Tengah Naik Daun, Ini Harga Kamera 360 Aftermarket Xpander dan Livina

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
kamera 360
Ilustrasi (Cintamobil)

OTOmart – Di antara berbagai macam fitur yang disematkan pada beberapa bagian mobil, fitur kamera 360 kini menjadi salah satu fitur yang tengah naik daun, terutama di segmen mobil kelas menengah hingga premium. Fitur ini berfungsi sebagai pengawas di sekeliling mobil sehingga dapat meminimalisir blind spot yang terdapat pada mobil secara signifikan.

Saat ini, selain sebagai fitur keamanan dan keselamatan, kamera 360 kini juga dapat dipasangkan sebagai aksesori tambahan karena dapat menambah kesan hi-tech pada mobil. Karena itu, banyak bermunculan produk aftermarket kamera 360 yang diperuntukkan untuk berbagai mobil, seperti Mitsubishi Xpander ataupun Nissan All New Livina.

Baca Juga: Mau Pasang Kamera 360 Derajat? Segini Biaya Yang Perlu Dikeluarkan

“Kalau sekarang fitur kamera 360 sudah bisa ditambahkan ke kendaraan, tinggal lihat ke head unitnya saja. Alasannya juga cukup banyak, mulai dari untuk kepraktisan sampai modifikasi,” ucap salah satu pemilik bengkel aksesori di kawasan MGK Kemayoran, Rokhimin, seperti dilansir laman Kompas.com.

Rokhimin juga mengungkapkan jika pemasangan fitur ini cukup mudah, namun terdapat beberapa syarat yang perlu dipenuhi sebelum memasang kamera ini, seperti head unit harus mendukung penggunaan fitur kamera, atau mempunyai lubang saluran AV in out.

Syarat lain yang perlu dimiliki adalah perlunya pemasangan kamera di bagian depan, belakang, serta samping. Hal ini dikarenakan jumlah kamera yang akan dipasang berada di empat titik. Khusus untuk bagian samping mobil, dibutuhkan syarat khusus.

“Kalau bagian spion, maka perlu pakai rumah atau hard cover. Tidak bisa kalau cuma menggunakan kaca spion saja, karena perlu dudukan kamera,” ucap Rokhimin lagi.

Untuk waktu pemasangan fitur kamera ini, Rokhimin menuturkan jika dibutuhkan waktu selama satu hari penuh. Sebab, mekanik membutuhkan waktu yang cukup banyak untuk memasangkan kabel agar tetap aman sekaligus untuk menentukan posisi kamera yang tepat.

Baca Juga: Mobil HRV Jadi Kendaraan Paling Banyak Dicari Di Situs Mobil Bekas

Saat ini, harga kamera dibanderol cukup mahal. Di pasaran saja, terdapat model aftermarket yang dibanderol seharga Rp 5 juta dengan biaya pasang sebesar Rp 500 ribu. Sedangkan jika Anda ingin mengganti head unit dengan model layar sentuh, maka bersiaplah untuk menggelontorkan dana mulai dari Rp 2 jutaan.

Jika Anda ingin mendapatkan berita-berita terbaru seputar Otomotif atau ingin mencari dan melakukan kredit mobil bekas berkualitas terbaik di seluruh dealer mobil bekas di Indonesia, kunjungi situs Otomart.id. Kami siap membantu Anda mewujudkan impian Anda.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Tips Mendeteksi Kerusakan Pada Kaki-Kaki Toyota Avanza Bekas

OTOmart – Toyota Avanza bekas hingga kini masih menjadi juara di pasar mobil bekas....

Punya Dana Rp150 Juta, Pilih Agya Baru Atau Yaris Bekas?

OTOmart – Punya dana Rp150 juta dan berniat membeli mobil perkotaan merek Toyota? Maka...

Gunakan Per All New Rush, Modifikasi Avanza Ini Justru Lebih Elegan

OTOmart – Toyota Avanza hingga saat ini masih menjadi salah satu kendaraan yang paling...

Sambut HUT RI Ke-74, Auto2000 Gelar Promo Mobil Toyota

OTOmart – Memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, Auto2000 yang merupakan diler resmi untuk...

Aplikasi e-Uji Emisi, Tampilkan Lokasi Resmi Uji Emisi Kendaraan

OTOmart – Setelah mengeluarkan instruksi gubernur beberapa hari yang lalu mengenai uji emisi kendaraan...

Mau Lulus Uji Emisi Kendaraan? Coba Lakukan Tips Ini

OTOmart – Setelah DKI Jakarta masuk ke dalam kota dengan kualitas udara terburuk di...