Di Kelas Low MPV, Xpander Belum Sanggup Hadapi Avanza

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
low mpv
Sumber: The Gaspol

OTOmart – Xpander membuktikan dirinya sebagai mobil yang paling diminati oleh masyarakat. Hal ini dapat terlihat dari raihan penjualan mobil ini yang mencapai angka 4.882 unit November lalu. Raihan ini membuat Xpander menempati posisi kedua sebagai produk low MPV terlaris yang ada di Indonesia.

Berdasarkan data penjualan wholesales yang dirilis oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Xpander berhasil mengalahkan para pesaingnya yang notabenenya merupakan para pemain lawah di segmen ini, seperti Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga dan Honda Mobilio. Padahal mobil ini baru saja dirilis tiga bulan yang lalu.

Dari sekian banyak pesaingnya, hanya Toyota Avanza yang belum dapat dikalahkan oleh Xpander. Berdasarkan data wholesales, Toyota Avanza berhasil mencatatkan penjualan sebanyak 10.070 unit bulan lalu.

Baca Juga: Mitsubishi Targetkan Penyebaran Xpander Ke Negara Lain

Saat ini angka penjualan Xpander meningkat dua kali lipat dibandingkan bulan Oktober 2017 yang hanya mencapai 2.351 unit. Hal ini sesuai dengan janji Mitsubishi yang ingin memaksimalkan produksi Xpander di pabrik mereka yang terdapat di Cikarang, Bekasi, hingga mencapai 5.000 unit per bulan. Padahal di bulan sebelumnya, mobil ini hanya memproduksi sekitar 2.000 hingga 3.000 unit saja.

Mulai Agustus hingga November kemarin, Mitsubishi Xpander berhasil mencapai total penjualan sebanyak 8.329 unit. Padahal Mitsubishi mengklaim bahwa angka pemesanan mobil ini mencapai 30 ribu unit, ini berarti ada sekitar 21.671 unit Xpander yang belum sampai kepada para konsumen.

Varian terlaris Xpander Exceed berhasil terjual sebanyak 1.910 unit, sedangkan varian tertingginya, Xpander Ultimate berada di posisi kedua sebanyak 831 unit, lalu disusul Xpander Sport dengan total penjualan sebanyak 828 unit. Sedangkan untuk penjualan Xpander GLX berhasil mencatatkan jumlah penjualan sebanyak 757 unit pada November lalu dan Xpander GLS sebanyak 556 unit.

Baca Juga: Harga Avanza Bekas Turun Akibat Xpander dan Wuling? Benarkah?

Penjualan produk low MPV lain, seperti Suzuki Ertiga mencatatkan total penjualan sebesar 3.940 unit, disusul oleh Toyota Avanza, dan Daihatsu Xenia sebanyak 3.758 unit, lalu ada juga Honda Mobilio yang terjual sebanyak 2.115 unit. selanjutnya disusul Wuling Confero dengan total penjualan sebanyak 803 bulan November kemarin.

Penjualan seluruh mobil di bulan November 2017 telah mencapai angka 96.191 unit, jumlah ini lebih besar dari pada bulan Oktober lalu yang mencapai 94.433 unit. Penjualan mobil secara keseluruhan di tahun ini yang dimulai dari sejak Januari hingga Oktober telah mencapai angka 994.436 unit. Kita tunggu saja hingga berakhirnya tahun 2017, apakah target penjualan 1,07 juta unit yang sebelumnya telah direncanakan dapat tercapai.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Tips Merawat Mesin Isuzu Panther Diesel Agar Performa Tetap Stabil

OTOmart – Sejak awal kemunculannya, Isuzu Panther yang tergolong ke dalam jenis mobil MPV...

Tips Memilih Kaca Film Mobil Murah Namun Berkualitas

OTOmart – Salah satu aksesoris yang sering dicari dan banyak beredar di pasaran adalah...

Ternyata Ini Alasan Mengapa Kijang LGX Banyak Dicari!

OTOmart – Di antara banyak varian model Kijang yang beredar di pasar mobil bekas...

Banyak Dicari, Segini Harga Hyundai Santa Fe Sekarang!

OTOmart – Jika Anda ingin memiliki mobil SUV bekas dengan tampilan yang gagah, mempunyai...

Cari Honda Mobilio Bekas 2018? Ini Harga Bekasnya Sekarang!

OTOmart – Di pasar mobil bekas, Honda Mobilio bekas 2018 adalah yang paling banyak...

Harga Daihatsu Terios Bekas Kini Mulai Dari Rp 85 Juta

OTOmart – Hingga kini, Daihatsu Terios masih menjadi salah satu mobil primadona di pasar...