Dishub DKI Cari Solusi Untuk Jalankan Perda No.5 Tahun 2014

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah

perda

Otomart – Aturan yang tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda) DKI Jakarta Nomor 5 Tahun 2014 Pasal 140 mengenai kewajiban bagi pemilik mobil pribadi untuk mempunyai garasi di rumahnya diakui oleh Pemerintah DKI Jakarta kurang sosialisasi. Hal ini menimbulkan beragam tanggapan dari para masyarakat mengenai regulasi yang dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah tersebut. Mulai dari yang keberatan, mendukung, hingga sepakat jika memang hal itu dapat menciptakan ketertiban yang lebih baik.

Andri Yansyah, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, mengakui jika dalam penekanan Perda mengenai garasi sangat minim sosialisasi. Namun, dirinya mengatakan bahwa saat ini Pemerintah DKI Jakarta telah mempunyai beberapa rencana untuk dapat mendorong agar Perda tersebut dapat berjalan dengan baik.

Baca Juga : Beli Kendaraan Di Jakarta Wajib Tunjukkan Bukti Kepemilikan Garasi

“Sosialisasi (Perda) akan kita lakukan sekaligus pelaksanaan, tapi kita juga punya rencana detail agar informasi yang kita sampaikan dapat diterima oleh berbagai pihak, termasuk ATPM (agen tunggal pemegang merek), “ ucap Andri, seperti dilansir Kompas.

Andri menambahkan, untuk persoalan mengenai surat kepemilikan garasi atau menguasai garasi agar dapat menerbitkan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor alias STNK sebenarnya bukanlah suatu hal yang besar. Sebab meskipun seseorang belum mempunyai garasi, namun mereka dapat menyewa tempat yang layak untuk garasi kendaraan  sehingga nantinya akan dibuatkan izin.

Kewajiban bagi seluruh pemilik mobil untuk mempunyai garasi menurut Andri janganlah dianggap sebagai suatu beban, sebab menurutnya, etika yang baik jika mempunyai kendaraan memang harus ada tempat untuk dapat menyimpannya. Oleh sebab itu, jangan melihat kewajiban punya karena kebutuhan atau karena tuntutan gaya hidup.

“Contoh seperti warga yang tinggal di pemukiman atau perumahan, mereka dapat mencari lahan parkir yang dapat digunakan bersama-sama sehingga tidak mengganggu. Untuk perizinan tinggal dibuat, dan kami akan bantu selama tidak mengganggu fasilitas umum yang ada,” ucap Andri.

Sedangkan mengenai wacana kapan sosialisasi dilakukan, Andri menjelaskan bahwa hal tersebut sedang dalam pembahasan. “Saat ini sedang dalam internal (pembahasan), kita upayakan agar dapat selesai di bulan ini sehingga kita mendapatkan solusi yang tepat untuk masalah ini,” ucap Andri.

Seperti yang kita ketahui bahwa Perda mengenai kewajiban pemilik kendaraan mobil pribadi agar mempunyai garasi cukup banyak mengundang respons dari berbagai pihak sehingga dibutuhkan solusi yang tepat dan efektif agar dapat diterima oleh semua pihak.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Mobil Matic Murah Ini Dibanderol Mulai Dari Rp 100 Jutaan

OTOmart – Saat ini, terdapat dua jenis sistem transmisi yang digunakan di mobil, yaitu...

Daftar Harga Lengkap Daihatsu All New Terios 2018

OTOmart – Salah satu pilihan mobil yang tepat untuk Low SUV bekas tahun muda...

Kelebihan Kijang LGX Diesel Dibandingkan Para Rivalnya

OTOmart – Salah satu MPV terpopuler sebelum adanya MPV yang ada saat ini adalah...

Daftar Lengkap Harga Toyota Vios Bekas Maret 2020

OTOmart – Sejak dirilis pada tahun 2003 silam di Indonesia, Toyota Vios menjelma menjadi...

Suzuki Ertiga 2014 Kini Dibanderol Mulai Dari Rp 100 Jutaan

OTOmart – Suzuki Ertiga merupakan salah satu mobil berjenis MPV yang tentunya banyak diburu...

Bunuh Virus Corona di Kabin Dengan Proses Sterilisasi Ini

OTOmart – Salah satu bagian mobil yang berpotensi menjadi media penyebaran virus Corona atau...