Singapura Jadi Negara Dengan Harga Jual Mobil Tertinggi di Asia

posted in: Berita Mobil | 1 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
harga jual
Singapura jadi negara dengan harga jual mobil tertinggi di Asia (Oto Driver)

OTOmart – Seperti yang diketahui, Singapura terkenal sebagai negara dengan berbagai jenis mobil berharga fantastis. Bahkan, harga jual berbagai jenis mobil tersebut sangat jauh dari berbagai negara Asia lainnya, bahkan termasuk Indonesia.

Tidak hanya di Asia saja, melainkan harga mobil termahal di dunia. Hal ini tidak lain disebabkan karena adanya peraturan yang dibuat oleh otoritas Pemerintah Singapura terkait pembatasan kepemilikan mobil pribadi guna mengatasi kemacetan yang terjadi di negara tersebut.

Baca Juga: Begini Tips Menjual Mobil Bekas dengan Harga Tinggi

Kebijakan yang diambil oleh Pemerintah Singapura terbilang masuk akal, mengingat luas wilayah negara tersebut yang sangat terbatas, yaitu hanya seluas 710 kilometer persegi, atau lebih kecil dari luas Jakarta yaitu seluas 740 kilometer persegi.

Dari total luas wilayah daratan saja, hanya 12 persen saja yang digunakan sebagai jalur transportasi di negara tersebut. Karena itu, jangan heran jika otoritas Pemerintah Singapura membatasi kendaraan warga negaranya.

Lalu berapakah harga jual mobil di negara tersebut? Dilansir dari laman Viva News, Senin (18/6), harga Toyota Sienta yang dijual di Singapura dengan jenis pintu geser edisi standar, dibanderol dengan harga 95.127 dolar Singapura atau setara dengan Rp992 juta.

Untuk edisi elegannya sendiri dijual dengan harga 102.127 dolar Singapura atau setara dengan Rp1.065 miliar. Padahal di Indonesia, harga jual mobil Toyota Sienta dibanderol dengan harga Rp280 juta.

Berdasarkan keterangan dari Otoritas Transportasi Darat Singapura, harga mahal dari kepemilikan mobil di negara tersebut lantaran para konsumen dibebankan dengan berbagai pajak serta sertifikasi tambahan yang tidak dilakukan di negara lain.

Mulai dari pajak pendaftaran mobil atau Additional Registration Fee (ARF) dengan tarifnya yang berjenjang, yaitu mulai dari 100 hingga 180 persen dari harga mobil yang dibelinya.

Selain memberlakukan pajak pendaftaran mobil, Pemerintah Singapura juga mewajibkan kepada setiap pembeli mobil untuk membayar Sertifikat Hak Milik atau Certificate of Entitlement (COE) dengan tarif yang terbilang cukup mahal. Hal ini dikarenakan dibatasinya jumlah sertifikat per tahunnya yang hanya dijatah sebanyak 30 ribu unit saja. Karena itulah diperlukan proses lelang untuk mendapatkan sertifikat tersebut, dimana sertifikat ini hanya berlaku selama 10 tahun saja.

Baca Juga: Diler Kasih Diskon Mobil, Penjual Mobil Bekas Lakukan Potongan Harga

Pada umumnya, biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan COE sebesar 87 ribu dolar Singapura. Kemudian, ditambahkan dengan pajak jalan berdasarkan tarif yang diambil dari kapasitas mesin serta usia mobilnya. Jika semakin besar kapasitas mesinnya, maka tarif pajak jalannya justru akan menjadi semakin mahal.

Selain itu, jika usia mobil semakin tua, maka pajak jalan yang dikenakan juga menjadi lebih tinggi. Hal itu pun belum termasuk dengan berbagai biaya tinggi lainnya, seperti tarif parkir, biaya bahan bakar hingga biaya perawatan.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

DFSK Glory 580 Resmi Meluncur, Berikut Harga Resminya

OTOmart – Setelah diperkenalkan di pabriknya yang berada di Cikande serta diluncurkan ke publik...

Xpander Siap Rebut Kembali Tahta MPV Dari Avanza Bulan Ini

OTOmart – Pada Juni 2018 kemarin, total penjualan Mitsubishi Xpander memperoleh hasil yang kurang...

Mitsubishi Motors Naikkan Harga Xpander dan Pajero

OTOmart – Mitsubishi Motors Indonesia akhirnya mengkonfirmasi kenaikan harga dua produk unggulannya, yaitu Mitsubishi...

Inilah Spesifikasi Dan Harga Mobil Wuling Juli 2018

OTOmart – Dalam beberapa bulan belakangan ini, dua produk mobil keluaran terbaru dari pabrikan...

Lakukan Ekspansi, Toyota Kirimkan 800 Unit Fortuner ke Vietnam

OTOmart – Setelah sempat tertunda akibat adanya pengetatan aturan impor kendaraan sejak bulan Januari...

Demi Keselamatan, Pemilik Mobil Honda Disarankan ke Bengkel Resmi

OTOmart – Dengan teridentifikasinya cacat di bagian inflator airbag membuat Honda melakukan recall kepada...