GIFO Vol. 3 Pakai Konsep Autocross Pertama di Tanah Air

posted in: Artikel Mobil | 0 | Author : OTOMART

OTOMART, Jakarta – PT Pertamina (Persero) dan Goodrides terus berbenah untuk memberikan kegiatan bermanfaat dan menyenangkan. Baru-baru ini, keduanya menghadirkan kembali acara Gas In Flat Out (GIFO) vol. 3, GIFO ketiga ini melanjutkan kesuksesan tahun-tahun sebelumnya.

Ada yang berbeda dengan penyelenggaraan GIFO tahun ini, yakni dengan adanya konsep baru, Autocross. Jika tahun sebelumnya menggunakan konsep city rally di SPBU Pertamina. Sedangkan Autocross dibuka pada saat GIIAS berlangsung tanggal 13 Agustus 2016, dan pelaksanaannya berlangsung pada hari Minggu, 28 Agustus 2016 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD Tangerang.

Autocross ini diikuti sekitar 50 mobil yang sebagian besar menggunakan mesin turbocharger. Kegiatan inipun diramaikan oleh para drifter prefesional yang ikut unjuk gigi di Autocross pertama di tanah air.

GIFO Vol. 3 Pakai Konsep Autocross Pertama di Tanah Air
www.mobilwow.com

Autocross merupakan jenis cabang motorsport yang menggunakan waktu dan kehandalan melewati lintasan sebagai acuan penilaian utama. Menggunakan lapangan terbuka, lintasan dibentuk menggunakan cone dan peserta dituntut melewati lintasan secepat mungkin tanpa menjatuhkan cone. Apabila ada cone yang terjatuh, maka peserta akan mendapatkan penalti berupa penambahan waktu.

Berbeda dengan Gymkhana dan Slalom yang sangat mengasah ketangkasan driver dalam meliuk-liukan kendaraan untuk memutari cone, layout track autocross lebih sederhana tanpa mengharuskan driver untuk menarik e-brake atau melakukan sliding. Perbedaan signifikan lainnya antara autocross dengan gymkhana atau slalom sendiri ada pada layout lintasan yang lebih mengacu untuk ke arah high speed.

Autocross sangat membutuhkan kehandalan pengemudi yang juga harus diselaraskan dengan performa kendaraan. Oleh karena itu sejalan dengan penggunaan bahan bakar berkualitas tinggi Pertamax Turbo (RON 98), maka para partisipan akan mendapatkan pengalaman baru dalam memacu mobil dengan bahan bakar beroktan tinggi.

Keluar sebagai juara dalam kegiatan ini, Juara I atas nama Regi Fiandisa (Subaru Impreza WRX STI), Juara II atas nama Reza (Mitsubishi Lancer Evolution 8 MR), Juara 3 atas nama Reza Alvin Adhitya (Mercedez Benz W124 E220), Best Rear Wheel Drive (RWD) atas nama Evan Shih (BMW E36), Best Front Wheel Drive (FWD) atas nama Ananto Budi Prabowo (Honda Jazz), dan Best All Wheel Drive (AWD) atas nama Ahmad Fadillah Alam (Subaru Impreza WRX STI).

“Autocross memang merupakan hal yang sangat baru di Indonesia. Dengan terselenggaranya Gas In Flat Out Volume 3, saya berharap dapat menumbuhkan bibit-bibit baru dalam cabang motorsport ini. Track layout pada kegiatan ini sangat menantang. Desainnya juga tergolong adil untuk seluruh kelas yang dipertandingkan hari ini dimana kelas tersebut terbagi atas jenis penggerak mobil yang digunakan yaitu Front Wheel Drive (FWD), Rear Wheel Drive (RWD), serta All Wheel Drive (AWD),” ujar Dean Zen, drifter profesional Indonesia.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Ingin Mudik Aman dan Nyaman? Sebaiknya Cek 7 Komponen Mobil Ini

OTOmart – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, sebagian besar masyarakat tentunya akan menjalankan salah...

Tips Hindari Pecah Ban di Jalan Tol Saat Mudik Lebaran

OTOmart – Sebagian besar kondisi jalan Tol Trans Jawa menggunakan jenis beton cor untuk...

Tips Merawat Radiator Mobil Agar Tidak Jebol Karena Overheat

OTOmart – Radiator adalah salah satu komponen pada mobil yang sangat penting agar suhu...

Tips Mengemudi Mobil Yang Aman di Malam Hari

OTOmart – Bagi sebagian orang berkendara di malam hari dianggap mempunyai sensasi tersendiri, mulai...

Tips Membersihkan Ruang Mesin Yang Aman Dan Benar

OTOmart – Ruang mesin merupakan salah satu area mobil bekas yang paling jarang dibersihkan...

Sering Lupa Ganti Oli? Siap-Siap Transmisi Matik Sering Nyangkut

OTOmart – Salah satu hal yang paling sering dilakukan oleh pembeli mobil bekas adalah...