Begini Cara Mencuci Mobil Yang Benar Agar Bodi Tidak Baret

posted in: Artikel Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
mencuci mobil
Tips mencuci mobil yang benar agar bodi mobil tidak baret (Unsplash)

OTOmart – Salah satu kegiatan wajib yang tidak boleh dilupakan oleh para pemilik kendaraan adalah merawat. Nah, salah satu cara perawatan mobil yang disarankan adalah mencuci mobil. Kegiatan ini dapat Anda lakukan, namun biasanya kegiatan mencuci ini dilakukan di tempat khusus atau Anda dapat melakukannya sendiri di rumah.

Namun yang perlu Anda perhatikan adalah jangan mencuci mobil Anda sembarangan atau di tempat cuci mobil yang tidak mempunyai kualitas baik. Sebab, jika Anda tidak benar dalam mencucinya, maka hal tersebut dapat membuat bodi mobil Anda menjadi baret. Lalu bagaimanakah cara mencuci mobil yang benar?

Baca Juga: Tips Merawat Kaca Mobil Agar Tetap Terlihat Mengilap

Menanggapi pertanyaan tersebut, CEO Autoglaze Indonesia, Robby Kunia mengatakan jika cara mencuci mobil yang paling benar adalah dengan langsung membersihkan kotoran yang menempel pada bagian bodi mobil menggunakan sabun atau shampoo khusus yang ditambahkan dengan semprotan air agar kotoran dapat terangkat dari bodi mobil Anda.

“Sebab, kalau langsung dilap begitu saja justru kotoran yang menempel pada bodi mobil Anda dapat membuat bodi mobil menjadi baret-baret,” ucap Roby, seperti dilansir laman Kompas.com, Senin (7/1/2019) kemarin.

Roby pun menjelaskan jika sebaiknya hal tersebut dilakukan secara menyeluruh hingga ke bagian luar mobil. Setelah itu, barulah Anda bisa mengelap sambil menyemprotkan air bersih lagi ke permukaan bodi mobil yang ingin dibersihkan.

“Untuk tahap terakhirnya, Anda bisa mengelapnya hingga seluruh bodi menjadi kering menggunakan lap microfiber yang mempunyai tekstur lembut sehingga tidak membuat bodi mobil menjadi baret-baret kecil,” ungkap Robby lagi.

CEO Makko Group, Christopher Sebastian pun telah mengungkapkan hal yang sama. Menurutnya, saat mencuci mobil sebaiknya tidak langsung membersihkan kotoran tanpa menggunakan air atau sabun khusus agar bodi mobil Anda tidak cepat baret.

“Karena itu, sebaiknya memang dibilas terlebih dahulu pada seluruh permukaan bodi mobil. Setelah itu, baru menggunakan sabun atau shampoo khusus agar mobil menjadi lebih bersih,” terang Christopher lagi.

Baca Juga: Tips Membuat Cat Mobil Agar Tetap Terlihat Mengkilap

Jika Anda ingin menggunakan jasa cuci mobil yang berada di tempat cucian mobil, sebaiknya selalu perhatikan cara atau langkah pemebersihan yang dilakukan oleh jasa pencucian mobil tersebut secara detail agar bodi mobil Anda tidak mengalami baret-baret.

Jika Anda ingin mencari mobil bekas berkualitas dengan harga yang cukup terjangkau, maka Otomart siap membantu Anda mewujudkan impian Anda tersebut. Selain itu, Otomart juga menyediakan kredit mobil bekas demi membantu Anda mendapatkan kendaraan yang selalu Anda impikan. Segera kunjungi Otomart.id sekarang juga!

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Daftar Harga CR-V Bekas di Wilayah Bandung dan Sekitarnya

OTOmart – Sebelum datangnya Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner, nama Honda CR-V cukup...

Ini 10 Fitur Canggih Yang Terdapat Pada Toyota Avanza Baru 2019

OTOmart – Setelah menemani keluarga Indonesia selama 15 tahun dan telah terjual sebanyak lebih...

Ini Spesifikasi dan Harga Mobil CRV Bekas Desember 2018

OTOmart – Sejak dirilis pada tahun 2000 lalu, Honda CRV berhasil menarik perhatian para...

Akhir Tahun Mau Beli Honda CRV? Berikut Ini Harga CRV Turbo 2018

OTOmart – Salah satu mobil unggulan dari Honda di segmen SUV adalah Honda CRV....

Lakukan 5 Hal Ini Agar Transmisi Mobil Matic Anda Tidak Cepat Rusak

OTOmart – Mobil matik saat ini tengah populer di kalangan masyarakat Indonesia. Dengan menggunakan...

Mobil Matik Nekat Terjang Genangan Air, Begini Trik Amannya

OTOmart – Di musim hujan saat ini, pada umumnya di beberapa ruas jalan akan...