Bukan Airbag, Ternyata Ini Loh Fitur Keselamatan Utama Pada Mobil

posted in: Artikel Mobil | 3 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
keselamatan
Sumber: Getty Images

OTOmart – Saat ini para pabrikan mobil berlomba-lomba menghadirkan berbagai fitur keselamatan terbaru untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan berkendara, baik untuk pengemudi maupun para penumpang ketika melakukan perjalanan. Beberapa fitur keselamatan terbaru yang biasanya disematkan antara lain sensor pejalan kaki, kantung udara, airbag hingga kamera pengaman.

Namun, kebanyakan para pengemudi dan penumpang tidak mengetahui bahwa fitur keamanan paling utama dalam sebuah kendaraan adalah seatbelt atau sabuk pengaman. Hal tersebut diungkapkan oleh Product Knowledge Planning Division PT Toyota Astra Motor, Gandhi Ahimsa Putra, seperti dilansir laman oto.com.

Baca Juga: Fitur Keselamatan CR-V Turbo Raih Skor Tertinggi

“Keamanan yang paling penting dalam sebuah kendaraan adalah seatbelt, sedangkan yang lainnya seperti airbag dan lain-lain merupakan fitur pendukungnya,” ucap Gandhi.

Menurutnya, alasan seatbelt menjadi fitur paling penting dalam sebuah kendaraan, karena fitur ini langsung menempel pada tubuh manusia. Karena itu, Toyota mencoba mengembangkan teknologi pada seatbelt agar dapat melindungi pengendara dengan optimal lagi.

“Sekaran kan seatbelt sudah jadi standard safety yang harus ada di setiap kendaraan. Karena itulah kami Toyota fokus pada hal itu dan terus mencoba mengembangkannya untuk keselamatan pengendara dan penumpang,” tambah Gandhi.

Baca Juga: Toyota Rush G vs Daihatsu Terios X, Mana Fitur Paling Lengkap?

Sekarang seatbelt hadir menggunakan teknologi pretensioner mechanism dan force-limiter mechanism, dimana teknologi ini akan melindungi penggunanya jika terjadi benturan keras. Pretensioner mechanism yang terpasang pada seatbelt membuat penggunanya tidak terpental ke depan atau membuatnya tetap berada di kursi.

Selain itu terdapat juga force-limiter mechanism yang akan bekerja sesaat setelah pretensioner mechanism, dimana sabuk pengaman akan mengendur sehingga badan akan terbentur dengan airbag yang telah mengembang, atau membuat benturan yang terjadi tidak terlalu keras sehingga resiko patah tulang bahu akibat tekanan pada seatbelt dapat diminimalisir.

“Jadi kedua teknologi seatbelt tersebu bekerja selaras dengan airbag. Kedua teknologi ini akan bekerja ketika airbag telah mengembang sehingga benturan tidak akan terlalu keras, sehingga pengendara dapat terlindungi,” ucap Gandhi.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Sabun Bayi, Cara Murah Merawat Jok Mobil Berbahan Kulit

OTOmart – Jok mobil berbahan kulit pada dasarnya jauh lebih mudah dirawat. Akan tetapi,...

Knalpot Keluar Air dari Mobil Setiap Pagi? Ini Penyebabnya

OTOmart – Jika Anda sering menyalakan mobil di pagi hari dan menemukan knalpot keluar...

Tips Terbaik Membersihkan Setir Mobil Usai Mudik Lebaran

OTOmart – Salah satu komponen mobil yang selalu bersentuhan dengan tangan Anda adalah setir....

Ingin Mudik Aman dan Nyaman? Sebaiknya Cek 7 Komponen Mobil Ini

OTOmart – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, sebagian besar masyarakat tentunya akan menjalankan salah...

Tips Hindari Pecah Ban di Jalan Tol Saat Mudik Lebaran

OTOmart – Sebagian besar kondisi jalan Tol Trans Jawa menggunakan jenis beton cor untuk...

Tips Merawat Radiator Mobil Agar Tidak Jebol Karena Overheat

OTOmart – Radiator adalah salah satu komponen pada mobil yang sangat penting agar suhu...