Ini Fungsi Fitur Traction Control Pada Mobil, Sudahkah Anda Tahu?

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah

control

OTOmart – Saat ini banyak mobil keluaran terbaru yang telah dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan. Selain fitur hiburan, ternyata fitur keselamatan pun telah banyak diberikan oleh para produsen mobil kepada produk unggulannya saat ini, seperti fitur traction control. Hal ini tidak lain untuk memanjakan para penggunanya dalam menggunakan mobil ini. Lalu sebenarnya apa sih fitur traction control itu?

Fitur traction control merupakan fitur yang berfungsi untuk meminimalisir mobil agar tidak tergelincir ketika berbelok secara tajam, atau merupakan fitur yang berguna untuk mencegah agar ban tidak mengalami selip sehingga tergelincir ketika kondisi jalan basah atau saat berbelok menikung.

Baca Juga: Jangan Gunakan Fitur Defogger Jika Tak Ingin Kaca Retak

Fitur ini merupakan fitur standar yang saat ini banyak Anda temukan pada mobil keluaran terbaru demi menjamin keamanan pengemudi dan penumpang selama berkendara. Fitur ini sendiri bekerja secara otomatis, sehingga pengemudi tidak perlu melakukan apa pun, kecuali dengan menekan tombol pengaktifan yang pada umumnya disematkan di dekat roda kemudi.

Fitur ini nantinya akan mendeteksi daya cengkeram pada setiap roda kemudian melakukan pengereman secara otomatis pada roda yang mengalaminya. Pada umumnya, ketika pengemudi sedang berbelok, maka ada tiga hal yang harus dikontrol sekaligus, yaitu akselerasi, pengereman dan kemudi. Tentunya hal ini sedikit rumit saat Anda melakukannya, apalagi jika pengemudi belum terlalu mahir. Karena itulah disematkan fitur traction control yang akan membantu pengemudi dalam melakukan hal tersebut.

Pada fitur ini, semua sistem nantinya akan melakukan pengereman secara otomatish terhadap masin-masing roda sehingga nantinya akan menjaga keseimbangan mobil saat berbelok dengan aman. Selain itu, power yang terdapat pada mesin juga akan disesuaikan agar roda tetap mampu mempertahankan daya cengkeramnya.

Baca Juga: Mengenal Secara Detail Fitur Keselamatan Rush 2018

Pengereman yang dilakukan pun tidak sembarangan, sebab setiap rodanya akan diberikan kekuatan rem secara mandiri pada masing-masing roda sehingga menyebabkan tidak sama kuat. Hal ini bergantung sepenuhnya pada kebutuhan roda itu sendiri. Nah, saat seperti inilah sensor akan menilai seberapa kuat rem yang dibutuhkan pada satu roda sehingga nantinya akan mencegah mobil tergelincir akibat roda yang berhenti secara tiba-tiba.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Spesifikasi dan Harga Mobil Toyota Rush Bekas April 2018 OTR Jakarta

OTOmart – Toyota Rush adalah sebuah mini SUV yang berbagi desain dengan Daihatsu Terios....

3 Mobil Suzuki dengan Penjualan Tertinggi Selama GIIAS 2018

OTOmart – Gelaran pameran otomotif terbesar di Indonesia, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS)...

Tanpa Produk Baru, PT Toyota Astra Motor Dapatkan Banyak SPK

OTOmart – Sepanjang gelaran pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show 2018 berlangsung di...

Daftar Harga Toyota Sienta Bekas Agustus 2018

OTOmart – Toyota dikenal sebagai pabrikan otomotif yang mempunyai banyak pilihan model mobil, mulai...

Toyota Berikan Diskon Besar Bagi Avanza di GIIAS 2018

OTOmart – Momen pameran otomotif GIIAS 2018 tidak disia-siakan oleh para pabrikan otomotif untuk...

Siapa Sangka Ternyata Hawa Udara Pemicu Bodi Mobil Berkarat

OTOmart – Karat atau korosi yang terjadi pada mobil merupakan salah satu masalah yang...