10 Fitur Tersembunyi Yang Jarang Diketahui Pada Toyota Calya

posted in: Artikel Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
tersembunyi
Toyota Calya 1.2 G

OTOmart – Bagi Anda pecinta Toyota Calya dan sudah lama menggunakan mobil ini dalam kegiatan sehari-hari tentu sudah tahu beberapa fitur-fitur yang terdapat di dalamnya serta bagaimana cara penggunaannya. Namun, tahukah Anda jika mobil yang termasuk ke dalam golongan MPV LCGC (Multi Purpose Vehicle – Low Cost Green Car) ternyata memiliki berbagai hal unik dan menarik yang tersembunyi.

Baca Juga: Calya Jadi Mobil Low Cost Green Car Terlaris September 2018

Bahkan bisa jadi Anda pun belum mengetahui bagaimana cara fitur-fitur tersebut bekerja. Nah, berikut ini adalah 10 hal serta tips tersembunyi yang mungkin Anda perlu ketahui pada Toyota Calya, seperti dilansir laman Otomotifnet.com, Rabu (24/10/2018), antara lain yaitu:

1. Punya Dua Pairing Bluetooth

Saat para pesaingnya belum mempunyai fitur Bluetooth, maka pada Calya tipe G disediakan head unit yang dapat dipasangkan atau pairing dengan dua device Bluetooth dari smartphone Anda sekaligus. Caranya adalah dengan menyalakan menyalakan Bluetooth pada device smartphone Anda, setelah itu Bluetooth head unit pada Calya akan mendeteksinya secara langsung. Setelah itu, klik tombol tengah pada head unit untuk mengkonfirmasi pairing yang akan Anda lakukan.

Setelah tersambung, maka head unit kembali akan mencari satu device lagi yang nantinya akan dihubungkan. Lalu gunakan cara yang sama seperti sebelumnya agar dapat terkoneksi dengan baik. Jika Anda ingin mengganti device Bluetooth yang ingin Anda lakukan untuk streaming media, klik tombol bergambar Bluetooth yang terdapat pada head unit.

2. One Touch Triple Turn Signal

Layaknya mobil premium, Toyota Calya ternyata dibekali fitur tersembunyi yang dikenal dengan fitur One Touch Triple Turn Signal yang merupakan fitur untuk menghidupkan lampu sein hanya dengan menyentuh tuas lampu sein sekali saja sehingga tentu memudahkan para pengendara Toyota Calya untuk bermanuver di jalan raya.

3. Klip Karpet

Khusus pengemudia, Toyota menyematkan Calya dengan karpet pelapis lantai yang telah dilengkapi dengan klip penjepit sehingga posisi karpet tidak kabur dan lepas karena sering diinjak oleh pengemudi. Cara mengoperasikan klip ini adalah dengan memutar kedua klop kea rah horizontal untuk memasang atau membuka karpet dan putar ke arah vertikal untuk mengunci kembali.

4. Wiper Belakang Dapat Menyala Otomatis

calya
Toyota Calya 1.2 G

Fitur tersembunyi lainnya adalah wiper yang mampu menyala secara otomatis. Saat hujan turun dan posisi transmisi Calya berada di posisi R saat ingin mundur dan Anda telah mengaktifkan wiper bagian depan, maka secara otomatis wiper bagian belakang juga akan beroperasi. Hal ini tentu membuat para pengemudi menjadi semakin nyaman dan mudah, karena tidak perlu lagi mengaktifkan wiper bagian belakang secara terpisah. Sebab, wiper bagian belakang dapat menyala secara otomatis ketika tuas transmisi berada di posisi R.

5. Semi Intermittent Front & Rear Wiper

Termasuk ke dalam mobil bersegmen Low Cost Green Car (LCGC) sehingga membuat Calya tergolong ke dalam kategori mobil murah. Dengan rentang harga mobil LCGC pada umumnya tidak akan menyematkan wiper di bagian belakang guna menghemat biaya produksi.

Baca Juga: Tanggapan Komunitas dari Kekurangan Toyota Calya Saat Ini

Namun, berbeda dengan Calya, dimana mobil ini justru mempunyai fitur tersembunyi yang telah dilengkapi dengan wiper depan serta belakang untuk semua variannya. Bukan hanya itu, bagian wipernya juga tidak hanya dapat dihidupkan secara konstan, namun juga dapat dinyalakan secara intermittent atau dalam jarak waktu tertentu diantara wiper aktif.

