Kenali Fitur Grand New Avanza 2017 Ini Sebelum Membelinya

posted in: Artikel Mobil | 1 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
new avanza
Sumber: Mobilmo

OTOmart – Siapa sih yang tidak mengenal mobil sejuta umat ‘Toyota Avanza’ yang setiap hari dapat Anda temukan di seluruh jalan raya Indonesia. Semenjak peluncuran Honda Mobilio di tahun 2014 lalu, dominasi Toyota Avanza mulai dikejar oleh Honda Mobilio. Melihat hal ini, Toyota Indonesia akhirnya merubah Toyota Avanza menjadi Toyota Grand New Avanza pada tahun ini.

Grand New Avanza diluncurkan dengan 8 pilihan warna dengan 7 tipe yang berbeda, yaitu tipe 1.3 E STD M/T, 1.3 E STD A/T, 1.3 E M/T, 1.3 E A/T, 1.3 G M/T, 1.3 G A/T, dan tipe 1.5 G M/T.

Jika dilihat dari penampilannya, terdapat perubahan yang mencolok pada bagian depan Grand New Avanza terutama di bagian desain grille radiator depan yang bernuansa chrome serta lebih lebar. Bagian bumper bawahnya pun terdapat ornament grille berwarna hitam yang langsung menyatu dengan lampu kabut.

Selain itu, lampu utama di bagian depan juga mengalami perubahan desain yang cukup drastic, dimana pada model sebelumnya bagian lampu utama nampak rata, maka pada Grand New Avanza terlihat menonjol. Bagian bawah lampu depan juga terdapat lekukan pada kedua sisi kanan dan kirinya, begitu juga yang terjadi pada bagian kap mesinnya.

Di bagian samping, tidak ada perubahan yang berarti jika dibandingkan dengan Toyota Avanza model sebelumnya, hanya saja terdapat perubahan pada desain body molding samping serta terdapat emblem Dual VVT-i di samping kanan dan kiri pada bagian bawah kaca spion.

Baca Juga: Perbedaan Mesin Avanza dan Mesin Xenia yang Perlu Diketahui

Di bagian belakangnya, perubahan terjadi pada lampu belakang dengan adanya tambahan yang menyatu hingga ke tuas pintu bagasi bagian belakang. Lampu rem pada spoiler bagian belakang atas pun juga tampak di perlebar. Perubahan yang terjadi pada semua desain lampu belakang ditujukan untuk menunjang faktor keselamatan saat berkendara. Karena pengemudi lain dapat secara jelas melihat mobil Grand New Avanza ketika melakukan pengereman.

Interior Grand New Avanza

new avanza
Sumber: OTO

Mobil Avanza terbaru ini dapat dilihat pada sistem audionya. Untuk tipe 1.5 G, Toyota melengkapi dengan sistem audio dengan layar berukuran 6,1 inchi touch screen serta dilengkapi dengan iPod ready. Pada bagian dashboardnya terdapat tombol pengaturan AC berwarna abu-abu. Pada pengaturan AC di bagian kanan, mempunyai 2 fungsi sekaligus, yaitu sebagai penambah dingin AC serta pengaturan sirkulasi udara di dalam kabin.

Ketika sedang mengemudi di malam hari, lampu odometer mobil akan sangat terang. Desain kombimeter pun akan mengalami perubahan dengan ditambahkannya lampu indikator ECO drive. Lampu indikator ini akan berwarna hijau menyala apabila faktor-faktor ini dapat dipenuhi oleh pengemudi, antara lain yaitu:

  • Spontanitas akselerasi mobil yang rendah
  • Posisi transmisi yang tidak membuat putaran mesin menjadi tinggi
  • Mobil tidak melaju dengan kencang

Lampu indikator ECO Drive berguna untuk mengajarkan para pengemudi dalam mengemudi kendaraan yang irit bahan bakar. Bagian tombol kontrol lock power window juga mengalami perubahan yaitu berada pada posisi belakang dari masing-masing tombol power window.

