Harga Avanza Bekas Turun Akibat Xpander dan Wuling? Benarkah?

posted in: Berita Mobil | 1 | Author : Ahmad Nur Ubaidah

harga avanza bekas

Otomart – Setelah kemunculan Xpander dan Wuling saat event pameran otomotif GIIAS lalu, membuat terjadinya perubahan harga yang cukup signifikan di pasar mobil bekas. Sejumlah pedagang mobil bekas pun mengakui bahwa setelah peluncuran dua produk tersebut, membuat segmen mobil MPV khususnya untuk harga Avanza bekas mengalami penurunan.

Beberapa pedagang bahkan mengaku bahwa kehadiran Xpander sangat memukul pasar mobil bekas, terutama Avanza. Hal ini disebabkan karena penjualan mobil bekas masih didominasi oleh mobil “sejuta umat” tersebut. Saat ini, harga Avanza bekas turun sekitar Rp.5 juta.

“Daya beli masyarakat turun sekitar 7-10 persen untuk mobil bersegmen MPV. Semua ini disebabkan adanya produk baru, yaitu Wuling dan Xpander,” ucap Hendy, penjual mobil bekas.

Baca Juga: Outlander Sport Kuasai Pasar Mobil Bekas di Jakarta

“kehadiran Xpander benar-benar cukup mengganggu penjualan Avanza bekas, sebab para konsumen banyak yang menahan uangnya untuk beli Xpander,” kata Hendry.

Selain Hendry, pemilik diler mobil bekas lainnya juga mengamininya. Mereka menganggap bahwa pasar mobil bekas menurun akibat banyaknya mobil keluaran terbaru serta berbagai promo menarik yang telah disediakan oleh para pabrikan otomotif tersebut.

“Karena banyaknya model baru, maka secara otomatis berimbas terhadap penjualan mobil bekas. Selain itu, berbagai promo menarik juga mempengaruhi para konsumen,” ucap Tedy.

Chief Executive Officer Carmudi, Rafael Jeffry mengatakan bahwa hadirnya dua produk terbaru dari mobil bersegmen LMPV ini tidak akan mengganggu pasar mobil bekas secara keseluruhan. Dirinya meyakini bahwa justru dengan kehadiran dua mobil terbaru ini justru akan menggairahkan pasar mobil bekas yang telah ada.

Baca Juga: Di Situs Jual Beli Mobil Bekas, Mobil Avanza Masih Merajai

“Kalau dikatakan mengganggu sepertinya tidak, justru Xpander dan Wuling akan membuat pasar mobil bekas kembali bergairah,” ucapnya.

Saat ini, pasar mobil bekas masih dikuasai oleh mobil MPV sejuta umat produk buatan Toyota, yaitu Avanza. Untuk harganya saat ini berkisar antara Rp.90 hingga Rp.200 jutaan.

Dengan munculnya Xpander dan Wuling, maka patut ditunggu persaingan yang terjadi di pasar mobil bekas. Apakah Avanza masih akan tetap bertahan dan merajai pasar ini? Ataukah Wuling dan Xpander yang akan menggeser posisinya? Kita tunggu saja.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Daftar Harga Mobil Honda Terbaru Oktober 2017 OTR Jakarta

Otomart – Dengan berbagai produk berkualitas yang dimilikinya membuat produsen otomotif asal Jepang ini dikenal ke seluruh dunia. Hal ini tentu berpengaruh pada penjualan produk-produknya yang dikenal sangat laris di belahan dunia manapun. Nah, dari berbagai produk terbarunya, terdapat beberapa … Lihat Selengkapnya

Honda Jazz dan Civic Kuasai Pasar Hatchback di Indonesia

Otomart – Honda menguasi pasar hatchback Indonesia dengan market share sebesar 53% melalui model Honda Jazz dan Civic Hatchback. Jazz juga disebutkan menjadi market leader dengan menguasai 49% pangsa pasar, dimana angka penjualan pada September tercatat sebanyak 1.173 unit dan … Lihat Selengkapnya

Pertamina Lubricants Lakukan Ekspor Jajaki Pasar Mesir

OTOmart – Pelumas dalam negeri yang diproduksi PT Pertamina Lubricants kembali melakukan terobosan dengan mengekspor produknya ke pasar Timur Tengah. Dengan populasi penduduk mencapai 93,62 juta orang, Mesir menjadi pasar yang cukup potensial bagi Pertamina dan menyatakan keyakinannya bahwa produk … Lihat Selengkapnya