Begini Cara Membersihkan Mesin Mobil Dengan Baik dan Benar

posted in: Artikel Mobil | 1 | Author : Ahmad Nur Ubaidah

cara membersihkan mesin mobil

OTOmart – Bagi pemilik mobil, Anda tentu memahami bahwa kebersihan mobil tidak hanya di bagian eksterior dan interior mobil saja, namun juga pada bagian mesin juga perlu diperhatikan. Hal ini dikarenakan mesin merupakan pusat kinerja mobil, oleh karena itu membutuhkan perhatian khusus pada bagian ini karena rentan berkarat. Lalu bagaimanakah cara membersihkan mesin mobil dengan baik dan benar?

Sebelum Anda mengetahui cara membersihkan mesin mobil dengan baik dan benar, sebaiknya Anda mengetahui berbagai alasan yang menyebabkan mengapa kebersihan mesin mobil sangat penting sehingga perlu perhatian khusus, yaitu:

  • Mencegah terhambatnya pelepasan panas pada mesin akibat kotoran yang menumpuk, seperti tetesan oli, debu pada komponen mesin, radiator mesin serta AC dan berbagai hal lainnya.
  • Dapat mencegah terjadinya aus pada berbagai bagian komponen mesin yang terbuka, seperti ACG, dinamo, power steering, belt AC dan berbagai komponen lainnya.
  • Mampu meringankan kerja kipas yang terdapat pada radiator mesin dan pendingin udara
  • Dapat menjaga kondisi konektor listrik agar dapat tetap bekerja dengan maksimal

Baca Juga: Lakukan Cara Merawat Mesin Mobil Ini Agar Performa Tetap Stabil

Cara membersihkan mesin mobil

Perlu Anda ketahui bahwa mencuci mesin mobil tentunya berbeda dengan mencuci bagian bodi mobil. Selain itu, jenis pembersih yang digunakan juga berbeda. Terdapat dua jenis pembersih yang digunakan untuk mesin mobil, yaitu:

  • Engine Clean, merupakan jenis pembersih mesin mobil yang dapat digunakan untuk berbagai kotoran yang melekat pada mesin mobil Anda.
  • Engine Dressing, merupakan jenis pembersih yang dapat digunakan untuk mengembalikan warna komponen yang terdapat di mesin mobil.

cara membersihkan mesin mobil

Setelah semua peralatan untuk membersihkan mesin mobil lengkap, lalu begini langkah-langkah cara membersihkan mesin mobil dengan baik dan benar, yaitu:

  • Mulai membersihkan bagian mesin yang mudah dijangkau terlebih dahulu, seperti bagian bawah kap mobil. Semprot bagian tersebut dengan air dengan tekanan yang tidak terlalu tinggi. Untuk membersihkan bagian bawah kap mesin mobil, sebaiknya gunakan sabun colek/ krim. Hal ini dilakukan sebab sabun colek dapat menghilangkan kotoran yang bercampur dengan oli mesin pada mesin mobil Anda. Gosok dengan menggunakan sikat yang agak kasar dan bilas menggunakan air bersih. Namun, yang perlu Anda perhatikan adalah jangan sampai menunggu hingga sabun mengering, sebab hal itu dapat meninggalkan bekas pada mesin mobil Anda. Selanjutnya keringkan dengan menggunakan kain agar tidak ada lagi air yang menetes pada mesin mobil.

Baca Juga: Ini Tips Menangani Mesin Mobil Bergetar yang Benar

  • Langkah selanjutnya adalah dengan mencuci ruang mesin mobil Anda dengan cara menyemprotkan air pada ruang mesin dengan tekanan yang tidak terlalu tinggi
  • Lalu bersihkanlah bagian belakang mesin dan dilanjutkan hingga ke bagian depan mesin. Gunakan kuas atau spons pembersih
  • Ketika hendak membersihkan bagian radiator mesin dan AC, sebaiknya Anda membuka grill bagian depan terlebih dahulu, sebab proses pencucian di bagian ini kemungkinan akan terasa susah. Namun, sebaiknya Anda berhati-hati, sebab system pengikat pada grill bagian depan rawan untuk patah.
  • Jika dalam membersihkan mobil, Anda menggunakan engine degreaser sebaiknya cobalah untuk menyemprotkannya pada bagian mesin yang terkena noda lalu diamkan selama 10 menit. Lalu gunakan kuas untuk menyapukan ke seluruh permukaan mesin mobil
  • Jika mesin terkena kerak oli dan sulit untuk dihilangkan, sebaiknya gunakan pembersih khusus kerak oli yang tersedia di pasaran
  • Jika hendak membersihkan bagian mesin yang kecil dan terlihat rumit, sebaiknya gunakan kuas kecil agar dapat dibersihkan dengan sempurna
  • Tahap terakhir atau tahap pembilasan, sebaiknya gunakan spray atau selang air yang tidak terlalu deras agar air tidak dapat menyebar ke bagian lainnya. Lalu lap mesin mobil pada bagian mesin mobil yang terdapat noda.
temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

3 Langkah Mudah Usir Udara Panas Pada Kabin Mobil Anda

OTOmart – Pernahkah Anda memarkir mobil Anda di lahan terbuka? Apalagi saat waktu siang...

Punya Tombol Tersembunyi, Begini Cara Mematikan Sistem Alarm C-HR

OTOmart – Seperti kebanyakan mobil pada umumnya, Toyota C-HR juga tentunya telah dibekali dengan...

Selain Pedal Rem, Ini Beberapa Jenis Rem Yang Perlu Anda Tahu!

OTOmart – Seperti rem pada umumnya, rem tangan atau sering disebut juga dengan rem...

4 Faktor Penyebab Kendaraan Jadi Boros Konsumsi Bahan Bakar

OTOmart – Bagi pengendara kendaraan bermotor, baik kendaraan beroda dua maupun beroda empat, tentunya...

Mobil Sudah Gunakan Emisi Euro 4, Sebaiknya Gunakan BBM Jenis Ini

OTOmart – Sejak menerapkan standar emisi Euro 4 di Indonesia sejak Oktober 2018 kemarin...

Begini Cara Membedakan Mobil Bekas Taksi Online Dengan Yang Tidak

OTOmart – Saat Anda membeli mobil bekas, tentunya Anda ingin mendapatkan mobil bekas dengan...