Plafon Mobil Anda Kotor? Begini Loh Cara Membersihkannya

posted in: Artikel Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah

plafon mobil

OTOmart – Bagi Anda para pemilik mobil sebaiknya sering-sering untuk melihat bagian langit-langit yang ada di dalam kabin mobil atau yang sering disebut dengan plafon mobil. Bagian ini seringkali menjadi bagian yang jarang atau bahkan tidak pernah diperhatikan. Padahal, bagian ini merupakan bagian terpenting dalam berestetika pada interior kendaraan, selain bagian jok, door trim dan dasbor.

Biasanya, yang menjadi penyumbang kotoran terbesar di bagian plafon adalah debu dan asap knalpot, apalagi bagi pengendara yang gemar membuka jendela, tentunya semakin memperburuk kondisi plafon mobil karena terpapar asap dan debu.

Selain itu, kebiasaan merokok di dalam kabin mobil juga menjadi salah satu faktor kondisi plafon dan interior mobil yang kurang bagus. Selain itu, aroma tidak sedap juga dapat bersarang di dalam kabin terutama pada bagian plafon.

Baca Juga: 3 Langkah Mudah Merawat Sunroof

Karena itu, perawatan plafon yang paling ideal minimal dilakukan setiap enam bulan sekali agar semua kotoran dan aroma tidak sedang menghilang sehingga kualitas udara di dalam kabin dapat tetap terjaga dengan baik.

Nah untuk membersihkan plafon mobil, Anda harus menyiapkan beberapa bahan dan peralatan, seperti sikat lembut, tisu, kain lap katun kering, cairan pembersih plafon, dan kain chamois. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan dalam membersihkan plafon, yaitu:

  1. Lakukan pemeriksaan secara menyeluruh pada bagian plafon dan perhatikan setiap sudut dari kotoran-kotoran yang melekat.
  2. Semprot cairan pembersih plafon yang telah Anda beli secara menyebar ke semua permukaan kain plafon
  3. Sikat permukaan plafon secara perlahan-lahan hingga konsentrasi kotoran dapat terpecah. Yang perlu diingat adalah ketika menyikat, usahakan jangan menekannya terlalu kuat sebab dapat merusak tekstur kain plafon
  4. Untuk mengangkat kotoran, sebaiknya gunakan kain chamois. Caranya adalah dengan mengusap, mengangkat dan mengeringkannya.
  5. Untuk sisa kotoran yang tertinggal, Anda dapat membersihkannya dengan cara mengusapnya menggunakan tisu dan menepuk-nepuknya secara perlahan pada bagian permukaan plafon
  6. Jika Anda ingin membersihkan sela-sela permukaan plafon, Anda juga dapat menggunakan tisu agar kotoran baru lebih mudah terangkat.
temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Daftar Harga CR-V Bekas di Wilayah Bandung dan Sekitarnya

OTOmart – Sebelum datangnya Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner, nama Honda CR-V cukup...

Begini Cara Mencuci Mobil Yang Benar Agar Bodi Tidak Baret

OTOmart – Salah satu kegiatan wajib yang tidak boleh dilupakan oleh para pemilik kendaraan...

Ini 10 Fitur Canggih Yang Terdapat Pada Toyota Avanza Baru 2019

OTOmart – Setelah menemani keluarga Indonesia selama 15 tahun dan telah terjual sebanyak lebih...

Ini Spesifikasi dan Harga Mobil CRV Bekas Desember 2018

OTOmart – Sejak dirilis pada tahun 2000 lalu, Honda CRV berhasil menarik perhatian para...

Akhir Tahun Mau Beli Honda CRV? Berikut Ini Harga CRV Turbo 2018

OTOmart – Salah satu mobil unggulan dari Honda di segmen SUV adalah Honda CRV....

Lakukan 5 Hal Ini Agar Transmisi Mobil Matic Anda Tidak Cepat Rusak

OTOmart – Mobil matik saat ini tengah populer di kalangan masyarakat Indonesia. Dengan menggunakan...