Dampak Takata, Toyota Recall 40.280 Kendaraan di Indonesia

posted in: Artikel Mobil | 0 | Author : OTOMART

OTOMART, Jakarta – PT Toyota Astra Motor (TAM) bertanggung jawab penuh terhadap kinerja kendaraan yang telah beredar di tanah air. Termasuk kendaraan lama yang telah menggunakan airbag garapan Takata Jepang.

Kasus Takata semakin meresahkan pihak Toyoya untuk segera melakukan pengecekan dan perbaikan masal, terhadap produk yang sudah terlanjur beredar. Empat model Toyota dipastikan akan dilakukan recall, yakni Camry, Corolla, Vios dan Yaris keluaran tahun 2001 – 2008. Total semua yang direcall berkisar di angka 40.280 kendaraan.

Sebagai upaya mengatasi masalah komponen airbag pada keempat model tersebut, pihak Toyota melakukan program bertajuk Special Service Campaign (SSC) di Sunter, Jakarta Utara, Senin, 18 Juli 2016 lalu.

Henry Tanoto, Wakil Presiden Direktur PT TAM menjelaskan, mobil yang bermasalah, adalah Camry, Corolla, Vios, dan Yaris. Tahun produksinya dari 2001 hingga 2008.

“Dalam kampanye ini kami tidak hanya sekedar mengundang pelanggan untuk memastikan mobilnya dalam kondisi prima, tetapi poin utama kami berusaha untuk memantau secara berkelanjutan kondisi mobil dan memberikan kenyamanan pengguna,” ujar Henry di Sunter, Jakarta Utara, Senin (18/7/2016).

Langkah ini, lanjut, Henry merupakan instruksi dari prinsipal (Toyota Motor Corporation/TMC) yang meminta seluruh distributor untuk melakukan progam SSC. Aktivitas ini dilakukan begitu TAM mendapatkan informasi tersebut pada awal 2006.

Penggantian komponen airbag inflator membutuhkan waktu 2,5 jam dan tidak dipungut biaya. Untuk mengikuti program itu, konsumen bisa menghubungi costumer care TAM di nomor telepon 1-500-315 yang melayani selama 24 jam atau dapat masuk laman www.toyota.astra.co.id/ssc.

Bagi konsumen yang melakukan pengecekan via laman, konsumen hanya perlu memasukkan data, email, serta nomor telepon di laman Toyota astra. Setelah itu, akan muncul notifikasi yang menyatakan mobil masuk program atau tidak. Jika kendaraan masuk ke dalam program, maka konsumen dapat sefera menuju diler terdekat untuk dilakukan perbaikan.

Lantas bagaimana dengan mobil Toyota yang sudah menjadi pemilik tangan kedua? Tak masalah karena pemilik keduapun dapat menikmati layanan ini. Pelayanan bersifat menyeluruh dan di berbagai dealer.

“Program ini akan dilakukan secara gradual hingga seluruh mobil yang menjadi target diperbaiki. Prinsipnya, diler akan melayani semua unit mobil yang masuk program ini,” kata dia.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Jaga Persaingan, Mitsubishi Luncurkan Pajero 2019 di Cina

OTOmart – Guna menjaga pasar agar tetap kondusif hingga munculnya model terbaru, membuat Mitsubishi...

Perbedaan Mesin Avanza dan Mesin Xenia yang Perlu Diketahui

OTOmart – Ketika Anda berkendara di jalanan, tentu Anda tidak akan asing lagi dengan...

Mau Beli Mobil? Sebaiknya Lakukan Simulasi Kredit Mobil Dulu

Otomart – Pengaturan sistem keuangan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari tidaklah mudah, semua membutuhkan pengalaman...

Waspada! Bahaya Menaruh Botol Plastik Dalam Kabin Mobil

OTOmart – Jika Anda seringkali meninggalkan air minum dalam kemasan botol plastik di dalam...

5 Etika Pemasangan Lampu Kabut Yang Wajib Dipenuhi

OTOmart – Lampu kabut (fog lamp) merupakan salah satu komponen tambahan (aksesori) yang biasanya...

Tips Cara Merawat Sistem Transmisi Mobil Agar Tidak Rewel

OTOmart – Sebuah kendaraan bermotor dapat dipastikan tidak akan berjalan tanpa adanya girboks atau...