Cara Merawat Wiper Agar Tetap Awet dan Tahan Lama

posted in: Artikel Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
wiper
Sumber: Getty Images

OTOmart – Kaca depan mobil atau yang sering disebut windshield merupakan media pendukung visibilitas bagi pengendara mobil sekaligus befungsi sebagai penepis angina. Jika kaca depan mobil tersebut kotor dan bernoda, tentu akan mengganggu visibilitas Anda sebagai pengemudi dan tentunya hal ini tidak nyaman bahkan cenderung membahayakan. Karena itulah kaca depan diberikan wiper.

Wiper mempunyai fungsi yang tidak dapat disepelekan begitu saja, sebab wiper yang buruk justru akan membuat pengemudi merasa tidak nyaman, apalagi saat musim hujan seperti sekarang ini. Jika tidak dirawat akan menyebabkan karet mengeras dan getas sehingga menyebabkan usapannya tidak maksimal, bahkan yang lebih parahnya lagi akan menyebabkan goresan pada bagian kaca mobil Anda.

Lalu bagaimanakah cara menjaga agar wiper mobil tetap dalam kondisi baik? Berikut ini adalah beberapa cara mudah dalam merawat dan mengganti wiper sehingga tetap awet.

Hindari dari kaca mobil panas

Baca Juga: Tips Berkendara Saat Hujan Yang Perlu Diketahui Pengemudi

Saat mobil diparkir di tempat yang langsung terkena sinar matahari, sebaiknya angkat wiper dari kaca mobil tersebut, sebab panas dari matahari akan membuat suhu permukaan kaca akan meningkat dan akan diserap oleh karetnya. Jika bagian karet ini dipanaskan secara terus-menerus, maka akan membuatnya cepat rusak.

Bersihkan karet secara berkala

Sangat disarankan untuk membersihkan karetnya secara berkala meskipun mobil tersebut jarang digunakan. Cara membersihkannya pun sangat mudah, cukup menggunakan kain halus berwarna cerah yang telah dibubuhi dengan alkohol. Kain yang sudah dibubuhi alkohol tersebut diusapkan pada permukaan karet searah memanjang. Lakukan cara ini selama beberapa kali dan Anda tentu dapat melihat kotoran yang menempel pada kain tersebut.

Kenali dan pahami kondisi

Untuk dapat mengetahui kondisinya, Anda dapat menggerakkannya ke arah yang berlawanan saat menyeka. Jika hal itu dapat dilakukan, maka dapat dipastikan bahwa kondisinya masih lentur dan fleksibel. Selain itu, rabalah permukaan karet untuk mendeteksi apakah karet dalam kondisi bagus atau tidak. Jika kondisi karet kaku, keras, atau permukaannya kasar, maka sebaiknya Anda segera menggantinya.

Ganti wiper

Baca Juga: Lakukan Tips Merawat Mobil Ini Saat Musim Hujan Datang

Ada dua hal yang dapat Anda lakukan untuk mengganti wiper. Pertama, ganti satu set utuh dimana di dalamnya terdapat karet serta bilah dudukan karet. Kedua cukup mengganti karetnya saja. Jika Anda mengganti satu set, Anda perlu mengetahui jenis dan ukurannya, caranya dengan menanyakan langsung kepada penjual aksesoris aftermarket. Ketika Anda menggantinya, pastikan Anda telah mengetahui dan mempelajari mekanisme dan mengingat posisi sebelumnya. Cara paling mudah adalah dengan membeli satu set dan meminta untuk dipasangkan.

Jika Anda ingin mengganti karetnya saja, sebaiknya Anda mengetahui karet yang sesuai dengan mobil Anda. Caranya dengan menanyakan langsung kepada penjual aftermarket atau Anda dapat menghubungi bengkel resmi dan menanyakan ketersediaan karet yang sesuai untuk kendaraan Anda.

Nah, sebelum memasangnya, sebaiknya kaca depan mobil dibersihkan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk menjaga agar kinerja menjadi lebih optimal. Pilih wiper dengan karet yang berkualitas baik, sebab yang berkualitas tentu akan lebih awet dan bekerja lebih baik dari pada yang murahan. Pada umumnya usia pakai rata-rata wiper mulai dari enam bulan hingga satu tahun pemakaian.

Isi cairan penyemprot kaca

Untuk membantu kinerja agar semakin maksimal, sebaiknya Anda juga memperhatikan cairan penyemprot kaca. Jangan biarkan tangki penyemprot kaca kosong dan gunakan cairan produk khusus untuk menyemprot kaca. Jangan pernah menggunakan air sabun sembarangan agar kaca tidak berdecit atau menjadi terlalu licin sehingga menyebabkan kinerjanya menjadi tidak optimal. Hindari juga pemakaian wax pada kaca depan agar kinerjanya tidak terhambat.

Jika saluran penyemprot macet atau tidak berfungsi, sebaiknya bersihkan menggunakan peniti, jarum atau klip kertas. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mencolok lubang kecil penyemprot air tersebut. Selain itu, cara ini juga dapat Anda gunakan untuk mengatur arah semprotan agar cairan yang dikeluarkan mendarat tepat pada bagian yang dilalui oleh wiper.

Sumber: oto.com

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Lakukan 5 Hal Ini Agar Transmisi Mobil Matic Anda Tidak Cepat Rusak

OTOmart – Mobil matik saat ini tengah populer di kalangan masyarakat Indonesia. Dengan menggunakan...

Mobil Matik Nekat Terjang Genangan Air, Begini Trik Amannya

OTOmart – Di musim hujan saat ini, pada umumnya di beberapa ruas jalan akan...

Begini Cara Mengecek Kondisi Mobil Anda Dengan Metode POWDER

OTOmart – Saat ini Indonesia tengah memasuki musim penghujan. Ini berarti kondisi mobil perlu...

Tips Jaga Jarak Aman Kendaraan dan Cara Mengukurnya

OTOmart – Saat Anda mengemudikan mobil, maka hal penting yang perlu dan penting untuk...

Baru Punya SIM? Ikuti 10 Tips Bagi Para Pengendara Pemula Ini

OTOmart – Dengan mempunyai Surat Izin Mengemudi (SIM) bukan berarti Anda dapat langsung bebas...

Musim Penghujan Datang, Perhatikan 8 Bagian Mobil Ini

OTOmart – Memasuki musim penghujan, sebagai pengendara tentu membutuhkan waktu dan tenaga yang lebih...