Wuling Klaim Cortez Mempunyai 50 Persen Komponen Lokal

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah

lokal

OTOmart – Wuling yang notabene-nya merupakan pemain baru di dunia otomotif tanah air, telah merilis produk terbarunya, Cortez yang langsung menjadi penantang serius dari Toyota Innova untuk kelas Medium MPV. Cortez merupakan produk kedua Wuling yang diproduksi di Indonesia. Wuling mengklaim bahwa 50 persen komponen yang terdapat pada Cortez merupakan komponen lokal yang berkualitas. Namun, angka ini nyatanya sangat rendah jika dibandingkan dengan Innova, dimana komponen yang terdapat pada Innova telah mencapai angka 85%. Lalu apakah Cortez mampu melampaui Innova?

Jawabannya tentu tidak. Wuling Motors Indonesia yang diwakili oleh Dian Ashmani mengatakan. “Komponen lokal yang terdapat pada Wuling Cortez sudah sekitar 50 persen. Namun, saya tidak hapal bagian mana sajakah yang telah dilokalnya. Namun yang jelas, masih ada beberapa komponen yang saat ini masih kami lakukan impor, terutama dari negara asal kami, yaitu Cina,” ucapnya, seperti dilansir laman Oto.com.

Baca Juga: Ini Mobil Yang Bakal Terusik Dengan Kehadiran Cortez

Dian juga menambahkan bahwa komponen yang saat ini masih diimpor untuk disematkan pada Cortez diantaranya adalah pada bagian mesin dan kelistrikan. Dengan pencapaian sebanyak 50 persen komponen lokal, hal itu menurutnya sudah lebih dari cukup. Sebab, Wuling merupakan pemain baru untuk pasar mobil Indonesia dan baru saja memulainya di pertengahan tahun lalu.

“Kita ini kan masih baru, jadi dengan 50 persen komponen lokal itu, menurut kami lebih dari cukup. Namun ke depannya tentu akan bertambah, tapi bagian apa serta sampai berapa persennya kami juga belum tahu. Tapi kami pastikan akan terus bertambah, sesuai dengan komitmen Wuling dalam strategi jangka panjang di Indonesia,” tambah Dian.

Yang perlu diperhatikan adalah, dengan bertambahnya konten lokal, pada umumnya akan berujung pada harga jual kendaraan yang lebih murah. Dengan level yang saat ini dimiliki oleh Cortez saja sudah sangat jauh lebih murah dibandingkan dengan Innova. Tentu jika kandungan lokal semakin ditingkatkan, maka harga Medium MPV Wuling ini dapat lebih terjangkau lagi.

Ucapan Dian sepertinya bukan isapan jempol belaka. Sebab, selain telah mempunyai pabrik puluhan hektar yang berada di Cikarang, lahirnya produk Wuling Cortez di Indonesia dengan harga yang terbilang murah membuat pabrikan asal Cina ini semakin percaya diri. Hal ini dibuktikan dengan target penjualan yang mereka tingkatkan menjadi 30.000 unit di tahun 2018 ini.

Baca Juga: Wuling Umumkan Secara Resmi Harga Mobil Wuling Cortez

Berbagai produk yang diciptakan oleh Wuling sekarang ini dapat didistribusikan kepada para konsumennya dengan sangat mudah melalui lebih dari 50 jaringan dealer yang ada di seluruh Indonesia, terutama yang ada di kota-kota besar. Hal ini tentu akan membuat para konsumennya semakin mudah dalam membeli dan mengurusnya. Salah satu buktinya adalah dengan terjualnya produk pertama Wuling, yaitu Confero sebanyak 5.050 unit di tahun 2017 lalu hanya dalam waktu empat bulan. Bagi sebuah nama baru, angka tersebut bukanlah angka yang kecil.

Namun tetap saja sebagi pemain baru, langkah Wuling masihlah sangat panjang sebagai pembuktian dirinya. Semoga saja dengan memperbanyak komponen lokal serta jaringan dealer semakin banyak dapat membuat konsumen Indonesia semakin percaya untuk menggunakan Wuling. Sebab, hingga saat ini langkah yang dilakukan oleh Wuling dengan mendirikan pabrik dan menjual mobil murah dianggap sudah benar.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Daftar Harga Toyota Sienta Bekas Agustus 2018

OTOmart – Toyota dikenal sebagai pabrikan otomotif yang mempunyai banyak pilihan model mobil, mulai...

Toyota Berikan Diskon Besar Bagi Avanza di GIIAS 2018

OTOmart – Momen pameran otomotif GIIAS 2018 tidak disia-siakan oleh para pabrikan otomotif untuk...

Siapa Sangka Ternyata Hawa Udara Pemicu Bodi Mobil Berkarat

OTOmart – Karat atau korosi yang terjadi pada mobil merupakan salah satu masalah yang...

5 Mobil City Car Terpopuler di Gelaran GIIAS 2018

OTOmart – Walaupun bukan termasuk ke dalam pasar utama otomotif Indonesia, city car serta...

Suzuki Jimny Jadi Bintang di Gelaran GIIAS 2018

OTOmart – Sebagai salah satu mobil klasik di era 80-an, Suzuki Jimny tampil kembali...

Keistimewaan Daihatsu Terios Custom di GIIAS 2018

OTOmart – Dalam gelaran GIIAS 2018 kemarin, Terios Custom untuk pertama kalinya ditampilkan oleh...