Usai Mudik, Sebaiknya Cek Komponen Mobil Ini Biar Performa Tetap Optimal

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
komponen mobil
Ilustrasi (Pixabay)

OTOmart – Setelah melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman, kini saatnya Anda kembali menjalani aktifitas seperti biasanya. Namun, sebelum Anda melakukan aktifitas keseharian Anda, sebaiknya Anda mengecek beberapa komponen mobil yang telah Anda gunakan selama mudik, terutama setelah digunakan untuk perjalanan panjang.

Hal ini dilakukan agar tidak kondisi mobil Anda tetap dalam kondisi prima saat digunakan beraktifitas. Berikut ini adalah beberapa komponen mobil yang wajib Anda lakukan pengecekan, mulai dari bagian mesin, kaki-kaki hingga bagian interiornya.

Baca Juga: Tips Mengecek Freon AC Mobil Biar Kabin Tetap Dingin

1. Pengecekan Mesin

  • Pemeriksaan oli mesin merupakan komponen mobil pertama yang perlu Anda periksa. Cek apakah jumlah oli mesin berkurang atau tidak. Jika oli mesin berkurang, maka sebaiknya segera Anda tambah atau melakukan penggantian oli mesin yang baru agar performa mesin mobil tetap optimal dan prima.
  • Pemeriksaan filter oli. Langkah selanjutnya adalah melakukan pemeriksaan filter oli. Sangat disarankan untuk mengganti filter oli lebih cepat meskipun filter tidak terlalu kotor. Hal ini untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, mengganti filter oli lebih cepat tentunya juga akan lebih bagus terhadap performa mesin mobil Anda.
  • Pemeriksaan radiator. Komponen lain yang perlu Anda cek selanjutnya adalah radiator. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa suhu mesin mobil tetap dingin. Pemeriksaan yang dilakukan meliputi pengecekan kebocoran, pengurasan serta penggantian air. Jarak ideal untuk melakukan penggantian air radiator sekitar 10.000 km.
  • Pemeriksaan volume minyak rem. Jika volume minyak rem berkurang, maka sebaiknya Anda menambahkan hingga ke batas maksimum.
  • Pemeriksaan timing belt. Komponen ini merupakan salah satu komponen penting yang fungsinya untuk meneruskan putaran roda-roda gigi yang terhubung langsung ke bagian internal mesin. Karena itu, sebaiknya sebelum menggunakan mobil untuk aktifitas keseharian, Anda mengecek komponen ini. Jangan sampai menunggu hingga terdengar suara berdecit atau bising.

2. Pengecekan Kaki-Kaki

Pengecekan pada bagian kaki-kaki mobil ini perlu untuk dilakukan, mengingat selama melakukan perjalanan mudik, mobil Anda banyak menghantam jalan berlubang dan bebatuan. Hal ini biasanya akan membuat kondisi pada roda mobil tidak lagi sejajar seperti biasanya. Karena itu, sebaiknya Anda melakukan spooring dan balancing pada bagian roda mobil.

Baca Juga: Tips Merawat Radiator Mobil Agar Tidak Jebol Karena Overheat

3. Pengecekan bagian eksterior

Selain beberapa komponen mobil yang telah disebutkan di atas, Anda juga sebaiknya memeriksa bagian bodi mobil Anda, terutama pada bagian kaca mobil. Cek apakah bagian kaca mobil aman dari serangan jamur. Cat mobil juga sebaiknya tidak luput dari pengecekan Anda. Sebab, biasanya kotoran dan residu yang terjadi selama perjalanan mudik dapat menyebabkan jamur sehingga cat mobil tidak tampak cerah dan terlihat kusam.

4. Pengecekan bagian interior

Selain bagian eksterior, komponen mobil lain yang perlu diperhatikan juga pada bagian interior mobil, seperti kebersihan kabin dari kotoran sisa-sisa makanan pasca mudik. Selain itu, bersihkan juga bagian dasbor serta bagian lantai, karpet dan sela-sela jok mobil Anda menggunakan vakum cleaner. Khusus untuk bagian jok mobil, sebaiknya Anda menggunakan cairan pembersih yang tepat untuk menghilangkan noda-noda yang terdapat di bagian jok mobil Anda.

Sumber: Jawa Pos

Jika Anda sedang mencari mobil bekas berkualitas dengan cicilan kredit yang mudah, aman dan transparan, segera kunjungi website www.otomart.id. Karena kami selalu siap membantu mewujudkan impian Anda untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas terbaik.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Gunakan Per All New Rush, Modifikasi Avanza Ini Justru Lebih Elegan

OTOmart – Toyota Avanza hingga saat ini masih menjadi salah satu kendaraan yang paling...

Sambut HUT RI Ke-74, Auto2000 Gelar Promo Mobil Toyota

OTOmart – Memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, Auto2000 yang merupakan diler resmi untuk...

Aplikasi e-Uji Emisi, Tampilkan Lokasi Resmi Uji Emisi Kendaraan

OTOmart – Setelah mengeluarkan instruksi gubernur beberapa hari yang lalu mengenai uji emisi kendaraan...

Mau Lulus Uji Emisi Kendaraan? Coba Lakukan Tips Ini

OTOmart – Setelah DKI Jakarta masuk ke dalam kota dengan kualitas udara terburuk di...

Auto2000 Usulkan Toyota HiAce Jadi Kendaraan Pengganti Angkot

OTOmart – Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta telah mulai mensosialisasikan perluasan sistem ganjil genap...

Ini Keuntungan Menggunakan Garansi Mobil Bekas

OTOmart – Hingga kini masih banyak masyarakat Indonesia yang salah kaprah mengenai perbedaan antara...