Ini Manfaat dan Cara Menggunakan Smart Key Pada Mobil Toyota

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
smart key
Sumber: Top Gear

OTOmart – Dengan kemajuan teknologi saat ini terutama di bidang Otomotif, membuat para produsen mobil beramai-ramai menampilkan fitur modern dan terbarunya. Salah satu yang melakukannya adalah Toyota yang telah menyematkan teknologi Smart Key (kunci pintar) pada berbagai produk keluaran terbarunya. Lalu apa sih Smart Key atau kunci pintar itu?

Apakah Smart Key Itu?

Smart key atau kunci pintar merupakan kunci yang dapat digunakan untuk membuka kunci dan mengunci pintu serta menghidupkan mesin ketika membawa kunci pintar yang disimpan pada bagian saku atau sejenisnya tanpa memasukkan kunci ke dalam silinder. Pada Smart Key Toyota, terdapat dua tombol kunci dan remote control yang saling terintegrasi. Toyota menyebut kunci ini dengan sebutan “smart key”, namun perusahaan lain yang memiliki tombol fungsi yang sama mempunyai nama yang bervariasi tergantung dari pabrikan itu sendiri.

Baca Juga: Ini Kelemahan Kunci Mobil Canggih Immobilizer Pada Mobil Anda

Bentuk kunci pintar Toyota berbentuk persegi, yang mampu melakukan banyak hal dengan menggunakan remote control yang terdapat pada kunci pintar ini. Adapun produk Toyota yang telah menggunakan produk ini, antara lain yaitu: Isis Aqua Alphard, WISH, Voxy, Estima Auris, Corolla, Crown, Prius, Prius a Premio, Mark X dan Ractis.

Manfaat Menggunakan Smart Key Toyota

Dapat disimpan di dalam saku Anda

Kunci pintar pilihan Toyota, mempunyai tipe integral kunci cerdas sehingga Anda tidak perlu “dua pemegang” yang cukup merepotkan seperti sebelumnya. Hal itu bisa dilakukan dengan sangat cerdas. Selain itu, Anda juga tidak perlu mengeluarkan dan memasukkan kunci ke dalam silinder jika sedang membawa banyak barang bawaan atau saat hujan.

Mudah dalam menyalakan mesin

Fitur tombol smart yang dapat digunakan antara lain yaitu, tekan rem dan tekan tombol POWER untuk menyalakan mesin / sistem hybrid. Selain itu, sebagai fitur kunci cerdas Toyota, fungsi kontrol jarak jauh dapat dioperasikan ketika suhu di luar mengalami dingin kurang dari 5 ° C, pemanas depan dan belakang juga dapat beroperasi secara otomatis yang dapa Anda operasikan menggunakan remote, AC pun juga dapat dinyalakan secara otomatis menggunakan smart key ini.

Menyempurnakan keamanan

Smart key Toyota memberikan aspek keamanan yang cukup baik, dimana jika Anda tidak membuka pintu dalam waktu sekitar 30 detik setelah melakukan unlocking dengan tombol Smart, maka pintu akan terkunci secara otomatis untuk mencegah pencurian.  Selain itu, jaga agar kunci pintar tetap di dalam mobil, kunci pintu, dengan tuas penggerak pada posisi selain P. Hal ini sebab, peringatan berbunyi bip akan terdengar ketika pintu pengemudi dibuka tanpa mematikan saklar daya atau saklar mesin.

Baca Juga: Lakukan 6 Cara Ini Agar Mobil Parkir Dengan Aman

Kunci pintar Toyota memiliki pemancar sinyal built-in yang terpasang pada kunci dan dilengkapi dengan sistem “immobilizer” dimana Anda tidak dapat menghidupkan mesin dengan kunci selain kunci yang telah terdaftar sebelumnya, sehingga mampu membantu Anda dalam mencegah pencurian.

Dapat menggunakan mode manual

Baterai kunci cerdas memang tidak dapat diprediksi kapan habisnya, selain itu sulit untuk diganti. Hal itu pula yang terjadi pada kunci pintar Toyota. Jika tidak digunakan dalam waktu yang lama, maka fungsi penghematan daya kunci pintar ini akan berfungsi untuk mencegah baterai tombol pintar dan baterai kendaraan tidak menyala. Sebab, ada tanda dari mobil dengan suara bel, sebuah indikasi peringatan di dalam meter, lampu peringatan, dll ketika menghentikan mesin saat tingkat baterai yang tersisa dari tombol pintar akan berkurang.

Namun, Anda tidak perlu khawatir, meskipun baterai habis, Anda tetap dapat mengeluarkan kunci mekanis built-in untuk membuka kunci pintu dan menghidupkan mesin.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Aplikasi e-Uji Emisi, Tampilkan Lokasi Resmi Uji Emisi Kendaraan

OTOmart – Setelah mengeluarkan instruksi gubernur beberapa hari yang lalu mengenai uji emisi kendaraan...

Mau Lulus Uji Emisi Kendaraan? Coba Lakukan Tips Ini

OTOmart – Setelah DKI Jakarta masuk ke dalam kota dengan kualitas udara terburuk di...

Auto2000 Usulkan Toyota HiAce Jadi Kendaraan Pengganti Angkot

OTOmart – Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta telah mulai mensosialisasikan perluasan sistem ganjil genap...

Ini Keuntungan Menggunakan Garansi Mobil Bekas

OTOmart – Hingga kini masih banyak masyarakat Indonesia yang salah kaprah mengenai perbedaan antara...

Dalam Proses Pengembangan, Toyota Luncurkan Innova Hybrid 2021

OTOmart – Kijang Innova merupakan salah satu kendaraan unggulan Toyota berjenis medium MPV yang...

Mau Beli Livina Bekas? Berikut Ini Panduan Lengkapnya

OTOmart – Di pasar mobil bekas, Nissan Grand Livina bekas menjadi salah satu kendaraan...