Datsun Cross Dipastikan Miliki Transmisi CVT

posted in: Berita Mobil | 1 | Author : Ahmad Nur Ubaidah

cross

OTOmart – Nissan telah mengumumkan salah satu produknya, yaitu Datsun Cross akan diluncurkan pada tanggal 18 Januari nanti. Mobil terbaru buatan Nissan ini menggunakan basis Datsun GO+ Panca dan hadir dalam bentuk crossover kompak dengan transmisi otomatis atau CVT.

Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Nissan Motor Indonesia (NMI), “Generasi Indonesia yang modern tentu akan mencari kendaraan dengan perpaduan antara efisiensi dan performa. Karena itulah, untuk menjawab kebutuhan para pelanggan, Datsun Cross diluncurkan dengan teknologi CVT untuk memberikan pengalaman baru saat berkendara,” ucap pihak NMI.

Girboks otomatis saat ini memang telah menjadi idaman masyarakat, sebab dengan teknologi tersebut, Anda tidak perlu lagi mengguanak jasa kaki kiri untuk memainkan kopling. Pada produk Nissan sebelumnya, yaitu Datsun GO Panca sempat mendapatkan banyak kritikan karena tidak mempunyai skema penyaluran tenaga seperti model ini. Namun, Cross terbaru ini telah dibekali dengan girboks yang diklaim sangat nyaman.

Baca Juga: Datsun Cross Siap Meluncur 18 Januari, Ini Bocorannya

Bukan tanpa alasan mengapa Nissan memilih skema CVT dari pada otomatis konvensional, sebab saat ini hampir semua produk Nissan telah menggunakan skema teknologi CVT (Continous Variable Transmission).

“Jika dibandingkan dengan transmisi matik konvensional, skema CVT lebih menawarkan pengalaman berkendara yang lebih nyaman, halus dan efisien,” terang Eiichi Koito, Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia, seperti dilansir laman oto.com.

Sekedar informasi, transmisi CVT adalah sistem pengolahan tenaga dengan menggunakan sabuk baja serta puli yang unik. Sistem ini bukan hanya memindahkan rasio gigi satu per satu, namun juga menyalurkan tenaga secara gradual dengan cara mengubah rasio sabuk dan pulinya.

Dengan cara tersebut membuat CVT dapat menghasilkan perpindahan gigi secara mulus dengan tingkat rasio persneling yang terbilang sangat efektif. Girboks ini juga dapat memungkinkan mesin dapat bekerja dengan rentang kecepatan kendaraan secara efisien di setiap tahap putarannya. Hal ini tentu dapat membuat proses berkendara menjadi lebih halus, mudah dan efisien.

Baca Juga: Datsun Go Cross Siap Meluncur Januari 2018 Mendatang, Ini Harganya

Datsun Go Cross terbaru ini diprediksi masih akan menggunakan mesin yang sama seperti Go Panca, dimana mesin yang digunakan mempunyai 3-silinder dan berkubikasi 1,2 liter yang tetap dapat diandalkan. Akan tetapi, dengan perpaduan girboks CVT seharusnya mesin ini akan menjadi lebih efisien dari pada Nissan March 1,2 yang hanya menggunakan transmisi matik biasa.

Perlu Anda ketahui bahwa Datsun Cross merupakan model ketiga dari Datsun Indonesia yang dipasarkan di pasar otomotif tanah air. Model pertamanya merupakan Datsun GO+ Panca, yang dilanjutkan dengan GO Panca, dimana kedua mobil ini merupakan mobil LCGC yang termasuk ke dalam program pemerintah. Lalu bagaimana dengan Datsun Cross? Patut kita tunggu saja kehadirannya pada tanggal 18 Januari nanti.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Premium Garansi Indonesia Siap Lindungi Mobil Bekas Anda

OTOmart – Sebagaimana mobil bekas, tentunya mempunyai masalah yang cukup beragam antara satu merek...

Tips Tepat Membersihkan Door Trim Berbahan Kulit Hingga Kain

OTOmart – Salah satu bagian dalam mobil yang seringkali terabaikan kebersihannya adalah door trim....

Muncul Di GIIAS 2019, Harga Suzuki Jimny Terbaru Rp 300 Juta

OTOmart – Setelah kemunculannya satu tahun yang lalu pada gelaran yang sama, Suzuki Jimny...

Daftar Mobil Test Drive Di Gelaran GIIAS 2019

OTOmart – Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 hari ini telah secara resmi...

Suzuki Luncurkan Program Trade-In Saat GIIAS 2019 Besok

OTOmart – Menjelang digelarnya pameran otomotif terkemuka Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019,...

Airbag Mobil Toyota Rush Bermasalah, Toyota Lakukan Recall

OTOmart – Salah satu pabrikan otomotif terkemuka asal Jepang, Toyota Motor Corporation melalui PT...