Satya. Namun, head unit yang terdapat di Brio hanya 2DIN biasa dengan berbagai fitur modern standar saat ini.

Eksterior

Selain itu, Daihatsu Ayla mempunyai desain yang lebih fresh jika dibandingkan dengan Honda Brio. Untuk versi Facelift kedua mobil ini, Daihatsu Ayla tampil dengan wujud yang lebih berani dan atraktif dengan totalitas facelift di bagian depan dan belakangnya. Terutama pada penggunaan lampu proyektor yang dilengkapi dengan LED position lamp serta Daytime Running Light (DRL).

mobil ayla
Sumber: Viva

Body kit serta model bemper belakang Ayla terkesan agresif sebab ingin menonjolkan kesan yang lebih sporty. Sementara pada Brio Satya tampak polos dan terkesan tua karena mobil ini telah hadir sejak 2012 lalu. Honda melakukan perubahan pada Brio hanya pada bagian bemper depan, pelek serta lampu belakang. Pada bagian dashboard, Honda menyematkan mobil ini dengan desain dashboard terbaru yang mirip seperti Mobilio dan kualitasnya pun lebih baik jika dibandingkan dengan versi sebelumnya.

Baca Juga: Daihatsu Luncurkan Mobil Ayla Terbaru, Berikut Kelebihannya

Jika Anda merupakan pengendara yang senang untuk mengemudi sendirian serta ingin menikmati sensasi berkendara, maka sangat direkomendasikan untuk memilih Honda Brio Satya E CVT. Hal ini karena posisi pengemudi pada Honda Brio lebih mantap jika dibandingkan dengan Ayla. Jok mobil ini juga lebih rendah serta lebih ergonomis, ditambah dengan pengaturan tilt steering yang lebih sempurna.

Performa Mesin

Selain itu, mesin L12B pada mobil ini juga terasa lebih bertenaga dari pada mesin 3NR-VE Ayla, meskipun perbedaan pada outputnya tidak terlalu jauh. Sedangkan di bagian transmisi kedua mobil ini, Brio lebih maju jika dibandingkan dengan Ayla. Pada Brio, Honda telah menerapkan sistem transmisi CVT yang lebih efisien dan efektif dalam menyalurkan tenaga, sedangkan pada Ayla masih mengandalkan sistem transmisi matik konvensional dengan 4-percepatan yang masih banyak menghasilkan powerloss ketika mengalirkan tenaganya.

Fitur Keamanan dan Kenyamanan

Untuk kenyamanan berkendara kedua mobil ini sangat bertolak belakang, dimana Ayla lebih empuk dan nyaman yang berimbas pada body rollnya yang besar sehingga menyebabkan ketidak nyamanan pada pengemudi. Sedangkan pada Honda Brio, terasa lebih kaku dengan ground clerancenya yang rendah, namun mampu membawa gen Honda dengan karakter sportynya. Selain itu, mengapa sangat direkomendasikan untuk memilih Brio, sebab sistem fitur keselamatannya yang lebih lengkap dengan ABS + EBD yang tidak dimilki oleh Daihatsu Ayla tipe tertinggi sekalipun.

Harga Mobil Brio

Dengan berbagai kelebihan Brio tersebut, maka sangat disarankan untuk Anda untuk memlih Brio jika dibandingkan dengan Ayla. Lalu berapakah harga mobil Brio saat ini? Berikut ini adalah harga mobil Brio yang dipasarkan berdasarkan OTR Jakarta

Tipe Mobil Harga
SATYA S MT Rp 131,5 juta
SATYA E MT Rp 136,5 juta
SATYA E CVT Rp 151,5 juta
RS MT Rp 163 juta
RS CVT Rp 178 juta

Sumber: OTO.com

Jika Anda ingin mengetahui harga mobil Brio bekas, Anda dapat mengunjungi laman Otomart.id atau Anda dapat mengklik di sini.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Update Terbaru Harga Avanza Bekas Desember 2019

OTOmart – Hingga saat ini, Toyota Avanza masih menjadi salah satu mobil bekas yang...

Harga Mitsubishi Xpander Bekas Mulai Dari Rp 200 Jutaan

OTOmart – Dibandingkan versi terbarunya, harga jual Mitsubishi Xpander bekas justru lebih menarik. Di...

Sabun Bayi, Cara Murah Merawat Jok Mobil Berbahan Kulit

OTOmart – Jok mobil berbahan kulit pada dasarnya jauh lebih mudah dirawat. Akan tetapi,...

Knalpot Keluar Air dari Mobil Setiap Pagi? Ini Penyebabnya

OTOmart – Jika Anda sering menyalakan mobil di pagi hari dan menemukan knalpot keluar...

Tips Terbaik Membersihkan Setir Mobil Usai Mudik Lebaran

OTOmart – Salah satu komponen mobil yang selalu bersentuhan dengan tangan Anda adalah setir....

Ingin Mudik Aman dan Nyaman? Sebaiknya Cek 7 Komponen Mobil Ini

OTOmart – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, sebagian besar masyarakat tentunya akan menjalankan salah...