Harga BBM Naik, Pertamina Tolak Tidak Lakukan Sosialisasi

posted in: Berita Mobil | 1 | Author : Ahmad Nur Ubaidah

harga bbm

OTOmart – Per tanggal 24 Februari 2018, Pertamina secara resmi telah menaikkan harga BBM non-subsidi di kisaran Rp 300 per liternya. Namun, kenaikan harga BBM ini dibantah oleh Pertamina jika dilakukan secara diam-diam tanpa sosialisasi terlebih dahulu.

Berdasarkan website resmi Pertamina, kenaikan harga untuk wilayah Jawa, Madura, Bali sebesar Rp 300 per liter. Jika sebelumnya Anda membeli pertalite seharga Rp 7.600 perliter, maka saat ini harga yang harus dikeluarkan adalah sebesar Rp 7.900 per liter.

Untuk pertamax yang sebelumnya bisa Anda dapatkan seharga Rp 8.600 per liter menjadi Rp 8.900 per liter. Untuk Dexlite yang sebelumnya seharga Rp 7.500 per liternya menjadi Rp 8.100 per liternya. Namun, kenaikan harga ini tidak berlaku untuk pembelian Premium dan Solar.

Baca Juga: PT Pertamina Siap Produksi BBM Berstandar Euro 4

“Saat ini BBM yang mengalami penyesuaian harga adalah BBM non-subsidi atau jenis BBM umum alias BBM non-penugasan. BBM ini harganya mengikuti harga pasaran, yaitu harga rata-rata minyak mentah dan rata-rata nilai kurs, sehingga berfluktuasi,” ucap Arya Dwi Paramita, Eksternal Communication Manager Pertamina, seperti dilansir laman Detik.com.

Arya juga menjelaskan bahwa kenaikan harga yang dilakukan oleh Pertamina telah diumumkan secara resmi melalui situs resmi Pertamina dan SPBU. “Jadi seharusnya dapat dilihat oleh semua orang. Karena itu, enggak bisa dong dibilang diam-diam juga,” terangnya lagi.

Namun, walaupun harga BBM Pertamina mengalami kenaikan, ternyata harga tersebut masih lebih murah ketimbang para kompetitornya, dimana untuk BBM sekelas Pertalite yang dijual Rp 7.900 (setelah kenaikan harga), ternyata Vivo menjualnya dengan harga Rp 8.350 per liter, sedangkan Shell Regular menjualnya dengan harga Rp 8.400 per liter.

Sedangkan untuk BBM kelas RON 92 Pertamina menjual Pertamax seharga Rp 8.900, Vivo menjualnya seharga Rp 9.100 per liter, dan Shell Super menjualnya dengan harga Rp 9.250 per liter.

Baca Juga: Pertamina Lubricants Lakukan Ekspor Jajaki Pasar Mesir

Pertamax Turbo yang merupakan BBM kelas RON 98 dijual oleh Pertamina dengan harga Rp 10.100 per liter, Shell menjualnya dengan harga Rp 10.450 per liter.

Sedangkan Pertamina DEX dijual dengan harga Rp 10.000, namun Shell menjualnya seharga Rp 10.150 per liter.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Daftar Harga Toyota Sienta Bekas Agustus 2018

OTOmart – Toyota dikenal sebagai pabrikan otomotif yang mempunyai banyak pilihan model mobil, mulai...

Toyota Berikan Diskon Besar Bagi Avanza di GIIAS 2018

OTOmart – Momen pameran otomotif GIIAS 2018 tidak disia-siakan oleh para pabrikan otomotif untuk...

Siapa Sangka Ternyata Hawa Udara Pemicu Bodi Mobil Berkarat

OTOmart – Karat atau korosi yang terjadi pada mobil merupakan salah satu masalah yang...

5 Mobil City Car Terpopuler di Gelaran GIIAS 2018

OTOmart – Walaupun bukan termasuk ke dalam pasar utama otomotif Indonesia, city car serta...

Suzuki Jimny Jadi Bintang di Gelaran GIIAS 2018

OTOmart – Sebagai salah satu mobil klasik di era 80-an, Suzuki Jimny tampil kembali...

Keistimewaan Daihatsu Terios Custom di GIIAS 2018

OTOmart – Dalam gelaran GIIAS 2018 kemarin, Terios Custom untuk pertama kalinya ditampilkan oleh...