FMI Hengkang, Diler Ford Merugi

posted in: Artikel Mobil | 0 | Author : OTOMART

OTOMART, Jakarta – Sejak pihak Ford Motor Indonesia (FMI) mengumumkan perihal pemberhentian seluruh jajaran bisnisnya di tanah air, pada awal tahun lalu. Pihak FMI berjanji akan mempertanggungjawabkan atas kelanjutan layanan konsumen di tanah air, seperti pelayanan purna jual, jual beli spare part dan masih banyak lainnya.

Dikutip dari laman kompas.otomotif, “Yang terjadi adalah FMI mengumumkan akan keluar sebagi ATPM tapi nanti akan ada perusahaan baru untuk menggantikan fungsi aftersales-nya. Perusahaan penganti ini bertanggung jawab untuk melayani garansi, suku cadang, servis, sampai training teknisi bengkel,” ungkap Nugroho Suharlim, Chief Operating Officer Auto Kencana (AK) Group, di Tangerang, Minggu (28/2/2016).

Sebelumnya pihak FMI telah mengumumkan akan segera mencari atau membentuk wakil baru untuk megawal bisnis purna jual Ford di Indonesia. Namun nyatanya hingga saat ini, hal tersebut belum direalisasikan.

Hal tersebut membuat beberapa diler Ford merasa merugi akibat adanya keputusan Ford tersebut. Sehingga beberapa saat lalu, beberapa petinggi di masing-masing diler Ford mengadakan pertemuan untuk membuat semacam konsorsium.

Dalam pertemuan tersebut terungkap jika pihak diler menuntut ganti rugi senilai Rp 1 triliun kepada FMI. Dan jika tidak ada respon dari FMI maka pihak diler akan dibawa ke jalur hukum. Hal ini diungkapkan oleh Harry Ponto selaku pengacara seluruh diler saat konferensi pers digelar di Jakarta, Senin lalu.

Jumlah permintaan ganti rugi sebesar Rp 1 triliun dinilai sebagai kerugian yang dirasakan para diler, dihitung mulai pengadaan stok batang, pembangunan diler dan masa depan bisnis.

“Ini yang diklaim. Dalam sistem hukum kita, kami berhak mengugat kerugian moril tapi tidak kami ajukan. Betul-betul perhitungannya sudah kami sampaikan ke pihak Ford,” jelas Harry.

Terhitung hingga saat ini, jumlah konsumen yang melakukan pembatalan pembelian mobil Ford semakin meningkat. Terlebih dengan munculnya produk-produk baru, maka akan lebih menyulitkan para diler untuk bergerak.

Beberapa diler juga mengungkapkan jika saat ini jumlah produk Ford masih tersisa banyak di diler. Para Diler tengah meminta Ford untuk melakukan buyback, produk-produk tersebut.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Perbedaan Mesin Avanza dan Mesin Xenia yang Perlu Diketahui

OTOmart – Ketika Anda berkendara di jalanan, tentu Anda tidak akan asing lagi dengan...

Mau Beli Mobil? Sebaiknya Lakukan Simulasi Kredit Mobil Dulu

Otomart – Pengaturan sistem keuangan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari tidaklah mudah, semua membutuhkan pengalaman...

Waspada! Bahaya Menaruh Botol Plastik Dalam Kabin Mobil

OTOmart – Jika Anda seringkali meninggalkan air minum dalam kemasan botol plastik di dalam...

5 Etika Pemasangan Lampu Kabut Yang Wajib Dipenuhi

OTOmart – Lampu kabut (fog lamp) merupakan salah satu komponen tambahan (aksesori) yang biasanya...

Tips Cara Merawat Sistem Transmisi Mobil Agar Tidak Rewel

OTOmart – Sebuah kendaraan bermotor dapat dipastikan tidak akan berjalan tanpa adanya girboks atau...

Tips Cara Mengetahui Perbedaan Kapasitas Mesin Mobil

OTOmart – Fungsi utama kapasitas mesin terhadap kinerja mobil adalah pada kemampuannya dalam mengatur...