Begini Cara Ganti Oli Mobil yang Baik dan Benar

posted in: Artikel Mobil | 4 | Author : Ahmad Nur Ubaidah

ganti oli mobil

Otomart, Jakarta – Bagi Anda yang baru pertama kali mempunyai mobil, tentu akan bertanya kapan sih waktu yang paling baik untuk ganti oli mobil? Hal ini tentu akan membuat Anda merasa bingung jika Anda menanyakan hal tersebut kepada orang yang belum memahami dengan baik mengenai mobil.

Perlu Anda ketahui, oli mobil sangat penting untuk menciptakan performa terbaik bagi mobil Anda. Selain itu, oli mobil juga menentukan keawetan dalam merawat mobil yang Anda miliki, sehingga alangkah lebih baik bagi Anda untuk memperhatikan secara khusus tentang kapan waktunya Anda mengganti oli mobil.

Ganti oli mobil itu seperti saat kita mendonorkan darah kita kepada Palang Merah Indonesia (PMI). Jika seseorang tidak mengeluarkan darahnya, maka kesehatan kita mungkin akan terganggu. Oleh sebab itu agar darah Anda tetap berjalan lancer, maka harus diganti. Hal ini sama persis dengan mobil yang Anda miliki. Mesin mobil akan mudah rusak apabila oli tidak pernah diganti.

Jika mesin awet, maka Anda dapat bepergian kemana saja dengan kondisi yang aman dan nyaman. Oleh karena itu janganlah sekali-kali Anda terlambat mengganti oli mobil Anda. Untuk dapat menentukan kapan waktu terbaik untuk ganti oli, sebaiknya Anda mempunyai fase yang Anda tentukan sendiri. Oleh sebab itu sangat diperlukan untuk mempunyai kalender penanggalan sendiri.

Pada umumya, oli mobil dalam jarak waktu normal dapat Anda ganti setiap 4 hingga 5 bulan. Selain itu, hindari untuk mengganti oli mobil lebih awal, seperti pada bulan ke – 3 atau sebelumnya. Hal itu dikarenakan pada bulan tersebut, kondisi oli masih bagus dan layak digunakan oleh mesin.

Dalam mengganti oli mobil, yang perlu Anda perhatikan adalah kualitas oli yang dapat membuat performa mobil Anda menjadi bagus. Jika Anda telah mendapatkan oli dengan kualitas yang bagus, maka jangan pernah sekalipun Anda berganti selain oli yang telah Anda pakai tersebut.

Cara Ganti Oli Mobil

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam mengganti oli mobil, sebab hal ini akan berkaitan langsung dengan mesin mobil. Jika oli yang kita miliki bagus, maka sebaiknya Anda tidak perlu beralih menggunakan oli lainnya.

Pada umumnya oli akan diganti ketika jarak yang telah ditempuh oleh mobil berkisar antara 4.000 hingga 10.000 kilometer. Namun, sangat disarankan untuk segera ganti oli mobil Anda saat jarak yang telah Anda tempuh sebanyak 7.000 kilometer.

Agar Anda dapat mengganti oli dengan baik, sebaiknya Anda segera meminta bantuan mekanik bengkel langganan Anda. Sebab, jika tidak meminta bantuan mekanik, memungkinkan oli tidak meresap dengan baik pada bagian mesin. Selain itu, dengan meminta bantuan mekanik, biasanya Anda akan disarankan untuk menggunakan oli yang sesuai dengan kinerja mesin dengan biaya yang terjangkau.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Sabun Bayi, Cara Murah Merawat Jok Mobil Berbahan Kulit

OTOmart – Jok mobil berbahan kulit pada dasarnya jauh lebih mudah dirawat. Akan tetapi,...

Knalpot Keluar Air dari Mobil Setiap Pagi? Ini Penyebabnya

OTOmart – Jika Anda sering menyalakan mobil di pagi hari dan menemukan knalpot keluar...

Tips Terbaik Membersihkan Setir Mobil Usai Mudik Lebaran

OTOmart – Salah satu komponen mobil yang selalu bersentuhan dengan tangan Anda adalah setir....

Ingin Mudik Aman dan Nyaman? Sebaiknya Cek 7 Komponen Mobil Ini

OTOmart – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, sebagian besar masyarakat tentunya akan menjalankan salah...

Tips Hindari Pecah Ban di Jalan Tol Saat Mudik Lebaran

OTOmart – Sebagian besar kondisi jalan Tol Trans Jawa menggunakan jenis beton cor untuk...

Tips Merawat Radiator Mobil Agar Tidak Jebol Karena Overheat

OTOmart – Radiator adalah salah satu komponen pada mobil yang sangat penting agar suhu...