Desain Eksterior, Interior dan Performa Mobil Ertiga Terbaru

posted in: Artikel Mobil | 2 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
mobil ertiga
Sumber: Paul Tan

OTOmart – Suzuki Ertiga merupakan salah satu mobil produksi Suzuki yang menjadi perhatian publik ketika diluncurkan pada tahun 2012 lalu. Mobil Ertiga diperuntukkan bagi semua segmen khususnya bagi keluarga yang ingin mempunyai mobil pribadi. Karena itu Suzuki meluncurkan Suzuki Ertiga sebagai solusi berkendara dengan harga terjangkau serta hemat bahan bakar.

Dengan mesin berkapasitas 1.490 cc membuat mobil ini patut dipertimbangkan, apalagi dengan naiknya harga bahan bakar mesin sehingga Anda tidak perlu lagi pusing dengan permasalahan mengenai BBM karena teknologi drive by wire yang telah disematkan pada mobil ini. SIS yang merupakan distributor dari penjualan mobil Suzuki sangat memahami dengan kondisi masyarakat Indonesia yang ingin memiliki mobil murah namun murah baik dalam perawatannya serta hemat bahan bakar.

Publik Indonesia sebelumnya tidak pernah menyangka jika Ertiga akan menuai keberhasilan baik di India maupun di Indonesia. Padahal kala itu, mobil keluarga murah masih dikuasai oleh dua Avanza-Xenia. Memang sangat sulit untuk dapat mengungguli kedua mobil tersebut, namun siapa sangka ternyata mobil Ertiga dengan teknologi terkini mampu mengurangi dominasi duo Avanza-Xenia, terutama untuk tipe Luxury yang terlihat elegan dan sporty.

Spesifikasi Mobil Ertiga

Ertiga diciptakan atas platform milik kompatriotnya yang berasal dari segment hatchback, yaitu All New Swift dimana Suzuki mengembangkan jarak antar kedua sumbu roda depan dan belakangnya untuk mengakomodir kebutuhan tiga baris bangku pada kabin dalam, sesuai dengan nama Ertiga itu sendiri, Real Three Row.

Baca Juga: Suzuki Luncurkan SX4 Versi Facelift, Berikut Spesifikasinya

Dimensi panjang x lebar x tinggi mobil ini yaitu 4.265 x 1.695 x 1.685 mm dengan jarak wheelbasenya mencapai 2.740 mm. Dengan dimensi ini, Ertiga akan mampu memberikan kenyamanan maksimal bagi seluruh penumpangnya namun tetap luwes dan gesit saat bermanuver, meskipun turning radiusnya hanya sebesar 5,2 meter.

Diantara mobil keluarga lain di kelas yang sama, Ertiga mempunyai jarak pijak tertinggi, yaitu sebesar 185 mm. Hal ini tentu memberikan keuntungan tersendiri bagi Ertiga sebab dapat membuatnya melalui berbagai kondisi jalan yang ada di Indonesia tanpa kendala yang berarti.

Performa Mesin

Suzuki menyematkan Ertiga dengan mesin berjenis K14B dengan 4 silinder dengan 16 katup dibalik bonnet depannya. Jantung mekanis yang tertanam di dalam mesin mempunyai kekuatan 1.373 cc sehingga mampu menghasilkan daya hingga 95 ps pada kecepatan 6.000 rpm dengan daya puntir tertinggi sebesar 130 Nm pada kecepatan 4.000 rpm.

mobil ertiga
Sumber: Autonetmagz

Selain itu, Suzuki juga melengkapi Ertiga dengan teknologi mesin VVT yang disertai dengan drive by wire sehingga mampu menghasilkan performa lebih responsif namun tetap efisien bahan bakar. Mesin dengan sistem suplai bahan bakar Mpi tersebut ternyata juga rendah emisi karbondioksida pada hasil pembakarannya, bahkan telah lulus uji emisi standar Euro-4 sehingga sangat ramah lingkungan.

Eksterior Mobil Ertiga

Pada bagian eksterior, Suzuki memberikan konsep aerodinamis, stylish, sporty dan elegant pada mobil Suzuki Ertiga. Hal ini terlihat dari siluet body simetris yang berpadu sempurna dengan lekukan yang manis serta sudut tepian yang terlihat tegas sehingga semakin memperlihatkan ketangguhan dan kemewahan pada mobil bersegmen MPV ini.

Baca Juga: Ketahui Spesifikasi Serta Harga Ertiga Terbaru November 2017

Pada Suzuki New Ertiga bagian facia depan terlihat sangat gagah dan mewah dengan bentuk headlampnya yang cukup besar dan dibingkai dengan nuansa kristal yang menawan. Lampu utama mobil ini merupakan perpaduan antara hi beam dengan low beam sehingga mampu memberikan intensitas pencahayaan yang proporsional bagi pengemudi.

Di bagian bawah bumper, Suzuki memberikan lampu kabut sebagai penyinaran tambahan ketika sedang dibutuhkan. Pada Gril depan tampak lebih stylish dengan model smiling grill yang dilapisi dengan krom mewah. Aksentuasi krom juga terlihat diaplikasikan pada mobil ini, seperti pada bezel googlamp hingga pada garnish belakang. untuk varian GL dan GX di bagian buritannya terdapat center attraction sehingga terlihat pada diamond shape rear combination lamp dengan kombinasi merah – putih.

Interior Mobil Ertiga

Interior Suzuki Ertiga berkonsep cozy atau comfort dan eaZy, dimana tata letak atau layout ruang kabin dibuat ergonomis sehingga membuatnya menjadi lebih lega, lapang dan nyaman khususnya bagi seluruh penumpangnya. Akses keluar masuk penumpang dan barang bawaan juga sangat leluasa berkat fitur one touch folding yang telah terkonfigurasi pada kursi di baris kedua dan ketiga.

Itulah beberapa spesifikasi Suzuki Ertiga mulai dari bagian Eksterios, Interior hingga performa mesin yang merupakan keunggulan dari mobil ini. Bagi Anda yang mencari mobil Suzuki Ertiga bekas, Anda dapat mengunjungi situs Otomart.id atau langsung mencari mobil Ertiga pilihan Anda dengan cara mengklik di sini.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Update Terbaru Harga Avanza Bekas Desember 2019

OTOmart – Hingga saat ini, Toyota Avanza masih menjadi salah satu mobil bekas yang...

Harga Mitsubishi Xpander Bekas Mulai Dari Rp 200 Jutaan

OTOmart – Dibandingkan versi terbarunya, harga jual Mitsubishi Xpander bekas justru lebih menarik. Di...

Sabun Bayi, Cara Murah Merawat Jok Mobil Berbahan Kulit

OTOmart – Jok mobil berbahan kulit pada dasarnya jauh lebih mudah dirawat. Akan tetapi,...

Knalpot Keluar Air dari Mobil Setiap Pagi? Ini Penyebabnya

OTOmart – Jika Anda sering menyalakan mobil di pagi hari dan menemukan knalpot keluar...

Tips Terbaik Membersihkan Setir Mobil Usai Mudik Lebaran

OTOmart – Salah satu komponen mobil yang selalu bersentuhan dengan tangan Anda adalah setir....

Ingin Mudik Aman dan Nyaman? Sebaiknya Cek 7 Komponen Mobil Ini

OTOmart – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, sebagian besar masyarakat tentunya akan menjalankan salah...