Segera Cuci Mobil Anda Setelah Kena Air Hujan, Ini Alasannya

posted in: Berita Mobil | 1 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
cuci mobil
Bersihkan segera mobil Anda setelah terkena air hujan (Pixabay)

OTOmart – Menjelang musim penghujan, sebaiknya bagi para pemilik kendaraan berusaha untuk tetap merawat dan menjaga kendaraannya secara hati-hati. Salah satunya adalah pada air hujan yang menempel di bodi mobil Anda. Cara yang paling mudah adalah dengan datang ke tempat cuci mobil untuk membersihkan mobil Anda. Lalu apakah setiap hujan Anda harus selalu ke tempat cuci mobil tersebut?

Baca Juga: Lakukan Tips Merawat Mobil Ini Saat Musim Hujan Datang

Air hujan yang menempel di bagian bodi mobil seharusnya tidak boleh dibiarkan hingga kering. Sebab, dapat menimbulkan jamur untuk efek dalam jangka waktu dekat hingga akhirnya membuat warna cat menjadi lebih cepat kusam atau pudar.

Apalagi jika setelah terkena air hujan, tiba-tiba cuaca menjadi panas sehingga menyebabkan air tersebut kering dengan sendirinya akibat panasnya sinar matahari. Kondisi tersebut membuat jamur menjadi lebih cepat timbul sehingga membuat penampilan bodi mobil Anda menjadi tidak sedap dipandang.

CEO Makko Group, Christopher Sebastian menganjurkan kepada para pemilik mobil jika mobilnya terkena air hujan untuk segera membasuhnya menggunakan air rumah, baru kemudian dilap hingga mengering kembali.

“Jika tidak dilakukan, maka semakin besar juga potensi timbulnya jamur di kaca hingga ke bodi,” terang Christopher, seperti dilansir laman Kompas.com.

Selain itu, penggunaan lap pun juga harus dibedakan, baik untuk yang eksterior maupun interior. Alasan utamanya adalah jika menggunakan satu lap saja, maka kemungkinan munculnya goresan-goresan kecil pada bagian kaca atau bodi mobil juga semakin besar.

“Karena itu, sebaiknya lap untuk bagian setengah bodi ke bawah hingga ke atas tersebut dipisah. Untuk kaca juga dibedakan lagi, begitu juga untuk bagian interiornya. Jika semuanya disatukan, maka tentunya akan mendatangkan banyak masalah, karena itu sebaiknya dipisahkan saja,” terang Christopher lagi.

Baca Juga: Tips Cara Mengatasi Kaca Mobil Berembun Ketika Hujan

Itulah tips mengapa seharusnya Anda menuju tempat cuci mobil untuk segera membersihkan mobil Anda yang terkena air hujan dan kotoran. Sebab, biasanya tempat cuci mobil selalu mempunyai lap yang berbeda baik untuk bagian interior dan eksterior mobil Anda sehingga tentunya dapat membuat mobil Anda bersih dan terjaga dari goresan-goresan pada bagian body mobil Anda.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Ini Alasan Daihatsu Sigra Lebih Laris Dibanding Calya

OTOmart – Daihatsu Sigra dan Toyota Calya facelift telah secara resmi meluncur pada awal...

Mau Membeli Mobil Bekas? Begini Cek Kondisi Airbagnya

OTOmart – Salah satu fitur keselamatan penting yang harus dimiliki oleh mobil modern saat...

5 Perbedaan Daihatsu Sigra Facelift Vs Calya Facelift

OTOmart – Setelah tiga tahun meluncur, mobil hasil kolaborasi antara Toyota dan Daihatsu, yaitu...

Cari Harga Mobil Bekas di Bawah Rp 80 Juta? Ini Daftarnya!

OTOmart – Punya dana Rp 80 jutaan dan mempunyai keinginan membeli mobil bekas? Mungkin...

Resmi Meluncur, Ini Spesifikasi Dan Harga New Sigra Facelift 2019

OTOmart – Setelah 3 tahun lamanya tidak diberikan perubahan, kini mobil andalan PT Astra...

Siap Dirilis, Ini Spesifikasi New Sigra dan New Calya Facelift 2019

OTOmart – Setelah lama tidak mendapatkan pembaruan, dua produk kembar milik Toyota dan Daihatsu,...