Desain Honda Mobilio Terbaru Bakal Mirip Xpander

posted in: Berita Mobil | 3 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
desain
Honda Mobilio 1.5 E

OTOmart – Setelah lama tidak membuat perubahan pada beberapa produk unggulannya di segmen low multi purpose vehicle (MPV), Honda Prospect Motor (HPM) kabarnya sedang bekerja keras untuk merampungkan produk mereka, yaitu Honda Mobilio dengan desain terbaru.

Tsutomu Harano, Honda RnD Asia Pacific, mengatakan jika nantinya desain Honda Mobilio terbaru ini akan dirubah total atau paling tidak dari sisi karakternya yang mencerminkan city car telah dirubah sedemikian rupa.

Baca Juga: Perbedaan Mesin Mobilio dan Mesin Honda Jazz yang Perlu Diketahui

Ubahan pada penampilan Mobilio dilakukan karena menurut Harano, karakter yang terdapat pada Mobilio saat ini dirasa sudah kurang cocok untuk masyarakat Indonesia.

“Saya balik bertanya, untuk mobil low MPV seperti Mobilio yang sekarang dimana bodinya agak rendah serta desain yang sporty. Apakah konsumen bakalan suka? Sebab, komentar konsumen terhadap Mobilio juga sudah berubah,” ucap Harano, seperti dilansir laman CNN Indonesia, Minggu (21/10/2018).

Harano yang juga merupakan kepala tim RnD generasi kedua Brio tersebut mengklaim bahwa saat ini masyarakat Indonesia cenderung lebih menyukai mobil bersegmen low MPV dengan gaya sport utility vehicle (SUV). Kondisi tersebut menurut Harano dapat dirasakan setelah Mitsubishi merilis Xpander pada tahun lalu.

Seperti diketahui, Xpander yang notabenenya merupakan pendatang baru di segmen low MPV, justru menawarkan hal lain yang tidak ditawarkan oleh model-model kawakan low MPV lainnya, seperti Toyota Avanza, Suzuki Ertiga, Daihatsu Xenia dan Mobilio. Walaupun masuk ke dalam kategori mobil bersegmen low MPV, namun justru Xpander sangat kental dengan unsur SUV.

desain
Honda Mobilio 1.5 E

Misalnya, Xpander memiliki dimensi tinggi sebesar 1.700mm dengan ground clearance 205mm. Ukuran tersebut terbilang jangkung jika dibandingkan dengan Avanza yang mempunyai dimensi setinggi 1.695mm dengan ground clearance setinggi 189mm.

“Untuk desain dan karakternya yang sekarang, itu karena saat pembuatannya Mobilio hanya terdapat Avanza atau Suzuki APV saja. Bahkan setelahnya ada Ertiga dan kini Xpander,” ucap Harano lagi.

Karena itu, untuk tetap dapat berkembang dan berkompetisi, Harano menyebutkan jika nantinya desain Mobilio di masa depan akan tampil berbeda dengan karakter SUV.

Baca Juga: Penjualan Mobilio Turun, Honda Bakal Siapkan Mobil Low MPV Terbaru?

“Karena kami merupakan produsen mobil, tentu kami harus membuat mobil kami tetap menyenangkan semua konsumen setia kami,” ucapnya lagi.

Meski telah sedikit memberitahukan mengenai latar belakang desain Mobilio di masa depan, namun Harano masih enggan untuk memberikan informasi sudah sejauh mana Honda telah melakukan pengembangan Mobilio terbaru tersebut.

“Saat ini masih rahasia ya. Jadi hampir samalah dengan Brio series ini yang sudah kami perbaharui. Kami pun juga sudah merencanakan agar Mobilio juga ikut dilakukan update juga,” terang Harano.

Mobilio sendiri merupakan mobil low MPV besutan Honda yang meluncur pertama kali di Indonesia pada tahun 2014 lalu dan baru pada tahun 2017 mendapatkan penyegaran. Dari segi penjualan, Mobilio termasuk ke dalam urutan ke lima mobil terlaris di Indonesia setelah Xpander, Avanza, Ertiga serta Xenia.

Sedangkan untuk penjualan wholesales Gaikindo selama semester pertama tahun 2018, Mobilio menjadi kendaraan dengan total penjualan terendah diantara para pesaingnya dengan jumlah 11.718 unit. Terpaut cukup jauh dengan posisi pertama yang diraih Xpander dengan total penjualan sebanyak 39.948 unit, Avanza dengan 39.455 unit dan Xenia dengan jumlah penjualan mencapai angka 15.164 unit.

Jika Anda ingin mendapatkan berita-berita terbaru seputar Otomotif atau ingin mencari dan melakukan kredit mobil bekas berkualitas terbaik di seluruh dealer mobil bekas di Indonesia, kunjungi situs Otomart.id. Kami siap membantu Anda mewujudkan impian Anda.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

GIIAS 2019 Sebentar Lagi, 3 Mobil Baru 2019 Ini Sudah Siap Tampil

OTOmart – Menjelang digelarnya pameran otomotif terbesar di Indonesia, yakni Gaikindo Indonesia International Auto...

Nissan X-Trail Facelift Siap Meluncur di GIIAS 2019

OTOmart – Nissan X-Trail Facelift akhirnya akan segera dirilis oleh PT Nissan Motor Indonesia...

Harga Nissan Grand Livina 2019 Usai Lebaran Masih Rp 200 Jutaan

OTOmart – Nissan Grand Livina merupakan salah satu produk keluaran PT Nissan Motor Indonesia...

Panduan Cari Avanza 2004 Biar Tidak Tertipu Oknum Nakal

OTOmart – Toyota Avanza 2004 merupakan generasi pertama dari seri Avanza yang pertama kali...

Baru Meluncur, Suzuki New Carry Jadi Tulang Punggung Penjualan Suzuki

OTOmart – Suzuki New Carry merupakan produk unggulan dari PT Suzuki Indomobil Sales yang...

Tips dan Panduan Mendapatkan Suzuki Ertiga Bekas Terbaik

OTOmart – Sejak pertama kali meluncur pada tahun 2012 lalu, Suzuki Ertiga hingga kini...