Kartu Tol Hilang Saat Berada Di Jalan Tol? Ini Cara Penyelesaiannya

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
kartu tol
e-toll card (Bogor Daily)

OTOmart – Diberlakukannya sistem pembayaran cashless pada pengguna jalan tol, tentunya perlu disadari secara bijak bahwa ternyata kartu tol merupakan sebuah benda yang perlu Anda perhatikan dan cek, baik jumlah saldo maupun kondisinya.

Seperti diketahui, kartu tol merupakan akses masuk dan keluar mobil pada ruas jalan tol yang tertutup. Jika kartu tol sampai hilang atau mengalami kerusakan di tengah perjalanan saat berada di dalam tol, maka sesuai undang-undang pengguna tol akan dikenai denda sebanyak dua kali lipat dari biaya tol, yang dihitung mulai dari jarak tol paling jauh.

Baca Juga: Daftar Lokasi Rest Area di Jalan Tol Trans Jawa Arah Surabaya

“Hal itu sudah jadi ketentuan resmi yang hingga kini masih berlaku,” ucap Marketing and Communication Department Head Regional JabodetabekJabar, Irra Susianty, seperti dilansir laman Otodriver.com.

Cara pembayarannya dapat dilakukan sebagai berikut, antara lain yaitu:

1. Pengguna jalan tol akan diarahkan untuk menyelesaikan permasalahan hilangnya uang elektronik kepada Customer Service Supervisor (CSS) yang berada di long booth atau kantor gerbang tol.

2. Selanjutnya, CSS akan mengkonfirmasi kepada pengguna jalan mengenai besaran denda yang perlu dibayarkan dengan hilangnya uang elektronik pengguna tersebut, yaitu sebesar dua kali lipat dari tarif tol dengan jarak terjauh.

3. CSS akan langsung memberikan informasi mengenai tarif terjauh yang terdapat pada ruas jalan tol tersebut secara lengkap berikut dengan jenis tarif yang dikenakan untuk masing-masing golongan kendaraan.

4. Langkah selanjutnya, para pengguna jalan tol akan melakukan pembayaran dua kali lipat berdasarkan tarif tol dengan jarak terjauh.

Agar hal ini tidak terjadi kepada Anda, pihak Jasa Marga pun memberikan imbauan kepada para pengguna jalan agar dapat menyimpan uang elektronik dengan baik dan bijak, terutama jika Anda sering menggunakan jalan tol dengan sistem tertutup yang membutuhkan kartu tol untuk bertransaksi di gardu masuk atau pun di gardu keluar.

Baca Juga: Hati-Hati! Kondisi ‘Microsleep’ Ketika Berkendara di Jalan Tol

Pastikan juga agar saldo pada kartu tol Anda cukup. Hal ini bertujuan untuk menghindari antrean panjang yang berada di gerbang tol keluar. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Jika Anda ingin mendapatkan berita-berita terbaru seputar Otomotif atau ingin mencari dan melakukan kredit mobil bekasberkualitas terbaik di seluruh dealer mobil bekas di Indonesia, kunjungi situs Otomart.id. Kami siap membantu Anda mewujudkan impian Anda.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Daftar Lengkap Harga Toyota Vios Bekas Maret 2020

OTOmart – Sejak dirilis pada tahun 2003 silam di Indonesia, Toyota Vios menjelma menjadi...

Suzuki Ertiga 2014 Kini Dibanderol Mulai Dari Rp 100 Jutaan

OTOmart – Suzuki Ertiga merupakan salah satu mobil berjenis MPV yang tentunya banyak diburu...

Bunuh Virus Corona di Kabin Dengan Proses Sterilisasi Ini

OTOmart – Salah satu bagian mobil yang berpotensi menjadi media penyebaran virus Corona atau...

Bagian Mobil Ini Perlu Dibersihkan Agar Terhindar Dari Virus Corona

OTOmart – Salah satu upaya dalam melindungi diri dari penyebaran virus corona atau covid-19...

Scuto Indonesia Sediakan Jasa Penyemprotan Disinfektan Gratis

OTOmart – Dengan semakin berkembangnya penyebaran wabah virus corona atau Covid-19, tentu membuat para...

Suzuki Klaim Biaya Perawatan Suzuki XL7 Cuma Rp 3.800 Per Hari

OTOmart – Sebagai salah satu pemain baru di pasar otomotif Indonesia, Suzuki XL7 telah...