Mengenal Secara Detail Fitur Keselamatan Rush 2018

posted in: Artikel Mobil | 2 | Author : Ahmad Nur Ubaidah

rush 2018

OTOmart – Toyota Rush terbaru sudah dirilis, akan tetapi beberapa fiturnya tetap menarik untuk dibahas. Salah satu fitur Rush 2018 yang menjadi perhatian adalah fitur keselamatan yang lengkap bahkan hingga tipe terendahnya. Hal ini tentu menjadi sesuatu yang tidak biasa, sebab pada umumnya para produsen mobil akan mencopot sebagian fitur keselamatannya untuk tipe termurah.

Lalu apa saja fitur keselamatan yang disematkan oleh Toyota pada produk Rush terbarunya ini? Berikut ini adalah beberapa fitur keselamatan yang terdapat di Toyota Rush 2018.

  1. Rem depan cakram yang dilengkapi fitur ABS, EBD dan BA

Saat ini, Toyota melengkapi Rush dengan rem depan cakram berventilasi atau yang dikenal dengan sebutan ventilated disc brake yang berukuran 16-inci. Namun yang membedakan rem cakram berventilasi dengan tidak adalah lubang ventilasi udara yang berguna untuk mendinginkan suhu dengan cepat sehingga membuat kualitas pengereman menjadi lebih baik.

Selain itu, semua tipe rem Rush terbaru telah dibekali dengan fitur ABS (Anti-lock Brake System). Fitur ini juga dibantu dengan komputer untuk dapat mengatur waktu pengereman secara kontinyu agar ban tidak terkunci saat melakukan pengereman mendadak atau terus menerus sehingga meskipun kondisi jalan licin, mobil masih tetap dapat dikendalikan dengan baik.

Selain ABS, Toyota juga menyematkan sistem pengereman EBD (Electronic Brake Force Distribution) kepada Rush. Fitur ini akan membagi beban pengereman pada setiap roda secara proporsional. Ketika kendaraan sedang dalam kondisi terisi penuh maupun saat melakukan pengereman keras, maka akan membuat bobot kendaraan terbawa gravitasi seluruhnya dan berpindah ke bagian depan.

Baca Juga: Dari Semua Produk Toyota, Hanya Rush Terbaru Punya 3 Fitur Ini

Kondisi ini tentu akan membuat beban yang diterima oleh rem bagian depan menjadi lebih besar dari pada rem di bagian belakang. Namun, dengan fitur ini, maka semua beban tersebut akan didistribusikan dengan mengoptimalkan peran dari rem belakang. Hal ini tentu akan membuat jarak pengereman menjadi lebih pendek.

Rush 2018 juga telah dibekali dengan fitur BA (Brake Assist) yang akan membantu pengemudi dalam menekan pedal rem, sehingga ketika rem diinjak sedikit, maka sistem secara otomatis akan menambah tekanan remnya untuk dapat lebih mengurangi laju kendaraan. Fitur ini juga dapat mendeteksi jika suatu saat pedal gas dilepas secara tiba-tiba oleh pengemudi karena ingin menekan pedal rem secara mendadak. Untuk itulah, BA bekerja dengan cara membantu dalam menekan rem secara optimal.

  1. Emergency Brake Signal

rush 2018
Sumber: Oto.com

Merupakan fitur yang digunakan untuk menyalakan lampu hazard secara otomatis saat pengemudi Rush melakukan pengereman secara tiba-tiba. Hal ini bertujuan untuk memperingatkan kepada kendaraan yang berada di bagian belakang untuk dapat bersiap melakukan pengereman lebih keras. Fitur ini digunakan untuk mencegah terjadinya tabrakan beruntun akibat pengemudi di belakang terlambat dalam mengantisipasi keadaan.

  1. Hill Start Assist

Toyota Rush dengan transmisi otomatis telah dilengkapi fitur keselamatan bernama Hill Start Assist (HAS). Fitur HSA ini dapat beroperasi ketika mobil dalam kondisi berhenti saat berada di jalan yang menanjak. Saat mobil melaju, pada umumnya akan terdapat jeda saat pengemudi memindahkan kaki dari pedal rem untuk menekan pedal gas. Jika tanpa fitur ini, mobil biasanya akan berjalan mundur sebab gaya gravitasi yang ada. Namun, dengan fitur ini, maka pedal rem akan aktif selama 3 detik sehingga dapat memberikan cukup waktu bagi pengemudi untuk menginjak pedal gas. Sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi mobil akan bergulir mundur sebelum melaju.

