Ini Fungsi Fitur Traction Control Pada Mobil, Sudahkah Anda Tahu?

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah

control

OTOmart – Saat ini banyak mobil keluaran terbaru yang telah dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan. Selain fitur hiburan, ternyata fitur keselamatan pun telah banyak diberikan oleh para produsen mobil kepada produk unggulannya saat ini, seperti fitur traction control. Hal ini tidak lain untuk memanjakan para penggunanya dalam menggunakan mobil ini. Lalu sebenarnya apa sih fitur traction control itu?

Fitur traction control merupakan fitur yang berfungsi untuk meminimalisir mobil agar tidak tergelincir ketika berbelok secara tajam, atau merupakan fitur yang berguna untuk mencegah agar ban tidak mengalami selip sehingga tergelincir ketika kondisi jalan basah atau saat berbelok menikung.

Baca Juga: Jangan Gunakan Fitur Defogger Jika Tak Ingin Kaca Retak

Fitur ini merupakan fitur standar yang saat ini banyak Anda temukan pada mobil keluaran terbaru demi menjamin keamanan pengemudi dan penumpang selama berkendara. Fitur ini sendiri bekerja secara otomatis, sehingga pengemudi tidak perlu melakukan apa pun, kecuali dengan menekan tombol pengaktifan yang pada umumnya disematkan di dekat roda kemudi.

Fitur ini nantinya akan mendeteksi daya cengkeram pada setiap roda kemudian melakukan pengereman secara otomatis pada roda yang mengalaminya. Pada umumnya, ketika pengemudi sedang berbelok, maka ada tiga hal yang harus dikontrol sekaligus, yaitu akselerasi, pengereman dan kemudi. Tentunya hal ini sedikit rumit saat Anda melakukannya, apalagi jika pengemudi belum terlalu mahir. Karena itulah disematkan fitur traction control yang akan membantu pengemudi dalam melakukan hal tersebut.

Pada fitur ini, semua sistem nantinya akan melakukan pengereman secara otomatish terhadap masin-masing roda sehingga nantinya akan menjaga keseimbangan mobil saat berbelok dengan aman. Selain itu, power yang terdapat pada mesin juga akan disesuaikan agar roda tetap mampu mempertahankan daya cengkeramnya.

Baca Juga: Mengenal Secara Detail Fitur Keselamatan Rush 2018

Pengereman yang dilakukan pun tidak sembarangan, sebab setiap rodanya akan diberikan kekuatan rem secara mandiri pada masing-masing roda sehingga menyebabkan tidak sama kuat. Hal ini bergantung sepenuhnya pada kebutuhan roda itu sendiri. Nah, saat seperti inilah sensor akan menilai seberapa kuat rem yang dibutuhkan pada satu roda sehingga nantinya akan mencegah mobil tergelincir akibat roda yang berhenti secara tiba-tiba.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Nissan Terrano, SUV Bekas Nan Tangguh Dibanderol Mulai Rp80 Juta

OTOmart – Ketika pertama kali meluncur pada tahun 1995 lalu, Nissan Terrano langsung membuat...

Kaca Depan Mobil Anda Mengalami Baret? Ternyata Ini Penyebabnya!

OTOmart – Ketika musim hujan tiba, visibilitas kaca depan mobil sangatlah penting untuk dapat...

Ignis Facelift Meluncur Di India, Ini Spesifikasi Lengkapnya

OTOmart – Pada awal tahun 2020 ini, beberapa produsen mobil kenamaan mulai menampilkan produk...

Ertiga GL, Mobil Bekas Suzuki Dengan Interior Termewah!

OTOmart – Di pasar mobil bekas, Suzuki Ertiga GL bertransmisi manual lansiran tahun 2014...

Daihatsu Rocky Segera Meluncur, Indonesia Belum Bisa Masuk

OTOmart – Pada ajang Tokyo Motor Show (TMS) tahun 2019 lalu, Daihatsu telah membangkitkan...

Seltos X-Line Meluncur Di India, Berikut Spesifikasinya!

OTOmart – KIA Seltos merupakan salah satu dari beberapa mobil terbaru yang meluncur di...