Begini Cara Mudah Mengetahui Kampas Kopling Matik Bermasalah

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
kampas kopling
Ilustrasi (Bukalapak)

OTOmart – Saat ini pengguna kendaraan yang menggunakan sistem transmisi matik marak digunakan, terutama di daerah perkotaan. Kondisi ini terjadi mengingat padatnya arus lalu lintas yang terjadi di wilayah perkotaan. Meski begitu, Anda juga tetap harus merawat kampas kopling agar tidak habis saat berkendara.

Kampas kopling yang mengalami kerusakan jika dibiarkan begitu saja, dapat merembet pada komponen lainnya. Sebenarnya terdapat beberapa tanda-tanda kerusakan transmisi matik yang dapat Anda ketahui dengan mudah, antara lain yaitu:

Baca Juga: Tips Menghemat Kampas Rem Mobil Agar Tidak Cepat Aus

Akselerasi tidak responsive

Menurut salah satu pemilik bengkel spesialis yang menangani perbaikan transmisi matik, Supriyanto mengatakan jika tanda-tanda kampas kopling pada sistem transmisi matik habis sama seperti yang terjadi pada sistem transmisi manual.

“Tanda kalau kampas kopling sistem transmisi matik telah aus itu sangat mudah, cara paling mudah mengetahuinya adalah jika akselerasinya tidak se-responsif ketika mobil masih dalam keadaan baru,” ucap Supriyanto, seperti dilansir laman otoseken.id.

Suara transmisi kasar

Tanda lain yang menandakan bahwa kampas mobil Anda mengalami masalah adalah adanya suara yang agak kasar pada sistem transmisinya. Bukan hanya itu saja, getarannya pun juga akan semakin terasa ketika mobil baru berjalan. Hal ini terjadi karena permukaan kampas yang tidak rata.

“Kalau untuk perbaikannya, baik untuk transmisi matik tipe CVT maupun konvensional harus overhaul. Sebab, bagian kampas koplingnya sendiri berada di bagian dalam transmisi matik dan sudah terendam oli,” terang Supri lagi.

Kalau kerusakannya tidak terlalu parah, bisa diakali dengan mengganti bagian kampas koplingnya saja.

Tapi jika sebaliknya, maka bagian kampas tersebut harus segera dilakukan pengecekan di beberapa bagian lainnya. Sebab, jika sampai kampas pada mobil matik telah terendam oli, maka akan membuat gram besi tercampur dengan oli.

Baca Juga: Kampas Rem Livina Baru Bisa Untuk Xpander Kok, Malah Lebih Murah!

Hal inilah yang nantinya akan membuat kinerja bearing transmisi, gesekan pada gear hingga pada sabuk baja di model CVT mengalami gangguan yang tentunya akan berbahaya baik bagi pengemudi maupun penumpang.

Karena itu sebelum Anda membeli mobil bekas, pastikan jika kampas koplingnya betul-betul telah dalam kondisi prima dan optimal. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat berkendara.

Jika Anda sedang mencari mobil bekas berkualitas dengan cicilan kredit yang mudah, aman dan transparan, segera kunjungi website www.otomart.id. Karena kami selalu siap membantu mewujudkan impian Anda untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas terbaik.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Ini Tampilan dan Fitur Terbaru Pada Honda Jazz 2020

OTOmart – Anda ingin memiliki Honda Jazz? Sebaiknya bersabar terlebih dahulu. Sebab, Honda kini...

Tips Tingkatkan Performa dan Kenyamanan Daihatsu Ayla 1.2

OTOmart – Duo kembar Toyota Agya dan Daihatsu Ayla dikenal sebagai mobil dengan performa...

Mau Beli Nissan Grand Livina 2013 Ultimate, Ini Tips Mengeceknya!

OTOmart – Ketika membeli mobil bekas, jangan hanya tergiur dengan penampilan luarnya saja. Namun...

Ini Jenis Makanan Yang Mampu Meningkatkan Konsentrasi Pengemudi

OTOmart – Ketika mengemudi, hal yang paling penting untuk diperhatikan oleh pengemudi adalah konsentrasi...

Mau Modifikasi Calya? Sebaiknya Ikuti Panduan Berikut Ini!

OTOmart – Anda ingin melakukan modifikasi Calya atau hanya ingin mengubah tampilannya agar terlihat...

Selama Oktober 2019, Harga Mobil Avanza Terbaru Masih Stabil

OTOmart – Sejak pertama kali diluncurkan pada awal tahun 2019, Toyota New Avanza semakin...