GIIAS, Ajang Pamer Teknologi Canggih Antar Pabrikan Mobil

posted in: Berita Mobil | 5 | Author : Ahmad Nur Ubaidah

 

Otomart, Jakarta – Pada setiap gelaran pameran otomotif, pada umumnya APM akan memamerkan kendaraan-kendaraan canggihnya yang dibanderol dengan harga yang relatif mahal atau bahkan kendaraan tersebut belum diluncurkan sama sekali. Seperti saat gelaran GIIAS (Gaikindo Indonesia International Autoshow) yang dari tahun ke tahun, para pengunjung akan disuguhkan dengan berbagai kemewahan serta teknologi canggih yang telah dilakukan oleh masing-masing APM sehingga membuat mata Anda terpesona.

teknologi canggih

Namun, Anda perlu mengetahui bahwa kendaraan-kendaraan yang menjadi highlight pada APM bukanlah mobil terlaris yang mereka jual, melainkan belum dijual sama sekali. Kendaraan terlaris pada masing-masing APM biasanya berasal dari mobil yang relatif murah dan harganya lebih terjangkau, jauh jika dibandingkan dengan mobil yang saat itu menjadi highlight dalam pameran. Seperti saat gelaran GIIAS 2016, pada pabrikan Toyota, mobil yang menjadi highlight pada saat itu adalah Toyota Mirai, konsep FCV, dan konsep C-HR. Akan tetapi penjualan tertinggi Toyota saat itu adalah dari kategori mobil murah.

Baca Juga : Toyota Calya Semakin Kuat, Penjualan Datsun Anjlok

Berdasarkan data yang berasal dari wholesales Gaikindo, yang menjadi penjualan terbaik Toyota saat pagelaran GIIAS 2016 adalah Calya dengan total penjualan sebanyak 9.239 unit. Meskipun baru pertama kali diluncurkan saat pameran GIIAS 2016, namun harga murah yang ditawarkan membuat banyak pembeli yang lebih memilih Toyota Calya dibandingkan Toyota Mirai yang saat itu menjadi highlight pameran Toyota di GIIAS 2016 lalu.

Menanggapi hal ini, Franciscus Soerjopranoto, Executive General Manager PT TAM, mengatakan, “Saat ajang GIIAS, para APM mengikuti tema yang telah ditentukan oleh organizer. Seperti ketika tahun 2016 lalu, organizer membuat tema yang mengarah ke environtment sehingga para APM berlomba-lomba menonjolkan kendaraan yang ramah lingkungan bukan untuk jualan mobil.”

Baca Juga : GIIAS 2017: Pertamina Luncurkan Dexlite Bahan Bakar Diesel

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi, mengatakan, “Sebagai world class auto show series, focus dan komitmen dari Gaikindo adalah menampilkan produk otomotif terbaik sehingga para masyarakat dapat mengetahuinya. Gaikindo ingin menjadikan GIIAS menjadi panggung di mana produk kendaraan terbaru dengan teknologi canggih dapat dikenal oleh masyarakat.” Ujarnya.

Jika demikian, maka highlight teknologi canggih pada sebuah pameran otomotif menjadi ajang edukasi sekaligus menjadi ajang unjuk kemampuan dari masing-masing APM untuk menunjukkan kemampuan teknologi terbaru dari kendaraan yang ditampilkan. Dengan demikian, maka hal ini diharapkan dapat menjadi ajang kompetisi sehat bagi perkembangan dunia otomotif di Indonesia.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Ini Penyakit Pada Honda CRV Bekas Yang Sering Terjadi

OTOmart – Honda CRV bekas kini masih menjadi favorit pilihan masyarakat Indonesia, mengingat statusnya...

Daftar 10 Mobil Terlaris 2019 Berdasarkan Data Gaikindo

OTOmart – Sepanjang tahun 2019 lalu, total penjualan mobil di pasar otomotif Indonesia berhasil...

Kartu Tol Hilang Saat Berada Di Jalan Tol? Ini Cara Penyelesaiannya

OTOmart – Diberlakukannya sistem pembayaran cashless pada pengguna jalan tol, tentunya perlu disadari secara...

Ford Everest Bekas, Tenaga Badak Harga Mulai Rp 70 Jutaan

OTOmart – Meski telah lama hengkang dari pasar otomotif tanah air, beberapa produk dari...

Chevrolet Trax Bekas Kini Harganya Mulai Dari Rp 150 Jutaan

OTOmart – Anda sedang mencari mobil SUV bekas namun tidak ingin agar bodinya tidak...

Resmi Meluncur, Berikut Spesifikasi dan Harga Lengkap KIA Seltos

OTOmart – Di awal tahun 2020, PT Kreta Indo Artha (KIA) melakukan gebrakan dengan...