Dampak Takata, Toyota Recall 40.280 Kendaraan di Indonesia

posted in: Artikel Mobil | 0 | Author : OTOMART

OTOMART, Jakarta – PT Toyota Astra Motor (TAM) bertanggung jawab penuh terhadap kinerja kendaraan yang telah beredar di tanah air. Termasuk kendaraan lama yang telah menggunakan airbag garapan Takata Jepang.

Kasus Takata semakin meresahkan pihak Toyoya untuk segera melakukan pengecekan dan perbaikan masal, terhadap produk yang sudah terlanjur beredar. Empat model Toyota dipastikan akan dilakukan recall, yakni Camry, Corolla, Vios dan Yaris keluaran tahun 2001 – 2008. Total semua yang direcall berkisar di angka 40.280 kendaraan.

Sebagai upaya mengatasi masalah komponen airbag pada keempat model tersebut, pihak Toyota melakukan program bertajuk Special Service Campaign (SSC) di Sunter, Jakarta Utara, Senin, 18 Juli 2016 lalu.

Henry Tanoto, Wakil Presiden Direktur PT TAM menjelaskan, mobil yang bermasalah, adalah Camry, Corolla, Vios, dan Yaris. Tahun produksinya dari 2001 hingga 2008.

“Dalam kampanye ini kami tidak hanya sekedar mengundang pelanggan untuk memastikan mobilnya dalam kondisi prima, tetapi poin utama kami berusaha untuk memantau secara berkelanjutan kondisi mobil dan memberikan kenyamanan pengguna,” ujar Henry di Sunter, Jakarta Utara, Senin (18/7/2016).

Langkah ini, lanjut, Henry merupakan instruksi dari prinsipal (Toyota Motor Corporation/TMC) yang meminta seluruh distributor untuk melakukan progam SSC. Aktivitas ini dilakukan begitu TAM mendapatkan informasi tersebut pada awal 2006.

Penggantian komponen airbag inflator membutuhkan waktu 2,5 jam dan tidak dipungut biaya. Untuk mengikuti program itu, konsumen bisa menghubungi costumer care TAM di nomor telepon 1-500-315 yang melayani selama 24 jam atau dapat masuk laman www.toyota.astra.co.id/ssc.

Bagi konsumen yang melakukan pengecekan via laman, konsumen hanya perlu memasukkan data, email, serta nomor telepon di laman Toyota astra. Setelah itu, akan muncul notifikasi yang menyatakan mobil masuk program atau tidak. Jika kendaraan masuk ke dalam program, maka konsumen dapat sefera menuju diler terdekat untuk dilakukan perbaikan.

Lantas bagaimana dengan mobil Toyota yang sudah menjadi pemilik tangan kedua? Tak masalah karena pemilik keduapun dapat menikmati layanan ini. Pelayanan bersifat menyeluruh dan di berbagai dealer.

“Program ini akan dilakukan secara gradual hingga seluruh mobil yang menjadi target diperbaiki. Prinsipnya, diler akan melayani semua unit mobil yang masuk program ini,” kata dia.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Inilah Teknologi Dynamic Force Pada Mobil Toyota Terbaru

Otomart, Jakarta – Meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi emisi pada kendaraan saat ini menjadi tuntutan produsen mobil. Namun tidak berhenti sampai disitu, kinerja (performa) mesin juga harus tetap mumpuni. Melihat kondisi tersebut, Toyota saat ini sedang merombak teknologi mesinnya … Lihat Selengkapnya

Lakukan Berbagai Cara Ini Agar Mobil Irit Bensin

Otomart, Jakarta – Sehebat apapun Anda dalam menerapkan Teknik menyetir eco driving, tetap saja tujuan untuk dapat mengirit penggunaan bahan bakar tidak akan maksimal jika Anda tidak melakukan beberapa persiapan. Ada beberapa persiapan yang perlu Anda ketahui serta menjadi dasar … Lihat Selengkapnya

Ternyata Inilah Penyebab Sistem Pendingin Mobil Bermasalah

Otomart, Jakarta – Sistem pendingin pada kendaraan sangatlah penting peranannya, sehingga sangat perlu untuk menjaga kestabilan suhu kerja mesin. Bayangkan jika sistem pendingin mobil bermasalah atau mengalami kerusakan, tentunya akan membuat mesin semakin panas sehingga akan menyebabkan komponen pada mesin … Lihat Selengkapnya