  1. 6 Airbags

Rush 2018 telah dilengkapi dengan 6 airbag untuk semua penumpangnya, baik pengemudi maupun penumpang. Side airbag sendiri berada di bagian sisi kursi depan yang berfungsi untuk melindungi para penumpangnya ketika mobil di tabrak atau menabrak bagian samping. Sedangkan curtain air bag berada di bagian pilar A dan C.

  1. Seat Belt Indicator Warning

Sekarang, beberapa mobil keluaran terbaru telah dilengkapi dengan lampu indikator serta bunyi peringatan yang membantu memberitahukan pengemudi dan penumpangnya jika berkendara tidak menggunakan sabuk pengaman. Pada umumnya fitur ini hanya diperuntukkan bagi kedua kursi depannya saja. Akan tetapi, pada Rush terbaru, fitur ini dapat berfungsi hingga ke bagian belakang sekalipun.

Baca Juga: Toyota Astra Motor Mulai Kirimkan All New Rush Awal Januari Ini

Namun, khusus bagi kursi di baris kedua dan ketiga, lampu indikator serta bunyi peringatan baru akan menyala jika sistem telah mendeteksi sabuk telah terpasang terlebih dahulu. Jadi, jika Anda duduk di bagian belakang, lalu memasang sabuk pengaman dan di tengah perjalanan Anda melepas sabuk pengaman tersebut, maka bunyi peringatan akan berbunyi. Akan tetapi, jika sejak awal duduk Anda tidak memakai sabuk pengaman, maka alarm peringatan tidak akan berbunyi.

  1. Vehicle Stability Assist dan Traction Control

rush 2018
Sumber: oto.com

Rush terbaru juga telah dilengkapi dengan fitur Vehicle Stability Assist (VSA) dan Traction Control (TRC). Apa itu Traction Control (TC)?

TRC merupakan fitur yang akan membantu pengemudi dalam melakukan akselerasi di jalanan yang licin, di mana arah mobil akan sulit dikendalikan sebab ban yang selip. Nah, dengan fitur ini maka rem serta putaran mesin akan di aplikasikan dengan baik dan diturunkan agar ban tidak selip serta membantu memastikan ban dengan permukaan jalan melakukan kontak secara proporsional.

Sedangkan VSA sendiri berfungsi untuk menjaga agar Toyota Rush terbaru ini dapat melaju dengan benar pada jalurnya saat melakukan manuver, seperti saat menikung tajam lalu muncul gejala understeer sehingga menyebabkan mobil sulit dikendalikan, maka sistem VSA akan mengurangi tenaga pada roda di bagian yang kelebihan beban sehingga mobil dapat menikung dengan stabil.

Berbagai fitur yang disematkan ini merupakan fitur canggih yang hanya terdapat pada Rush 2018 terbaru. Namun, meskipun fitur canggih ini disematkan tidak serta merta membuat Toyota menaikkan harganya menjadi lebih mahal. Justru malah harganya menjadi turun, seperti yang dialami TRD Sportivo bertransmisi otomatis yang harganya turun sebesar Rp 3 juta.

Sumber: Oto.com

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

3 Langkah Mudah Usir Udara Panas Pada Kabin Mobil Anda

OTOmart – Pernahkah Anda memarkir mobil Anda di lahan terbuka? Apalagi saat waktu siang...

Punya Tombol Tersembunyi, Begini Cara Mematikan Sistem Alarm C-HR

OTOmart – Seperti kebanyakan mobil pada umumnya, Toyota C-HR juga tentunya telah dibekali dengan...

Selain Pedal Rem, Ini Beberapa Jenis Rem Yang Perlu Anda Tahu!

OTOmart – Seperti rem pada umumnya, rem tangan atau sering disebut juga dengan rem...

4 Faktor Penyebab Kendaraan Jadi Boros Konsumsi Bahan Bakar

OTOmart – Bagi pengendara kendaraan bermotor, baik kendaraan beroda dua maupun beroda empat, tentunya...

Mobil Sudah Gunakan Emisi Euro 4, Sebaiknya Gunakan BBM Jenis Ini

OTOmart – Sejak menerapkan standar emisi Euro 4 di Indonesia sejak Oktober 2018 kemarin...

Begini Cara Membedakan Mobil Bekas Taksi Online Dengan Yang Tidak

OTOmart – Saat Anda membeli mobil bekas, tentunya Anda ingin mendapatkan mobil bekas dengan...