Dunlop Ajak Jurnalis Ikut Uji Ketangguhan Ban Ensave EC300+

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Editor Otomart

OTOMART, Sentul – Beberapa saat lalu, PT Sumi Rubber Indonesia selaku produsen ban Dunlop resmi meluncurkan produk baru yakni Ensave EC300+. Produk ini diklaim ramah lingkungan, dapat menghemat bahan bakar serta memiliki tingkat kebisingan yang rendah. Sebagai langkah untuk membuktikan kinerjanya, produsen ban Dunlop tersebut mengajak jurnalis otomotif nasional untuk menguji ban Dunlop Enasave EC300+ di Sirkuit Sentul Bogor, Jawa Barat.

Terdapat tiga tes yang dilakukan, yaitu Low Rolling Resistance atau tes hambatan bergulir, Wet Braking Performance, dan Feeling Test dengan menggunakan 2 mobil Toyota Avanza menggunakan ban berbeda. Tes pertama Low Rolling Resitance, dua mobil digulirkan melalui bidang luncur dengan sudut kemiringan 12 derajat. Satu mobil menggunakan ban dari kompetitor sementara satu lagi memakai Dunlop Enasave EC300+.

Dari hasil tes tersebut terlihat mobil yang melaju lebih jauh tanpa digas membuktikan hambatan gulirnya rendah sehingga ban mudah menggelinding. Di sini terlihat mobil yang menggunakan Dunlop Enasave EC300+ menggelinding lebih jauh dibanding kompetitor. Dengan begitu tenaga yang diperlukan untuk menggerakan mobil lebih ringan yang menjadikannya hemat BBM.

Di tes kedua Wet Braking Performance, dilakukan di jalanan yang disirami air untuk membuktikan daya cengkram ban saat jalanan basah atau hujan. Dari situ terlihat daya cengram Enasave EC300+ lebih baik dibanding kompetitornya karena jarak berhenti yang lebih cepat dibandingkan ban milik kompetitor.

Terakhir yakni Feeling Test. Pada tes terakhir ini, ada 3 rangkaian kegiatan yang dilakukan mulai dari pindah jalur, slalom, dan tes kebisingan. Satu mobil diisi oleh empat orang dimana yang menyetir merupakan instruktur Dunlop dari Jepang. Disini para jurnalis diajak melewati jalanan zigzag di kecepatan 60 km/jam dan terasa mobil cukup stabil, terutama ketika bermanuver juga suara di dalam kabin mobil tidak terlalu bising.

“Garis melintang di ban menyebabkan udara terjebak ketika ban bersentuhan dengan jalan. Udara yang terjebak itu akan menimbulkan suara desis sehingga kebisingannya besar. Pada Enasave 300+, jaringan yang melintang ini dikurangi jumlahnya, sehingga udara yang terjebak lebih kecil otomatis tingkat kebisingannya lebih rendah,” tukas Bambang Hermanuhadi, Manager Training PT Sumi Rubber Indonesia.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Bursa Mobil Bekas Non-Jepang Harga Di Bawah Rp.100 Juta

Otomart – Saat ini, mobil bekas banyak diminati oleh para masyarakat kalangan menengah ke bawah, terutama untuk mobil bekas yang mempunyai rentang harga Rp.50 juta – Rp.100 juta. Berdasarkan data dari bursa mobil bekas, terdapat beberapa merek non-Jepang seperti Mercedes-Benz … Lihat Selengkapnya

Kapan Pertamina Terapkan Pembayaran Non Tunai Di Semua SPBU?

Otomart – Penggunaan transaksi uang elektronik (pembayaran non tunai) di SPBU telah mulai dilakukan oleh PT Pertamina (Persero) melalui kerja sama dengan Pemerintah Kota Pontianak dan Bank Indonesia. Bahkan Pertamina mulai merencanakan pemberlakukan non tunai di semua SPBU di Pontianak … Lihat Selengkapnya

Wuling Motor Mulai Kirimkan Mobilnya Ke Bali, Ini Daftar Harganya

Otomart – Setelah pada GIIAS 2017 lalu sempat memberikan kejutan dengan meluncurkan MPV pertamanya, Wuling Confero S yang banyak diminati para konsumen. Saat ini, Wuling Motor mulai berekspansi ke beberapa daerah yang ada di Indonesia, salah satunya adalah dengan mendirikan … Lihat Selengkapnya