Ini Durasi Waktu Mengemudi Yang Disarankan Saat Mudik

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
durasi waktu mengemudi
Ilustrasi (Pixabay)

OTOmart – Tradisi mudik selalu menjadi salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat menjelang Hari Raya Idul Fitri, apalagi bagi para perantau atau para pekerja yang kesehariannya berada jauh dari sanak saudara yang ada di kampung halaman.

Menghadapi momen mudik seperti ini tentunya tidak akan dilewatkan bagi para perantau. Bahkan berbagai moda transportasi pun dipilih sebagai transportasi mudiknya agar dapat segera pulang ke kampung halaman. Mulai dari bus, pesawat, kapal laut, serta kendaraan pribadi, seperti mobil dan motor.

Baca Juga: Daftar Lokasi Rest Area di Jalan Tol Trans Jawa Arah Surabaya

Di antara berbagai moda transportasi tersebut, mudik menggunakan mobil pribadi sampai hari ini masih menjadi andalan dengan banyaknya alasan yang menyertainya. Kendaraan roda empat ini banyak dipilih meskipun akan sangat menguras waktu dan tenaga ketika melakukan perjalanan mudik dengan jarak yang cukup jauh.

Apalagi di musim liburan seperti ini yang tentunya Anda akan menghadapi kondisi jalan yang sulit ditebak bahkan macet hingga berjam-jam. Kondisi ini tentu akan membuat Anda menjadi cepat lelah dan hilang konsentrasi sehingga dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan. Karena itu, dalam mengemudi kendaraan selama perjalanan mudik, Anda sebaiknya memperhatikan durasi waktu mengemudi Anda.

Hal ini dijelaskan oleh pendiri Rifat Drive Labs, sekaligus pereli nasional kebanggaan Indonesia, yaitu Rifat Sungkar yang menjelaskan jika dalam kondisi berkendara tanpa henti, maka durasi waktu mengemudi yang disarankan adalah selama tiga jam, setelah itu sangat disarankan untuk beristirahat untuk mengendurkan otot-otot yang tegang selama berkendara.

“Kalau terus menerus berkendara dan tidak berhenti, maka durasi waktu mengemudi maksimal itu tiga jam. Namun kalau dalam kondisi berhenti, itu bisa sampai empat jam,” ucap Rifat, seperti dilansir laman Liputan6.com.

Jangan Berpikir Cepat Sampai

waktu mengemudi
Ilustrasi (Morguefile)
Baca Juga: Cara Menghitung Bobot Bawaan di Mobil Sebelum Mudik

Rifat pun menerangkan jika melakukan perjalanan mudik Lebaran, sebaiknya jangan berpikir untuk cepat sampai saja, namun berpikirlah untuk selamat sampai tujuan dengan memperhatikan durasi waktu mengemudi Anda.

“Pola pikir cepat sampai itu salah dan harus diubah menjadi selamat. Hal ini bisa terjadi jika sepanjang perjalanan Anda merasa enjoy dan nyaman,” ucapnya lagi.

Menurut Rifat, durasi waktu mengemudi yang cukup merupakan kunci agar Anda tidak hilang konsentrasi ketika mengemudi saat musim mudik Lebaran sehingga perjalanan Anda akan terasa aman dan nyaman sampai ke tempat tujuan.

“Sebenarnya triknya cukup sederhana. Ketika siang hari, usahakan tidur dan beristirahat. Tidak perlu lama-lama, cukup setengah jam hingga satu jam saja untuk sekedar merelaksasikan tubuh dan restart body,” pungkas Rifat.

Jika Anda sedang mencari mobil bekas berkualitas dengan cicilan kredit yang mudah, aman dan transparan. Segera kunjungi website www.otomart.id. Karena kami selalu siap membantu mewujudkan impian Anda untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas terbaik.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Sambut HUT RI Ke-74, Auto2000 Gelar Promo Mobil Toyota

OTOmart – Memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, Auto2000 yang merupakan diler resmi untuk...

Aplikasi e-Uji Emisi, Tampilkan Lokasi Resmi Uji Emisi Kendaraan

OTOmart – Setelah mengeluarkan instruksi gubernur beberapa hari yang lalu mengenai uji emisi kendaraan...

Mau Lulus Uji Emisi Kendaraan? Coba Lakukan Tips Ini

OTOmart – Setelah DKI Jakarta masuk ke dalam kota dengan kualitas udara terburuk di...

Auto2000 Usulkan Toyota HiAce Jadi Kendaraan Pengganti Angkot

OTOmart – Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta telah mulai mensosialisasikan perluasan sistem ganjil genap...

Ini Keuntungan Menggunakan Garansi Mobil Bekas

OTOmart – Hingga kini masih banyak masyarakat Indonesia yang salah kaprah mengenai perbedaan antara...

Dalam Proses Pengembangan, Toyota Luncurkan Innova Hybrid 2021

OTOmart – Kijang Innova merupakan salah satu kendaraan unggulan Toyota berjenis medium MPV yang...