6. Tidak ada Auto Up

Salah satu fitur tersembunyi yang mungkin Anda tidak ketahui dari Calya adalah tidak adanya auto up saat menutup jendela secara otomatis sehingga tetap harus ditahan sampai jendela dapat tertutup penuh walaupun tombol pembuka jendela yang berada di posisi pengemudi bertuliskan ‘A’ yang berarti otomatis.

7. Posisi Dongkrak

Jika pada mobil umumnya dongkrak diletakkan di bagian belakang mobil, bagasi atau ban serep. Maka pada Toyota Calya, posisi dongkrak diletakkan di bawah jok penumpang yang berada di bagian depan secara tersembunyi. Untuk mengambilnya pun cukup mudah, Anda hanya perlu memajukan jok penumpang depan sampai mentok, lalu tarik bagian samping dongkrak. Setelah terlepas, keluarkan dongkrak dari dudukannya tersebut.

8. Cara Menurunkan Ban Serep

interior calya
Toyota Calya 1.2 G

Toyota Calya mempunyai bagasi dengan load lip yang terbilang rata dengan lantai bagasi, lalu dimanakah penempatan ban serepnya? Toyota menyematkan ban serep atau ban cadangan tersembunyi di bagian kolong belakang. Adapun cara menurunkannya adalah dengan menggunakan kunci yang telah disediakan pada bagian belakang lokasi dongkrak. Putarlah ke kiri baut yang letaknya berada di sebelah kanan. Jika ban cadangan telah turun, segera keluarkan ban cadangan tersebut dari dudukannya.

9. Panic Mode

Baca Juga: Diserbu Produk Baru, Toyota Calya Masih Jadi Mobil LCGC Terbaik

Mode ini merupakan mode alarm tersembunyi yang dapat Anda gunakan saat dalam kondisi panik, seperti mobil yang dihampiri maling, begal, perampok dan orang-orang jahat lainnya. Caranya cukup mudah, anda hanya perlu menekan tombol ‘LOCK’ pada remote kunci sebanyak 3 kali.

10. Lampu Otomatis Mati

Pada umumnya, lampu mobil yang tidak matikan saat malam atau siang hari akan menyebabkan aki tersedot sehingga menyebabkan masalah pada esok harinya. Namun tenang saja, hal itu tidak akan terjadi pada Toyota Calya. Sebab, mobil ini telah dilengkapi dengan fitur tersembunyi, dimana lampu secara otomatis akan mati saat Anda lupa mencabut kunci mobil meskipun tuas lampu berada di posisi menyala.

Jika Anda sedang mencari mobil bekas berkualitas dengan cicilan kredit yang mudah, aman dan transparan, segera kunjungi website www.otomart.id. Karena kami selalu siap membantu mewujudkan impian Anda untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas terbaik.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Update Terbaru Harga Avanza Bekas Desember 2019

OTOmart – Hingga saat ini, Toyota Avanza masih menjadi salah satu mobil bekas yang...

Harga Mitsubishi Xpander Bekas Mulai Dari Rp 200 Jutaan

OTOmart – Dibandingkan versi terbarunya, harga jual Mitsubishi Xpander bekas justru lebih menarik. Di...

Sabun Bayi, Cara Murah Merawat Jok Mobil Berbahan Kulit

OTOmart – Jok mobil berbahan kulit pada dasarnya jauh lebih mudah dirawat. Akan tetapi,...

Knalpot Keluar Air dari Mobil Setiap Pagi? Ini Penyebabnya

OTOmart – Jika Anda sering menyalakan mobil di pagi hari dan menemukan knalpot keluar...

Tips Terbaik Membersihkan Setir Mobil Usai Mudik Lebaran

OTOmart – Salah satu komponen mobil yang selalu bersentuhan dengan tangan Anda adalah setir....

Ingin Mudik Aman dan Nyaman? Sebaiknya Cek 7 Komponen Mobil Ini

OTOmart – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, sebagian besar masyarakat tentunya akan menjalankan salah...