Coating Sapphire Serum dan Ceramic Serum, Mana Yang Lebih Baik?

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
coating
Ilustrasi

OTOmart – Coating saat ini telah menjadi salah satu kebutuhan utama para pemilik mobil. Coating dilakukan karena dianggap mampu melindungi cat original dari pabrikan mobil sekaligus memberikan efek kilap pada permukaan mobil tersebut. Terdapat dua jenis serum coating yang ada saat ini, yaitu Sapphire Serum dan Ceramic Serum. Lalu apakah perbedaan dari kedua serum coating tersebut?

Baca Juga: Tips Membuat Cat Mobil Agar Tetap Terlihat Mengkilap

Menurut Presiden Direktur Topcoat Indonesia, Christopher Sebastian mengatakan jika Sapphire Serum merupakan salah satu bahan kimia yang sama seperti yang digunakan di bahan kaca pada jam tangan. “Kaca ini semuanya berawal dari cairan kimia. Teknologi inilah yang tengah kami gunakan,” ucap Christopher, seperti dilansir laman Otodriver.

Apabila teknologi Sapphire Serum ini digunakan pada cat mobil, maka akan membuat pori-pori cat menutup dan memberikan satu kali lapisan tambahan layaknya kaca. Pengaplikasian tersebut, akan memberikan efek kilap pada cat mobil layaknya sebuah kaca dalam jangka waktu yang cukup lama, serta mempunyai sifat hydrophobic.

“Sapphire Serum milik kami mempunyai kekuatan 9H+5MOHS, mengapa ada MOHS? Karena terdapat satuan kaca pada serum kami,” ucap Christopher lagi.

Berbeda dengan Sapphire Serum, Ceramic Serum menggunakan material berbahan dasar silika, sehingga tingkat kerapatannya lebih tinggi jika dibandingkan dengan pelindung cat mobil biasa. Hal ini membuat kotoran, debu, serta residu akan semakin sulit untuk dapat masuk ke dalam bagian pori-pori cat mobil. Hal inilah yang membuat nano ceramic menjadi lebih tahan lama untuk melindungi cat mobil Anda.

Cairan atau bahan tersebut nantinya akan diaplikasikan ke permukaan cat mobil, dan disertai dengan penambahan beberapa stiker-stiker film pada bagian ujung pintu mobil. Hal ini nantinya akan memberikan perlindungan pada cat mobil Anda secara lebih maksimal serta dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Baca Juga: Lakukan Tips Merawat Mobil Ini Saat Musim Hujan Datang

“Kalau untuk Ceramic, mungkin sudah banyak bengkel coating di luar sana yang tahu. Namun untuk kualitasnya, tentu lebih bagus Sapphire, karena harga jualnya juga lebih mahal,” terang Christopher.

Sebagai distributor, Topcoat pun mengklaim jika saat ini di Indonesia, belum ada satu pun bengkel Coating yang menggunakan Sapphire Serum. Hal inilah yang membuat Sapphire Serum menjadi generasi terbaru cairan coating setelah Ceramic.

Jika Anda ingin mendapatkan berita-berita terbaru seputar Otomotif atau ingin mencari dan melakukan kredit mobil bekas berkualitas terbaik di seluruh dealer mobil bekas di Indonesia, kunjungi situs Otomart.id. Kami siap membantu Anda mewujudkan impian Anda.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Spesifikasi dan Harga Resmi Mitsubishi Xpander Cross

OTOmart – Setelah hanya muncul di dunia maya saja dengan berbagai spekulasi yang menyertainya,...

Toyota Fortuner Bekas, Pilihan Terbaik Untuk ‘Naik Kelas’

OTOmart – Bagi sebagian masyarakat Indonesia, membeli mobil bekas dengan harga yang terjangkau merupakan...

Ternyata Ini Alasan Peminat Mobil Yaris Mengalami Penurunan

OTOmart – Penjualan mobil berjenis hatchback di pasar otomotif Indonesia tengah mengalami penyusutan sepanjang...

Musim Hujan Tiba, Sebaiknya Segera Ganti Karet Wiper Anda!

OTOmart – Setelah didera musim kemarau yang berkepanjangan, kini tanah air mulai memasuki musim...

Tips Agar Tidak Mudah Lelah Saat Berkendara Jarak Jauh

OTOmart – Ketika berkendara, para pengemudi harus terus waspada terutama dengan kondisi disekelilingnya. Bukan...

Ini Hasil Perbandingan Akselerasi Avanza Bekas Manual Vs Matik

OTOmart – Sejak kemunculannya di akhir tahun 2003 lalu, Toyota Avanza sendiri mempunyai dua...