Tips Lewati Tanjakan Kali Kenteng dengan Mudah dan Aman

posted in: Artikel Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
tanjakan
Pemudik diharapkan berhati-hati saat melintas di tanjakan Kali Kenteng (Regional Kompas)

OTOmart – Bagi para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi dan hendak menempuh perjalanan mudiknya melalui tol fungsional Salatiga-Solo, sebaiknya berhati-hati. Sebab, Anda akan menghadapi tanjakan Kali Kenteng yang mempunyai tingkat kemiringan yang cukup curam.

Berdasarkan informasi, tanjakan Kali Kenteng tersebut mempunyai tingkat kemiringan di atas 20 derajat. Bagi para pengemudi yang tidak biasa menghadapi kondisi jalan tersebut, tentunya dituntut untuk lebih waspada, terutama bagi mobil bertransmisi manual.

Baca Juga: Info Mudik Lebaran Melalui Jalur Alternatif di Pulau Jawa

Untuk dapat menaklukan tanjakan Kali kenteng, kondisi mobil harus dalam keadaan prima dan sebaiknya juga telah ditopang dengan kemampuan mengemudi yang baik. Jika beberapa syarat tersebut tidak dipenuhi, maka bukan tidak mungkin mobil yang Anda kendarai akan meluncur ke belakang.

Akan tetapi bagi mobil bertransmisi otomatis dan mempunyai teknologi hill start assist (HAS) kemungkinan akan melenggang mulus dalam melibas tanjakan ekstrem tersebut.

Instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu memastikan bahwa mobil bertansmisi manual sebenarnya juga bisa dengan mudah melahap tanjakan ekstrim Kali Kenteng tersebut, asalkan si pengemudi dapat berhati-hati ketika mengendarai kendaraannya melewati kawasan tersebut.

Jusri juga menjelaskan bahwa terdapat beberapa mobil yang akan mengalami masalah pada saat menanjak di tanjakan Kali Kenteng. Jika Anda terlalu memaksakan diri melalui ruas jalan yang mempunyai tingkat kemiringan tertentu. Sebab, hal ini menyangkut mengenai power weight to rasio (PWR) kendaraan itu sendiri.

tanjakan
Tanjakan Kali Kenteng dilihat dari atas (Detik News)

“Bagi beberapa mobil tertentu akan sedikit bermasalah. Seperti LCGC yang mempunyai power weight to rasio (PWR) atau tenaga dengan bobotnya yang kurang mumpuni. Kemudian ada juga mobil minibus yang melebihi kapasitas muatan,” ucap Jusri lagi, seperti dilasnir laman CNN Indonesia.

Jika pengemudi merasa ragu dengan kemampuan mobilnya, maka langkah awal sebagai antisipasinya adalah dengan menurunkan seluruh penumpang dan membiarkan mobil melaju hanya berisikan supir saja.

“Untuk barang-barang, jika diperlukan juga harus turun agar beban kerja mesin tidak terlalu berat. Jadi kalau dalam kondisi lenggang, maka atur space (jarak mobil dengan mobil di depan) untuk melakukan persiapan menanjak,” terangnya.

Sedangkan untuk memulai, dirinya amat menyarankan agar para pengemudi tidak secara langsung menginjak pedal gas terlalu dalam (100 persen). Hal ini bertujuan untuk tetap menjaga putaran mesin. Selain itu, gunakan tenaga mesin hingga sebanyak 80 persen saja.

Baca Juga: 3 Tips Mudik Aman Lewat Jalan Tol Jakarta – Surabaya

Selain itu, para pengemudi juga harus dapat menjaga momentum serta menjaga kecepatan secara konstan agar putaran mesin tidak terlalu tinggi ketika menghadapi kondisi jalan yang menanjak.

“Jadi untuk 20 persennya itu memang buat cadangan. Sebab, kalau sampai momennya hilang, maka power juga akan hilang dan kendaraan otomatis akan berhenti dan berpeluang untuk meluncur ke belakang,” ucap Jusri lagi.

Namun, jika sudah terlanjur kehilangan tenaga di tengah jalan menanjak tersebut. Jusri menyarankan agar pengemudi tidak memaksakan diri untuk melanjutkan ke atas, melainkan memilih untuk mundur secara perlahan dan memulainya lagi dari awal.

Kemudian pasang rem tangan, nyalakan mesin, injak pedal kopling, lalu masukkan ke gigi satu dan injak gas. Usahakan posisi gigi tetap di posisi gigi nomor 1.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Banyak Dicari Pemburu Mobil Bekas, Ini Harga Mobilio Bekas

OTOmart – Beberapa pemain mobil bekas memprediksi jika hingga akhir tahun 2018, mobil bersegmen...

Cara Mudah Membersihkan Lampu Mobil Berembun

OTOmart – Pernahkan Anda mengalami lampu depan mobil Anda redup? Lampu depan mobil menjadi...

Perbedaan Pelapis Jok Berbahan Kulit Sintetis dan Asli

Otomart, Jakarta – Bagian interior merupakan salah satu bagian yang menjadi daya tarik para...

Daftar Harga LMPV Tanah Air September 2018

OTOmart – Sejak melemahnya nilai mata uang rupiah terhadap dolar Amerika, membuat beberapa pabrikan...

Selain Jalan Berlubang, Ini Penyebab Lain Kecelakaan Lalu Lintas

OTOmart – Semenjak awal tahun 2018 hingga Agustus 2018, telah terjadi banyak kasus kecelakaan...

Tips Mengecek Kode Produksi Ban Biar Tidak Beli Ban Kedaluwarsa

OTOmart – Ban merupakan salah satu komponen yang amat vital dalam sebuah kendaraan. Namun...