Dampak Takata, Toyota Recall 40.280 Kendaraan di Indonesia

posted in: Artikel Mobil | 0 | Author : OTOMART

OTOMART, Jakarta – PT Toyota Astra Motor (TAM) bertanggung jawab penuh terhadap kinerja kendaraan yang telah beredar di tanah air. Termasuk kendaraan lama yang telah menggunakan airbag garapan Takata Jepang.

Kasus Takata semakin meresahkan pihak Toyoya untuk segera melakukan pengecekan dan perbaikan masal, terhadap produk yang sudah terlanjur beredar. Empat model Toyota dipastikan akan dilakukan recall, yakni Camry, Corolla, Vios dan Yaris keluaran tahun 2001 – 2008. Total semua yang direcall berkisar di angka 40.280 kendaraan.

Sebagai upaya mengatasi masalah komponen airbag pada keempat model tersebut, pihak Toyota melakukan program bertajuk Special Service Campaign (SSC) di Sunter, Jakarta Utara, Senin, 18 Juli 2016 lalu.

Henry Tanoto, Wakil Presiden Direktur PT TAM menjelaskan, mobil yang bermasalah, adalah Camry, Corolla, Vios, dan Yaris. Tahun produksinya dari 2001 hingga 2008.

“Dalam kampanye ini kami tidak hanya sekedar mengundang pelanggan untuk memastikan mobilnya dalam kondisi prima, tetapi poin utama kami berusaha untuk memantau secara berkelanjutan kondisi mobil dan memberikan kenyamanan pengguna,” ujar Henry di Sunter, Jakarta Utara, Senin (18/7/2016).

Langkah ini, lanjut, Henry merupakan instruksi dari prinsipal (Toyota Motor Corporation/TMC) yang meminta seluruh distributor untuk melakukan progam SSC. Aktivitas ini dilakukan begitu TAM mendapatkan informasi tersebut pada awal 2006.

Penggantian komponen airbag inflator membutuhkan waktu 2,5 jam dan tidak dipungut biaya. Untuk mengikuti program itu, konsumen bisa menghubungi costumer care TAM di nomor telepon 1-500-315 yang melayani selama 24 jam atau dapat masuk laman www.toyota.astra.co.id/ssc.

Bagi konsumen yang melakukan pengecekan via laman, konsumen hanya perlu memasukkan data, email, serta nomor telepon di laman Toyota astra. Setelah itu, akan muncul notifikasi yang menyatakan mobil masuk program atau tidak. Jika kendaraan masuk ke dalam program, maka konsumen dapat sefera menuju diler terdekat untuk dilakukan perbaikan.

Lantas bagaimana dengan mobil Toyota yang sudah menjadi pemilik tangan kedua? Tak masalah karena pemilik keduapun dapat menikmati layanan ini. Pelayanan bersifat menyeluruh dan di berbagai dealer.

“Program ini akan dilakukan secara gradual hingga seluruh mobil yang menjadi target diperbaiki. Prinsipnya, diler akan melayani semua unit mobil yang masuk program ini,” kata dia.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Perbedaan Mesin Mobilio dan Mesin Honda Jazz yang Perlu Diketahui

Otomart – Pernahkah Anda mendengar mengenai kabar mesin Honda Jazz sama dengan mesin Mobilio? Nah, kali ini kita akan membahasnya secara lebih mendetail mengenai kedua mesin mobil produksi PT Honda Prospect Motor tersebut. Sebenarnya mesin Honda Jazz berbeda dengan Honda … Lihat Selengkapnya

3 Mobil Balap Keren Legendaris Milik Ferrari Yang Diakui Dunia

Otomart – Di antara berbagai jenis mobil yang berseliweran di pasaran, ada satu jenis mobil yang paling diidam-idamkan oleh para pria maupun para wanita untuk dapat memilikinya, jenis mobil tersebut adalah jenis mobil balap atau mobil sport. Para artis, pejabat … Lihat Selengkapnya

Ini Tips Menangani Mesin Mobil Bergetar yang Benar

Otomart – Mengecek kondisi mobi secara rutin merupakan hal yang sangat perlu dilakukan agar kondisi mobil tetap prima dan baik terutama mesin mobil Anda. Jika Anda tidak rutin melakukan perawatan dan pengecekan secara berkala justru akan menyebabkan beberapa komponen mobil … Lihat Selengkapnya