Begini Cara Mengetahui Bodi Mobil Di Dempul Atau Tidak

posted in: Artikel Mobil | 2 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
dempul
Sumber: Youtube

OTOmart – Hal yang paling didambakan oleh para pemburu mobil bekas adalah mendapatkan barang yang mulus sekaligus bebas dari bekas tabrakan. Akan tetapi hal itu tentu agak sukar untuk dapat mengidentifikasi riwayat mobil jika hanya berpedoman pada cerita si penjual saja. Sebab bisa saja mobil yang Anda pilih merupakan hasil cat dempul dari penjual.

Sebab bisa saja mobil yang Anda pilih tersebut telah direparasi sehingga terlihat mulus dengan menggunakan dempul dan dicat ulang. Hal ini tentu akan merugikan para konsumen, sebab mereka ingin mendapatkan mobil bekas namun dengan kondisi baik, tapi malah diakali dengan polesan penjual semata.

Baca Juga: Begini Cara Efektif Menghilangkan Goresan Pada Bodi Mobil Anda

Namun hal ini dapat Anda ketahui melalui beberapa cara agar Anda dapat mendeteksi mobil yang memang sudah di dempul oleh para penjual mobil bekas. Anjar Rosjadi yang merupakan Technical Service Executive Coordinator Astra Daihatsu Motor (ADM) berbagi sedikit tipsnya, yaitu dengan cara melihat tekstur cat mobil.

Jika cat mobil tersebut asli dari pabrik, maka warnanya tentu akan terlihat seperti kulit jeruk. Selain itu, pada umumnya mobil yang terkena dempul mempunyai warna yang tidak merata. “Memang secara visual mobil yang telah dicat ulang pengerjaannya tidak akan merata. Karena itu, tekstur ketidakrataannya akan terlihat dengan sangat jelas,” ucapnya, seperti dilansir laman Viva News.

Selain cara tersebut, ternyata ada cara yang lebih mudah, yaitu dengan mengetukkan tangan pada bagian bodi mobil. Cara ini terbilang ampuh untuk mengetahui apakah mobil tersebut telah di dempul. Jika suara bodi mobil cenderung berat dan tidak nyaring, maka bisa jadi mobil tersebut terindikasi telah di dempul. Sedangkan jika saat diketuk bodi mobil terdengar nyaring, maka bisa dikatakan bahwa mobil tersebut bebas dari dempulan.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Aspal yang Menempel Pada Bodi Mobil

Cara mengetuk tangan di bodi mobil ini ternyata di amini oleh Ahmad yang merupakan salah satu pemilik showroom mobil bekas yang ada di Pangkalan Jati, Jakarta Timur. Walaupun dirinya juga mengakui bahwa cara tersebut merupakan cara lama yang tidak semua orang dapat dengan mudah mengetahuinya.

“Itu sebenarnya cara lama tapi kalau kuping masih bagus dan dapat membedakan suara pelat ringan dan pelat tebal sih cara ini masih bisa diandalkan. Cara lainnya juga bisa dipakai, seperti melihat bayangan bodi menggunakan mata telanjang dengan teliti. Biasanya sih kalau pengerjaannya jelek bisa keliatan dari bayangannya juga,” terangnya.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Sabun Bayi, Cara Murah Merawat Jok Mobil Berbahan Kulit

OTOmart – Jok mobil berbahan kulit pada dasarnya jauh lebih mudah dirawat. Akan tetapi,...

Knalpot Keluar Air dari Mobil Setiap Pagi? Ini Penyebabnya

OTOmart – Jika Anda sering menyalakan mobil di pagi hari dan menemukan knalpot keluar...

Tips Terbaik Membersihkan Setir Mobil Usai Mudik Lebaran

OTOmart – Salah satu komponen mobil yang selalu bersentuhan dengan tangan Anda adalah setir....

Ingin Mudik Aman dan Nyaman? Sebaiknya Cek 7 Komponen Mobil Ini

OTOmart – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, sebagian besar masyarakat tentunya akan menjalankan salah...

Tips Hindari Pecah Ban di Jalan Tol Saat Mudik Lebaran

OTOmart – Sebagian besar kondisi jalan Tol Trans Jawa menggunakan jenis beton cor untuk...

Tips Merawat Radiator Mobil Agar Tidak Jebol Karena Overheat

OTOmart – Radiator adalah salah satu komponen pada mobil yang sangat penting agar suhu...