FMI Hengkang, Diler Ford Merugi

posted in: Artikel Mobil | 0 | Author : OTOMART

OTOMART, Jakarta – Sejak pihak Ford Motor Indonesia (FMI) mengumumkan perihal pemberhentian seluruh jajaran bisnisnya di tanah air, pada awal tahun lalu. Pihak FMI berjanji akan mempertanggungjawabkan atas kelanjutan layanan konsumen di tanah air, seperti pelayanan purna jual, jual beli spare part dan masih banyak lainnya.

Dikutip dari laman kompas.otomotif, “Yang terjadi adalah FMI mengumumkan akan keluar sebagi ATPM tapi nanti akan ada perusahaan baru untuk menggantikan fungsi aftersales-nya. Perusahaan penganti ini bertanggung jawab untuk melayani garansi, suku cadang, servis, sampai training teknisi bengkel,” ungkap Nugroho Suharlim, Chief Operating Officer Auto Kencana (AK) Group, di Tangerang, Minggu (28/2/2016).

Sebelumnya pihak FMI telah mengumumkan akan segera mencari atau membentuk wakil baru untuk megawal bisnis purna jual Ford di Indonesia. Namun nyatanya hingga saat ini, hal tersebut belum direalisasikan.

Hal tersebut membuat beberapa diler Ford merasa merugi akibat adanya keputusan Ford tersebut. Sehingga beberapa saat lalu, beberapa petinggi di masing-masing diler Ford mengadakan pertemuan untuk membuat semacam konsorsium.

Dalam pertemuan tersebut terungkap jika pihak diler menuntut ganti rugi senilai Rp 1 triliun kepada FMI. Dan jika tidak ada respon dari FMI maka pihak diler akan dibawa ke jalur hukum. Hal ini diungkapkan oleh Harry Ponto selaku pengacara seluruh diler saat konferensi pers digelar di Jakarta, Senin lalu.

Jumlah permintaan ganti rugi sebesar Rp 1 triliun dinilai sebagai kerugian yang dirasakan para diler, dihitung mulai pengadaan stok batang, pembangunan diler dan masa depan bisnis.

“Ini yang diklaim. Dalam sistem hukum kita, kami berhak mengugat kerugian moril tapi tidak kami ajukan. Betul-betul perhitungannya sudah kami sampaikan ke pihak Ford,” jelas Harry.

Terhitung hingga saat ini, jumlah konsumen yang melakukan pembatalan pembelian mobil Ford semakin meningkat. Terlebih dengan munculnya produk-produk baru, maka akan lebih menyulitkan para diler untuk bergerak.

Beberapa diler juga mengungkapkan jika saat ini jumlah produk Ford masih tersisa banyak di diler. Para Diler tengah meminta Ford untuk melakukan buyback, produk-produk tersebut.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Spesifikasi dan Harga Mobil Toyota Agya 2017 Terbaru

OTOmart – Sejak dirilis pada tahun 2013 lalu, Toyota Agya Motor akhirnya kembali merilis...

Spesifikasi dan Harga Mobil Sienta Terbaru November 2017

OTOmart – Pernahkah Anda mendengar mengenai salah satu mobil buatan Toyota di segmen compact...

Lihat Harga Mobil Sigra Terbaru November 2017 OTR Jakarta

OTOmart – Perlahan tapi pasti, salah satu produk unggulan yang merupakan gabungan antara pabrikan...

Nissan X-Trail vs Toyota Fortuner, Mana Yang Lebih Unggul?

OTOmart – Nissan dan Toyota sama-sama mempunyai produk andalan di segmen SUV (Sport Utility...

Kenali Fitur serta Harga Panther Touring Sebelum Membelinya

OTOmart – Sejak awal kemunculannya Panther memang dikenal sebagai rajanya mesin mobil diesel, hal...

Ketahui Spesifikasi Serta Harga Ertiga Terbaru November 2017

OTOmart – Suzuki kabarnya akan melakukan peluncuran generasi baru Ertiga yang saat ini tengah...