Carlos Ghosn Pemimpin Nissan, Renault, dan Mitsubishi

posted in: Artikel Mobil | 1 | Author : OTOMART

OTOMART, Jakarta – Pasca Nissan-Renault membeli 34 persen saham pabrik Mitsubishi, menjadi tantangan baru bagi seorang Carlos Ghosn. Pria berusia 62 tahun ini, sudah bisa dikatakan sebagai pimpinan perusahaan (khususnya otomotif roda empat) tersibuk di dunia. Kesepakatan pembelian saham ini sekaligus memperpanjang kerja sama antara Nissan dan perusahaan raksasa asal Jepang itu selama 5 tahun terakhir dalam memproduksi berbagai model compact car.

http://www.otosia.com/
http://www.otosia.com/

Ghosn, dengan julukan ‘le cost killer’ mempunyai catatan brilian. Ia sukses membangkitkan Nissan dari kebangkrutan pada 1999 dan punya peran penting di Renault sejak 2005. Dan kesempatan kali ini, Ghosn diharapkan dapat membangkitkan Mitsubishi kembali seperti semula dan mencari solusi atas kerugian 28 miliar yen akibat manipulasi bahan bakar.

“Dia sukses menyelamatkan Renault pada 1990 dan melakukan banyak hal di Nissan. Jadi saya yakin Mitsubishi Motors jadi tantangan baru buatnya,” tutur analis dari CLSA Christopher Richter.

Ghosn memiliki keyakinan kuat dan alasan jelas terkait keputusannya untuk berinvestasi di Mitsubishi. Alasannya karena merek berlambang tiga berlian ini memiliki cengkeraman yang cukup kuat di Asia Tenggara, punya kemampuan baik di teknlogi mobil kecil, dan mesin plug-in hibrida. Lebih dari itu, Ghosh juga menaruh kepercayaan kepada Presiden Mitsubishi, Osamu Masuko.

Kehadiran Ghosn di Mitsubishi sebagai salah satu chairman (ketua) membuat saham Mitsubishi meningkat 11 persen menjadi 536 yen atau Rp 67.262 per lembar saham. Kenaikan ini merupakan yang tertinggi sejak 24 Juni 2016 lalu.

Dalam skema kerjasama ini, Nissan akan mengirimkan 11 direkturnya ke Mitsubishi di mana Ghosn menjadi salah satunya. Namun, pihak Nissan masih meminta Osamu Masuko, tetap menjadi presiden Mitsubishi.

Pada Mei 2016, Nissan mengatakan akan membeli 34 persen saham dari MMC atau 237 miliar yen sebelum Mitsubishi terkendala kasus manipulasi konsumsi bahan bakar. Akibat kejadian ini, Kementerian Transportasi Jepang meminta Mitsubishi Motor menghentikan penjualan delapan model kendarannya, termasuk dua model dibuat untuk Nissan. Kejadian ini tidak menghentikan rencana NMC mengakuisi saham MMC yang diperkirakan selesai akhir tahun ini.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Perbedaan Mesin Avanza dan Mesin Xenia yang Perlu Diketahui

OTOmart – Ketika Anda berkendara di jalanan, tentu Anda tidak akan asing lagi dengan...

Mau Beli Mobil? Sebaiknya Lakukan Simulasi Kredit Mobil Dulu

Otomart – Pengaturan sistem keuangan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari tidaklah mudah, semua membutuhkan pengalaman...

Waspada! Bahaya Menaruh Botol Plastik Dalam Kabin Mobil

OTOmart – Jika Anda seringkali meninggalkan air minum dalam kemasan botol plastik di dalam...

5 Etika Pemasangan Lampu Kabut Yang Wajib Dipenuhi

OTOmart – Lampu kabut (fog lamp) merupakan salah satu komponen tambahan (aksesori) yang biasanya...

Tips Cara Merawat Sistem Transmisi Mobil Agar Tidak Rewel

OTOmart – Sebuah kendaraan bermotor dapat dipastikan tidak akan berjalan tanpa adanya girboks atau...

Tips Cara Mengetahui Perbedaan Kapasitas Mesin Mobil

OTOmart – Fungsi utama kapasitas mesin terhadap kinerja mobil adalah pada kemampuannya dalam mengatur...