Hati-hati Overheat Mesin Saat Liburan, Begini Cara Mencegahnya

posted in: Artikel Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
mesin
Sumber; Getty Images

OTOmart – Saat liburan menggunakan mobil pibadi, kemacetan merupakan pemandangan yang lumrah dan biasanya terjadi. Macet saat musim liburan tentu sangat membosankan serta membuat waktu tempuh menjadi lebih lama dari yang diharapkan. Apalagi jika saat macet mesin kendaraan dalam keadaan hidup terus menerus.

Saat macet dan mesin kendaraan terus hidup tentu sangat berbahaya, sebab hal ini dapat membuat mobil Anda mengalami overheat atau terlalu panas.

“Saat perjalanan jauh menggunakan mobil pribadi seringkali yang terjadi adalah overheat,” ucap kepala bengkel Nissan-Datsun Depok, Ade Heryawan, seperti dilansir laman CNN Indonesia.

Ade menuturkan bahwa meski peristiwa overheat sering terjadi saat perjalanan jauh menggunakan mobil pribadi, tetap saja banyak pengemudi yang tidak peka terhadap kondisi mobilnya dan tetap melanjutkan perjalanan meskipun kondisi mesin mobil dalam keadaan yang sudah terlalu panas.

Baca Juga: Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas yang Perlu Diketahui

Padahal untuk memantau peningkatan suhu mesin dapat dilakukan dengan sangat mudah, yaitu melalui penunjuk temperatur yang terdapat di bagian dashboard mobil.

“Karena itu, semua pengemudi harus memperhatikan sama penunjuk jarum (penunjuk suhu) yang ada d bagian dashboard,” ucapnya.

Saat ini menurutnya, banyak dari pengemudi yang baru menyadari bahwa mesinnya sedang dalam kondisi panas ketika jarum sudah menunjukkan bahwa mesin mengalami kepanasan (overheat).

“Terkadang orang baru sadar kalau mobil panas saat jarumnya mentok, padahal jarum terus bergerak (model analog), kadang juga udah setengah lebih arah jarumnya baru sadar,” tambah Ade

Karena itu, dirinya menghimbau kepada para pengemudi untuk selalu lebih awas dalam memantau pergerakan jarum yang terdapat pada indikator suhu mobil. Jika sudah paham, maka tentu akan sangat mudah bagi pengemudi dalam mengatasi mobil yang mesinnya akan mengalami overheat.

“Kalau bisa memperhatikan jarum kan dapat berhenti dulu, ngadem dulu atau bisa juga mengecek air (radiator) serta bagian kipasnya,” ujar Ade.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

3 Langkah Mudah Usir Udara Panas Pada Kabin Mobil Anda

OTOmart – Pernahkah Anda memarkir mobil Anda di lahan terbuka? Apalagi saat waktu siang...

Punya Tombol Tersembunyi, Begini Cara Mematikan Sistem Alarm C-HR

OTOmart – Seperti kebanyakan mobil pada umumnya, Toyota C-HR juga tentunya telah dibekali dengan...

Selain Pedal Rem, Ini Beberapa Jenis Rem Yang Perlu Anda Tahu!

OTOmart – Seperti rem pada umumnya, rem tangan atau sering disebut juga dengan rem...

4 Faktor Penyebab Kendaraan Jadi Boros Konsumsi Bahan Bakar

OTOmart – Bagi pengendara kendaraan bermotor, baik kendaraan beroda dua maupun beroda empat, tentunya...

Mobil Sudah Gunakan Emisi Euro 4, Sebaiknya Gunakan BBM Jenis Ini

OTOmart – Sejak menerapkan standar emisi Euro 4 di Indonesia sejak Oktober 2018 kemarin...

Begini Cara Membedakan Mobil Bekas Taksi Online Dengan Yang Tidak

OTOmart – Saat Anda membeli mobil bekas, tentunya Anda ingin mendapatkan mobil bekas dengan...