Tips Cara Mengetahui Perbedaan Kapasitas Mesin Mobil

posted in: Artikel Mobil | 1 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
mesin
Mesin Honda Mobilio (Youtube)

OTOmart – Fungsi utama kapasitas mesin terhadap kinerja mobil adalah pada kemampuannya dalam mengatur tenaga serta kecepatan yang dihasilkan. Selain itu juga berpengaruh pada efisiensi konsumsi bahan bakar yang digunakan. Karena itu, mobil berkapasitas 1.500 cc mampu dibawa dengan kecepatan standar dan memadai dalam penggunaan dalam kota. Mesin ini pun mampu melakukan efisiensi konsumsi bahan bakar lebih irit jika dibandingkan dengan mesin yang mempunyai kapasitas 1.800 cc.

Faktor lain yang menjadi penentu seberapa besar kemampuan mesin dalam menghasilkan tenaga adalah besar ukuran suatu mobil, bobot mobil serta kapasitas kabin dalam menampung beban. Karena itulah mobil dengan ukuran badan yang lebih besar dan lebih berat tentunya membutuhkan kapasitas mesin yang lebih tinggi. Hal ini bertujuan agar antara bobot mobil dengan tenaga yang dihasilkan menjadi lebih seimbang.

Baca Juga: 5 Tips Pintar Untuk Mengecek Kondisi Mesin Mobil Bagus dan Tidak

Jika Anda mengendarai mobil dengan kapasitas mesin yang besar, maka pastikan juga untuk memeriksa ukuran ban apakah dapat menahan beban serta mampu menghasilkan performa yang diharapkan. Karena itulah sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai ban serta velg mobil sebelum memutuskan untuk melakukan modifikasi mobil.

Jika dalam aktifitas keseharian Anda selalu membawa banyak barang sehingga membuat berat beban mobil bertambah, maka sebaiknya Anda menggunakan mobil dengan cc yang lebih besar, yaitu berukuran di atas 1.500 cc. Hal ini sebab, mobil dengan cc yang lebih besar dapat menghadapi medan yang jauh dan menanjak. Akan tetapi, jika mobil lebih sering Anda gunakan sendiri di dalam kota, maka gunakanlah mobil dengan kapasitas 1.500 cc. Hal ini disebabkan dapat menghemat konsumsi bahan bakar yang Anda gunakan.

Karena itulah sebelum Anda menggunakan kendaraan untuk kegiatan aktifitas sehari-hari, maka sebaiknya buatlah perkiraan dan perhitungan sehingga Anda dapat memutuskan dalam memilih kendaraan yang cocok untuk Anda gunakan, antara lain yaitu:

1. Mencatat berapa waktu yang Anda butuhkan dalam berkendara menggunakan mobil

2. Seberapa seringkah Anda dalam menempuh jarak jauh (luar kota, +/-40 km) dalam waktu seminggu.

3. Bandingkan antara bobot isi mobil (penumpang atau barang bawaan) apakah lebih sering kosong atau malah lebih sering penuh dan berat.

4. Pelajarilah kebiasaan diri sendiri ketika berkendara, apakah Anda merupakan orang yang cukup santai atau malah sering memacu kendaraan dengan cepat.

5. Perhatikan dana yang Anda miliki, hitunglah dana yang tersedia untuk mengisi bensin dalam waktu sebulan serta dalam melakukan perawatan berkala kendaraan Anda. Hal ini perlu perhatian khusus, sebab Anda terkadang tanpa terasa mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk berbagai hal tersebut.

Baca Juga: Tips Mematikan Mesin Mobil Dengan Baik dan Benar Agar Mobil Awet

Tips terakhir adalah memastikan Anda telah memahami dalam melakukan perawatan mobil, baik untuk bagian eksterior hingga ke bagian mesin. Selain itu, jangan lupa juga untuk memperhatikan asuransi serta layanan purna jual yang ditawarkan ketika Anda melakukan pembelian sehingga dapat memenuhi kebutuhan Anda.

Sumber: Wuling Artikel

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Update Terbaru Harga Avanza Bekas Desember 2019

OTOmart – Hingga saat ini, Toyota Avanza masih menjadi salah satu mobil bekas yang...

Harga Mitsubishi Xpander Bekas Mulai Dari Rp 200 Jutaan

OTOmart – Dibandingkan versi terbarunya, harga jual Mitsubishi Xpander bekas justru lebih menarik. Di...

Sabun Bayi, Cara Murah Merawat Jok Mobil Berbahan Kulit

OTOmart – Jok mobil berbahan kulit pada dasarnya jauh lebih mudah dirawat. Akan tetapi,...

Knalpot Keluar Air dari Mobil Setiap Pagi? Ini Penyebabnya

OTOmart – Jika Anda sering menyalakan mobil di pagi hari dan menemukan knalpot keluar...

Tips Terbaik Membersihkan Setir Mobil Usai Mudik Lebaran

OTOmart – Salah satu komponen mobil yang selalu bersentuhan dengan tangan Anda adalah setir....

Ingin Mudik Aman dan Nyaman? Sebaiknya Cek 7 Komponen Mobil Ini

OTOmart – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, sebagian besar masyarakat tentunya akan menjalankan salah...