Mau Swap Engine? Ketahui Dulu Harga Mesin Mobil Baru dan Bekasnya

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
harga mesin mobil
Ilustrasi (Morguefile)

OTOmart – Swap engine atau mengganti mesin yang lama ke mesin baru merupakan hal yang wajar dilakukan jika mesin mobil Anda telah mengalami kerusakan yang cukup parah, dibandingkan jika harus menghabiskan banyak waktu dan biaya hanya untuk sekedar rebuilt atau membangun ulang mesin, maka salah satu solusinya adalah dengan membeli mesin mobil baru atau mesin bekas. Namun yang menjadi masalah adalah berapakah harga mesin mobil baru dan bekas tersebut?

Untuk melakukan swap engine, sejatinya dibutuhkan dana yang terbilang tidak sedikit. Sebagai perbandingan, harga mesin mobil baru jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan mesin mobil bekas. Selain itu, mesin baru pada umumnya digunakan untuk keperluan restorasi mobil, seperti kendaraan yang mengalami tabrakan fatal sehingga mesin mobilnya benar-benar hancur.

Baca Juga: Cari Mesin Mobil Copotan Berusia Muda? Mampir Kesini Aja!

Sedangkan untuk harga mesin mobil bekas, tentunya relatif lebih murah. Pada umumnya mesin mobil bekas berasal dari Singapura atau Jepang. Hal ini dikarenakan mesin mobil yang berasal dari kedua negara tersebut mempunyai tenaga yang lebih besar serta performa yang lebih handal.

Namun, sebelum Anda membeli mesin mobil untuk swap engine, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa tips berikut ini:

1. Tujuan

Sebelum melakukan swap engine, sebaiknya Anda tentukan tujuan Anda melakukan swap engine. Apakah untuk harian atau kompetisi?

Jika melakukan swap engine untuk digunakan harian, maka sebaiknya pertimbangkan mengenai sparepartnya. Hal ini bertujuan agar Anda mudah dalam melakukan perawatan, serta mobil dapat selalu tersedia untuk digunakan sehari-hari. Selain itu, jangan lupa juga untuk memperhatikan konsumsi bahan bakarnya. Pada umumnya mesin dengan power yang besar, daya konsumsi bahan bakarnya juga akan boros.

2. Kompatibel

Sebelum melakukan swap engine, Anda akan dihadapkan beberapa pilihan mesin yang tentu membingungkan. Karena itu, sangat disarankan Anda memilih mesin yang sesuai atau kompatibel dengan mobil Anda. Sebab, hal ini berpengaruh pada waktu serta budget Anda. Semakin kompatibel mesin yang akan Anda gunakan, maka semakin ringan juga biaya pemasangannya. Begitu juga sebaliknya jika mesin yang Anda gunakan tidak cocok, maka akan semakin mahal biayanya.

3. Tempat Pemasangan

Baca Juga: Perbedaan Mesin Mobilio dan Mesin Honda Jazz yang Perlu Diketahui

Sebelum membeli mesin, Anda sebaiknya mencari informasi mengenai bengkel mana saja yang mampu memasangkan mesin tersebut. Selain itu, sebaiknya Anda juga mencari informasi mengenai ketersediaan sparepart tambahan yang Anda butuhkan, seperti intercooler, radiator, pompa bensin, serta pipa (piping),

4. Cek Harga

Hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah mengecek harga mesin mobil baru dan mesin bekas yang akan Anda pilih untuk mendapatkan acuan kisaran harga mesin mobil tersebut. Hal ini dapat Anda lakukan dengan berbagai cara, seperti bertanya dengan komunitas, bengkel atau langsung bertanya kepada distributor mesin tersebut.

Jika Anda kesulitan dalam menemukan mobil dengan harga terjangkau, Anda dapat mengunjungi situs jual beli mobil bekas terkemuka di Indonesia, yaitu Otomart di www.otomart.id. Di sini, Anda akan mencari mobil bekas pilihan Anda dengan kualitas terbaik dan terpercaya. Segera kunjungi Otomart sekarang juga!

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Tips Mendeteksi Kerusakan Pada Kaki-Kaki Toyota Avanza Bekas

OTOmart – Toyota Avanza bekas hingga kini masih menjadi juara di pasar mobil bekas....

Punya Dana Rp150 Juta, Pilih Agya Baru Atau Yaris Bekas?

OTOmart – Punya dana Rp150 juta dan berniat membeli mobil perkotaan merek Toyota? Maka...

Gunakan Per All New Rush, Modifikasi Avanza Ini Justru Lebih Elegan

OTOmart – Toyota Avanza hingga saat ini masih menjadi salah satu kendaraan yang paling...

Sambut HUT RI Ke-74, Auto2000 Gelar Promo Mobil Toyota

OTOmart – Memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, Auto2000 yang merupakan diler resmi untuk...

Aplikasi e-Uji Emisi, Tampilkan Lokasi Resmi Uji Emisi Kendaraan

OTOmart – Setelah mengeluarkan instruksi gubernur beberapa hari yang lalu mengenai uji emisi kendaraan...

Mau Lulus Uji Emisi Kendaraan? Coba Lakukan Tips Ini

OTOmart – Setelah DKI Jakarta masuk ke dalam kota dengan kualitas udara terburuk di...