Dampak Menggunakan Tutup Radiator Di Bawah Spesifikasi

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
tutup radiator
Ilustrasi (Komunitas Mitsubishi Kuda Semarang)

OTOmart – Radiator merupakan komponen mobil yang berfungsi untuk mendinginkan mesin agar tidak terjadi overheat (kepanasan) saat mobil berjalan. Karena itu, penting bagi Anda untuk selalu mencegah agar tidak terjadi kebocoran air radiator pada mesin mobil Anda. Salah satu komponen yang perlu Anda perhatikan adalah tutup radiator.

Perlu Anda ketahui, tutup radiator ternyata mempunyai kode angka yang menunjukkan besarnya tekanan aliran air radiator dari atau menuju antara tabung reservoir serta komponen radiator lainnya dalam satuan bar, seperti 1,0 atau 1,1.

Baca Juga: Ternyata Ini Penyebab Kipas Radiator Tidak Berfungsi!

Seperti diketahui, ketika sistem pendingin mesin bekerja saat mesin dalam kondisi panas, maka air yang berada di dalam radiator akan menghasilkan tekanan dan bersirkulasi di dalam komponen mesinnya.

Kondisi ini tentu secara otomatis akan membuat jumlah air yang berada di dalam komponen radiator berkurang sehingga membuar air cadangan yang berada di dalam tabung reservoir tersedot untuk mengisi kekurangan pada radiator dan akan kembali lagi ke dalam tabung reservoir jika jumlah tampungan air telah cukup.

“Jika kode angka pada tutup radiator telah tertulis 1,1, berarti air radiator ini menghasilkan tekanan sebesar 1,1 bar atau kekuatan tekanan airnya sebesar 1,1 kg per centimeter kubik volume airnya,” ucap Service Advisor Mitsubishi wilayah Slipi, Faroni, seperti dilansir laman Otoseken.com.

Jadi jika terdapat 1 liter air radiator yang melewati tutup tersebut, maka setiap centimeter kubik air yang lewat menghasilkan dorongan atau kekuatan tekanan air sebesar 1,1 kg pada bagian karet tutupnya.

“Di setiap mobil tentu berbeda-beda untuk besaran tekanannya. Karena itu, wajib menggunakan tutup sesuai dengan spesifikasi standar,” terang Faroni lagi.

Karena itu, jika Anda hendak memasang tutup dengan kode angka di bawah spesifikasi standar akan menghasilkan dampak yang sangat buruk bagi performa mesin mobil.

“Paling kelihatan itu bakal terjadi kebocoran air radiator ketika sistem pendingin mesin bekerja,” ungkap Faroni lagi.

Baca Juga: Tips Merawat Radiator Mobil Agar Tidak Jebol Karena Overheat

Contohnya, jika spesifikasi standar radiator mobil mempunyai tekanan sebesar 1,1 bar, lalu dipasang menggunakan tutup radiator sebesar 1,0 bar, maka yang terjadi adalah karet pada tutup radiator tidak akan dapat menahan kelebihan tekanan sebesar 0,1 bar atau berarti aka nada 0,1 kg per cm kubik air radiator yang akan keluar dari tutup.

“Kalau dibiarkan terus menerus, maka akan membuat air radiator lebih cepat berkurang karena terjadi kebocoran dari tutup radiatornya,” ucap Faroni lagi.

Jika kondisi kebocoran ini dibiarkan, akan mengurangi kinerja pendinginan pada mesin sehingga potensi mesin mobil mengalami overheat menjadi semakin besar.

Jika Anda sedang mencari mobil bekas berkualitas dengan cicilan kredit yang mudah, aman dan transparan, segera kunjungi website www.otomart.id. Karena kami selalu siap membantu mewujudkan impian Anda untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas terbaik.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Kartu Tol Hilang Saat Berada Di Jalan Tol? Ini Cara Penyelesaiannya

OTOmart – Diberlakukannya sistem pembayaran cashless pada pengguna jalan tol, tentunya perlu disadari secara...

Ford Everest Bekas, Tenaga Badak Harga Mulai Rp 70 Jutaan

OTOmart – Meski telah lama hengkang dari pasar otomotif tanah air, beberapa produk dari...

Chevrolet Trax Bekas Kini Harganya Mulai Dari Rp 150 Jutaan

OTOmart – Anda sedang mencari mobil SUV bekas namun tidak ingin agar bodinya tidak...

Resmi Meluncur, Berikut Spesifikasi dan Harga Lengkap KIA Seltos

OTOmart – Di awal tahun 2020, PT Kreta Indo Artha (KIA) melakukan gebrakan dengan...

Model Mobil Ini Harganya Anjlok Tapi Banyak Peminat

OTOmart – Sejumlah model mobil baik MPV ataupun SUV yang berasal dari berbagai merek...

Ini Perubahan Yang Dilakukan Suzuki Pada All New Ertiga 2020

OTOmart – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di awal tahun 2020 melakukan gebrakan dengan...