Mobil Dipakai Mudik, Ini Hal Yang Wajib di Cek Setelahnya

posted in: Berita Mobil | 1 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
mudik
Setelah dipakai mudik, ini beberapa komponen yang perlu dan wajib di cek setelah mudik (Mitsubishi)

OTOmart – Musim mudik dan libur Lebaran telah usai, kini saatnya Anda melakukan aktifitas seperti biasanya. Namun, bagi para pemudik yang saat melakukan mudik Lebaran menggunakan mobil pribadi, sebaiknya Anda segera melakukan pengecekan ulang. Hal ini dikarenakan kendaraan tersebut telah bekerja cukup keras selama perjalanan ke kampung halaman.

Lalu apa saja komponen yang wajib dan perlu diperiksa ketika telah mudik?

Menurut Taufik Hidayatulloh, Ketua Umum Avanza-Xenia Indonesia Club, filter udara merupakan komponen paling penting yang perlu segera dilihat, bahkan jika diperlukan segera diganti. Hal ini dikarenakan banyaknya debu dan kotoran yang berasal dari jalanan menumpuk di filter sehingga mengganggu performa dari kendaraan.

Baca Juga: Yang Perlu Diperhatikan Setelah Mobil dipakai Mudik

“Jangan lupa juga untuk mengganti oli mesin, sebab saya rasa orang akan melakukan hal tersebut, karena perjalanan yang dilakukan cukup jauh,” ucapnya lagi, seperti dilansir laman Viva News.

“Selain itu, filter AC juga harus dicek. Sebab, dapat menyebabkan bau tidak sedap kalau tidak segera diganti atau dibersihkan. Karena perjalanan yang cukup jauh, maka semua kegiatan biasanya dilakukan di dalam mobil, seperti makan dan lain-lain,” terangnya lagi.

Kaki-kaki mobil juga wajib untuk dicek, apalagi setelah Anda melakukan perjalanan jauh. Sebab, beragam medan jalan yang dilewati saat melakukan perjalanan ke kampung halaman tentunya akan membuat kaki-kaki mobil sedikit bergeser. Karena itu, Taufik menyarankan untuk membalancing ulang kaki-kaki tersebut agar performa mobil tetap normal.

Hal ini rupanya juga diamini oleh Bastian Dioz, Ketua Umum Great Corolla Club yang mengatakan jika setiap kendaraan mempunyai karakter serta cara perawatan yang berbeda-beda. Namun, pada umumnya yang menjadi fokus perhatian adalah bagian kaki-kaki serta filter udara dan oli mesin.

“Filter udara sebaiknya diganti, sebab di beberapa daerah masih fungsional, jadi masih banyak debu dan kotoran. Selain itu, sistem AC juga sebaiknya dicek, sebab biasanya sirkulasi udara yang kotor pengaruhnya dari luar juga. Biasanya sih karena tersumbat jadinya ke filter,” terangnya lagi.

Baca Juga: Lakukan Tips Perawatan Ini Setelah Mobil Digunakan Mudik

Sedangkan untuk oli mesinnya sendiri, menurut Bastian tidak perlu diganti setelah mudik. Hal ini karena sebelum melakukan perjalanan mudik, oli mesin sudah terlebih dahulu diganti.

“Jadi sebaiknya fokus ke kaki-kaki saja. seperti ganti long tie road satu set, ball joint dan klaher. Kalau shockbreaker aman, lebih baik ganti komponen pendukungnya saja,” tuturnya lagi.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Model Mobil Ini Harganya Anjlok Tapi Banyak Peminat

OTOmart – Sejumlah model mobil baik MPV ataupun SUV yang berasal dari berbagai merek...

Ini Perubahan Yang Dilakukan Suzuki Pada All New Ertiga 2020

OTOmart – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di awal tahun 2020 melakukan gebrakan dengan...

Tips Agar Performa Turbo Kijang Innova Diesel Meningkat

OTOmart – Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan performa mesin Toyota...

Ketahui Ciri-Ciri Mobil Yang Terendam Banjir Dengan Trik Ini

OTOmart – Di hari pertama tahun 2020, banjir melanda sebagian besar wilayah di Jakarta...

Mau Campur Angin Nitrogen Dengan Angin Biasa? Ini Penjelasannya

OTOmart – Anda biasa mengisi tekanan ban mobil Anda dengan angin nitrogen dan ingin...

Interior Mobil Anda Rusak Akibat Banjir, Segini Biaya Perbaikannya

OTOmart – Salah satu mimpi buruk para pemilik mobil yang terendam banjir adalah kotoran...