Fitur Kenyamanan

Terdapat beberapa peningkatan dalam hal kemudahan dan kenyamanan penumpang pada Avanza terbaru yang tidak terdapat pada versi sebelumnya, antara lain yaitu:

Baca Juga: Kenali Cara Merawat Mobil Avanza Ini Agar Tetap Nyaman Digunakan

  • Tingkat kesunyian kabin mengalami peningkatan, bahkan suara mesinnya pun sangat kecil terdengar saat berada di dalam kabin.
  • Kursi baris kedua dapat dilipat hanya dengan melakukan pemutaran knob tanpa harus mendorong sandaran jok
  • Desain serta bahan jok dirubah dengan bahan yang lebih empuk untuk meningkatkan kenyamanan saat melakukan perjalanan jauh.
  • Desain kursi jok pada baris ketiga dibuat mirip dengan Toyota Innova sehingga dapat dilipat sebagian baik pada sisi kanan dan sisi kiri.
  • Terdapat penguatan pada struktur lantai mobil serta penyesuaian pada sisi suspensinya sehingga akan mempermudah pengendalian saat mobil dalam kecepatan tinggi.

Fitur Keamanan dan Keselamatan

new avanza
Sumber: OTO

Grand New Avanza telah diberikan sistem keselamatan dan keamanan yang cukup mumpuni untuk mobil keluarga, antara lain yaitu:

  • Digunakannya kunci immobilizer pada tipe 1.5 G dan tipe 1.3 G
  • Untuk mempermudah dalam melakukan pemasangan kursi bayi ketika akan dipasangkan pada seatbelt, Toyota menyematkan ISOFIX Fitting yang telah terbukti aman saat dilakukan test keselamatan.
  • Pada kursi penumpang ketiga di jok baris kedua, terdapat sabuk pengaman tersilang yang dapat tersambung pada plafon mobil
  • Sabuk pengaman mempunyai pretensior force limiter
  • Terdapat lampu peringatan dalam pemakaian sabuk pengaman untuk penumpang di bagian depan yang terdapat pada bagian tengah dashboard mobil sebelah kiri tombol lampu segitiga merah (hazard light button).
  • Jika pengemudi dan penumpang tidak memakai sabuk pengaman, maka akan muncul suara peringatan dari sensor sabuk pengaman yang cukup mengganggu kenyamanan kabin, suara dapat hilang hanya jika pengemudi dan penumpang di bagian depan memakai sabuk pengaman.
  • Pada bagian sisi samping, baik di pintu depan dan pintu belakang terdapat side impact
  • Telah dilengkapi dengan rem ABS (Anti-lock Braking System).

Performa Mesin

Avanza terbaru telah dilengkapi dengan teknologi mesin dual VVT-i yang lebih hemat bahan bakar serta suara yang lebih halus sehingga akan mengurangi kebisingan di dalam kabin. Mesin yang digunakan pada Avanza terbaru ini mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 96.5 Ps pada kecepatan 6.000 rpm, dimana pada model sebelumnya hanya mampu menghasilkan tenaga sebesar 92 Ps pada kecepatan 6.000 rpm.

Mesin Toyota Avanza sebelumnya hanya dilengkapi dengan 4 lubang injector sedangkan pada mesin Avanza terbaru ditambah 4 lubang sehingga menjadi 8 lubang injector. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi pemakaian bahan bakar.

Itulah spesifikasi dari Grand New Avanza 2017 yang menjadi andalan Toyota kedepannya. Jika Anda ingin mencari harga mobil Avanza terbaru, Anda dapat mencarinya melalui situs Otomart.id atau Anda dapat melakukan konsultasi pembelian sebelum membelinya dengan cara mengkliknya di sini.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Sabun Bayi, Cara Murah Merawat Jok Mobil Berbahan Kulit

OTOmart – Jok mobil berbahan kulit pada dasarnya jauh lebih mudah dirawat. Akan tetapi,...

Knalpot Keluar Air dari Mobil Setiap Pagi? Ini Penyebabnya

OTOmart – Jika Anda sering menyalakan mobil di pagi hari dan menemukan knalpot keluar...

Tips Terbaik Membersihkan Setir Mobil Usai Mudik Lebaran

OTOmart – Salah satu komponen mobil yang selalu bersentuhan dengan tangan Anda adalah setir....

Ingin Mudik Aman dan Nyaman? Sebaiknya Cek 7 Komponen Mobil Ini

OTOmart – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, sebagian besar masyarakat tentunya akan menjalankan salah...

Tips Hindari Pecah Ban di Jalan Tol Saat Mudik Lebaran

OTOmart – Sebagian besar kondisi jalan Tol Trans Jawa menggunakan jenis beton cor untuk...

Tips Merawat Radiator Mobil Agar Tidak Jebol Karena Overheat

OTOmart – Radiator adalah salah satu komponen pada mobil yang sangat penting agar suhu...