Mobil Mogok Karena Banjir? Begini Cara Menghidupkannya

posted in: Artikel Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
mobil mogok
Sumber: Uzone

OTOmart – Musim hujan seperti saat ini tentu menimbulkan kekhawatiran tersendiri terutama bagi para pengendara mobil. Apalagi jika hujan berlangsung secara terus menerus sehingga menimbulkan banjir. Hal ini tentu menjadi momok yang menakutkan bagi para pengendara mobil, sebab jika mesin mobil sampai terendam air, maka otomatis mobil mogok sehingga tidak dapat berjalan.

Jika mesin mobil yang mengalami kebanjiran dapat ditandai dengan sulitnya menghidupkan atau menstarter mobil, atau ketika mesin dalam keadaan menyala namun tidak ada suara yang dikeluarkan dari dalam mesin dan biasanya disertai dengan aroma bensin yang cukup kuat. Indikator lainnya adalah munculnya asap hitam dari knalpot mobil, jika telah muncul asap hitam maka kemungkinan mesin mobil sudah terendam air cukup parah.

Baca Juga: Tips Berkendara Saat Hujan Yang Perlu Diketahui Pengemudi

Lalu bagaimana cara untuk menghidupkan mesin mobil yang sudah kebanjiran? Seperti dilansir laman Detik.com, obat terbaik untuk menghidupkan mesin mobil mogok yang mengalami kebanjiran adalah waktu.

Anda tidak perlu terlalu terburu-buru dalam menyalakan mesin kendaraan Anda. Bukalah kap mobil dan biarkan bahan bakar yang keluar dari tangki akibat terkena banjir menguap, setelah menunggu selama kurang lebih 20 menit barulah hidupkan mesin mobil Anda tanpa menginjak pedal gas.

Jika ternyata cara tersebut belum berhasil membuat mobil Anda menyala, maka segera periksa bagian busi pada mesin mobil Anda. Sebab air yang merendam mesin mobil dapat membuat bensin keluar dari tangki sehingga merendam busi sehingga menyebabkan busi tidak dapat memantik api untuk menyalakan mesin.

Baca Juga: Lakukan Tips Merawat Mobil Ini Saat Musim Hujan Datang

Selain itu, periksa juga injector bahan bakar dan bersihkan menggunakan pembersih injector bensin. Hal lain yang dapat Anda lakukan jika mesin mobil terendam banjir lainnya adalah dengan menginjak pedal gas berkali-kali. Hal ini bertujuan untuk memancing mesin kembali hidup dan menyala.

Metode ini dilakukan dengan tujuan agar gas terbuka dan menambah udara ke mesin untuk menyeimbangkan kelebihan BBM yang luber pada mesin mobil. Ketika mesin sudah mulai menyala, maka segera lepaskan pedal gas dan biarkan agar mesin tetap menyala selama beberapa menit. Akan tetapi jika hal ini telah dilakukan dan belum ada tanda-tanda mesin menyala, maka segera bawa mobil Anda ke bengkel terdekat untuk memastikan kondisi mesin mobil Anda.

Sumber: Detik

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Mobil Matik Nekat Terjang Genangan Air, Begini Trik Amannya

OTOmart – Di musim hujan saat ini, pada umumnya di beberapa ruas jalan akan...

Begini Cara Mengecek Kondisi Mobil Anda Dengan Metode POWDER

OTOmart – Saat ini Indonesia tengah memasuki musim penghujan. Ini berarti kondisi mobil perlu...

Tips Jaga Jarak Aman Kendaraan dan Cara Mengukurnya

OTOmart – Saat Anda mengemudikan mobil, maka hal penting yang perlu dan penting untuk...

Baru Punya SIM? Ikuti 10 Tips Bagi Para Pengendara Pemula Ini

OTOmart – Dengan mempunyai Surat Izin Mengemudi (SIM) bukan berarti Anda dapat langsung bebas...

Musim Penghujan Datang, Perhatikan 8 Bagian Mobil Ini

OTOmart – Memasuki musim penghujan, sebagai pengendara tentu membutuhkan waktu dan tenaga yang lebih...

Begini Cara Merawat Pintu Bagasi Agar Hidrolik Tidak Melemah

OTOmart – Dalam beberapa tahun belakangan ini, kebanyakan pintu mobil bagian belakang dibuka mengarah...