Datsun Cross Gunakan Platform Berbasis Datsun GO+ Panca

posted in: Berita Mobil | 1 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
datsun go+
Sumber: Lampung Post

OTOmart – Setelah lama vakum, akhirnya Datsun Indonesia telah secara resmi merilis produk terbarunya yang diberi nama Cross. Mobil ini menggunakan basis mobil LCGC yaitu Datsun Go+. Mobil terbaru Datsun di Indonesia ini ternyata mempunyai perbedaan yaitu digunakannya transmisi otomatis berjenis CVT yang sebelumnya belum pernah dilakukan oleh Datsun pada berbagai produk sebelumnya. Selain itu, desain mobil terbaru ini juga tampak lebih modern dan berbentuk compact crossover. Meskipun tidak masuk dalam kategori mobil murah, namun harga jual mobil ini diprediksi dijual dengan harga yang cukup murah, mulai dari Rp 163 juta hingga Rp 175 juta.

Jika dilihat secara desain, Datsun Cross mengambil garis-garis milik Datsun Go+ akan tetapi aura dan kesan aventure cukup kuat dengan dimensinya yang lebih besar. Karakter tersebut muncul dari fog lamp yang diposisikan agak tinggi. Selain itu, bagian bumper diberikan nuansa agresif karena dipasangkan dengan roof rail. Mobil ini mempunyai ground clearance yang tingginya hampir menyamai produk SUV, yaitu 200 mm dan didukung dengan velg berukuran 15 inci dengan ban 175/65.

Baca Juga: Resmi! Datsun Cross Meluncur di Indonesia, Ini Harga Datsun Cross

Untuk fiturnya, Cross telah dilengkapi dengan fitur terkini dan pertama yang ada dikelasnya, yaitu teknologi Vehicle Dynamic Control (VDC). Teknologi tersebut akan menjadi standar untuk Datsun Cross barik yang bertransmisi manual maupun CVT. Perangkat ini pun telah dikendalikan oleh komputer dan sensor sehingga memudahkan para pengemudi dalam berkendara. Selain itu, Datsun juga melengkapi Cross dengan berbagai fitur lainnya, seperti anti-lock braking system (ABS), electronic brake distribution disertai dengan brake assist (EBD with BA), traction control system (TCS), dan brake-limited slip diffential (B-LSD).

Fitur standar yang biasanya terdapat pada mobil keluaran terbaru pun tidak luput disematkan pada Cross, antara lain yaitu airbag ganda yang dilengkapi dengan lampu depan otomatis. Untuk fitur entertainmentnya, Datsun memberikan Cross dengan layar sentuh berukuran 6,75 inci yang telah dilengkapi dengan Bluetooth, USB, AUX yang dapat dikoneksikan dengan smartphone Anda.

Disektor performanya, Datsun memberikan Cross dengan mesin 3 silinder 1,2 liter sehingga mampu memberikan tenaga sebesar 78 hp dan torsi maksimal sebesar 104 Nm untuk transmisi CVT. Sedangkan untuk tipe manualnya, mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 68 hp dengan torsi sebesar 104 Nm.

Baca Juga: Datsun Cross Dipastikan Miliki Transmisi CVT

Eiichi Koito, Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia (NMI) mengatakan bahwa Datsun Cross akan dibanderol dengan harga mulai dari Rp 163 juta untuk tipe transmisi manual dan Rp 175 juta untuk tipe X-tronic CVT. Sedangkan untuk proses pendistribusian pertama mobil ini akan dilakukan pada bulan Maret mendatang.

“Datsun datang dengan Cross yang menawarkan tujuh warna pilihan. Diantaranya yaitu dua warna metalik terbaru, yaitu warna Amber dan Copper,” ucap Koito.

Lima warna lain yang tersedia dari Cross adalah Silver, Gray, White, Black dan Ruby. Koito juga mengatakan, meskipun Cross menggunakan basis yang sama dengan Datsun GO+ Panca, akan tetapi mobil ini mempunyai aura petualangan yang kental. Selain itu, mobil ini juga dipenuhi dengan berbagai fitur keamanan terkini dan pertama yang ada di kelasnya.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

5 Perbedaan Daihatsu Sigra Facelift Vs Calya Facelift

OTOmart – Setelah tiga tahun meluncur, mobil hasil kolaborasi antara Toyota dan Daihatsu, yaitu...

Cari Harga Mobil Bekas di Bawah Rp 80 Juta? Ini Daftarnya!

OTOmart – Punya dana Rp 80 jutaan dan mempunyai keinginan membeli mobil bekas? Mungkin...

Resmi Meluncur, Ini Spesifikasi Dan Harga New Sigra Facelift 2019

OTOmart – Setelah 3 tahun lamanya tidak diberikan perubahan, kini mobil andalan PT Astra...

Siap Dirilis, Ini Spesifikasi New Sigra dan New Calya Facelift 2019

OTOmart – Setelah lama tidak mendapatkan pembaruan, dua produk kembar milik Toyota dan Daihatsu,...

Begini Cara Mudah Mengetahui Kampas Kopling Matik Bermasalah

OTOmart – Saat ini pengguna kendaraan yang menggunakan sistem transmisi matik marak digunakan, terutama...

Biaya Rekondisi Sokbreker Mobil Ternyata Mulai Dari Rp 1 Jutaan

OTOmart – Salah satu komponen penting pada bagian kaki-kaki kendaraan adalah sokbreker. Selain berfungsi...