Mau Tahu Ban Masih Layak atau Tidak? Cek Kode Ban Aja

posted in: Artikel Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
kode ban
Sumber: Viva News

OTOmart – Bagi beberapa orang, mengecek suatu kendaraan apakah masih layak untuk dikendarain atau tidak terbilang cukup sulit bahkan membutuhkan waktu yang cukup lama. Hal ini dirasakan juga pada bagian ban. Karena itu, banyak dari pemilik kendaraan yang malas untuk mengganti ban. Padahal untuk mengecek ban yang digunakan apakah masih layak pakai atau tidak cukup mudah, yaitu dengan mengetahui kode ban yang ada.

Herry Wahyudi yang merupakan seorang Trainer Rifat Drive Labs mengatakan bahwa untuk mengecek layak atau tidaknya ban tidak sulit. Hanya saja kebanyakan orang cukup malas untuk melakukannya sehingga mereka memilih dengan mengakalinya dengan cara dibatik.

Baca Juga: Kenali Fungsi Pola Tapak Ban Mobil Ini Agar Aman Berkendara

“Pabrikan ban tentunya akan selalu mendesain produk sesuai dengan standar Internasional. Bahkan sekarang mereka juga telah memberikan alat untuk membantu kita agar mampu mengecek ban kita sendiri, yang disebut dengan T.W.I (Tread Wear Indikator) atau indicator keausan ban (kode ban)” ucapnya seperti dilansir laman Detik.com.

“Namun terkadang orang kita ketika bicara ban, kalau belum kelihatan benangnya, dibilang belum habis. ‘yah, belum botak’, atau ketika patternya tidak ada lagi, tidak ada kembang-kembangnya atau alurnya dia malah bikin alur ulang dengan dibatik. Ini tentu salah dan berbahaya loh,” jelasnya lagi.

Dirinya pun membagi beberapa tips yang dapat digunakan untuk melihat kelayakan ban dengan sangat mudah, yaitu dilihat dari tonjolan yang ada di sekeliling ban atau kode ban. Segitiga pada ban pada umumnya berjumlah empat hingga enam pada setiap roda, dimana tingginya sekitar 1,6 hingga 1,8 dari dasar tread.

“Caranya kita mengetahui apakah ban ini masih layak atau tidak, dpat dicek pada bagian dinding ban yang biasanya berbentuk segitiga. Atau pada beberapa bagiannya terdapat tulisan T.W.I atau logo dari pabrikan ban itu sendiri. Pada bagian sebelah kiri dan kanan tentu letaknya akan sama. Nah, jika ditarik garis lurus diantara kembang-kembang ban (Pattern), maka pasti ada tonjolan,” terang Herry.

Baca Juga: Tips Beli Mobil Bekas Agar Tidak Tertipu Showroom Mobil Nakal

Jika ban sudah aus, maka tread yang ada pada ban akan mencapai indicator (T.W.I) atau dengan kata lain, jika benjolan yang ada tersebut telah sama dengan permukaan ban.

“Jika ban sudah sering digunakan, maka coba cek benjolan ini, apakah sudah memutus alur ban atau si benjolan tingginya sudah sama dengan permukaan ban atau belum. Jika sudah sama, maka harus segera diganti, jangan sampai menunggu hingga botak, benangnya kelihatan atau sampai meledak,” ucapnya lagi.

Dirinya juga mengatakan, jika pengendara ingin membeli ban bekas, maka sebaiknya perhatikan logo T.W.I-nya. Jika logi tersebut atau bagian segitiganya tidak ada, maka dapat dipastikan bahwa ban yang Anda beli sudah dibatik (dibuat pattern atau alur baru) alias ban tidak bagus.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Daftar Harga CR-V Bekas di Wilayah Bandung dan Sekitarnya

OTOmart – Sebelum datangnya Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner, nama Honda CR-V cukup...

Begini Cara Mencuci Mobil Yang Benar Agar Bodi Tidak Baret

OTOmart – Salah satu kegiatan wajib yang tidak boleh dilupakan oleh para pemilik kendaraan...

Ini 10 Fitur Canggih Yang Terdapat Pada Toyota Avanza Baru 2019

OTOmart – Setelah menemani keluarga Indonesia selama 15 tahun dan telah terjual sebanyak lebih...

Ini Spesifikasi dan Harga Mobil CRV Bekas Desember 2018

OTOmart – Sejak dirilis pada tahun 2000 lalu, Honda CRV berhasil menarik perhatian para...

Akhir Tahun Mau Beli Honda CRV? Berikut Ini Harga CRV Turbo 2018

OTOmart – Salah satu mobil unggulan dari Honda di segmen SUV adalah Honda CRV....

Lakukan 5 Hal Ini Agar Transmisi Mobil Matic Anda Tidak Cepat Rusak

OTOmart – Mobil matik saat ini tengah populer di kalangan masyarakat Indonesia. Dengan menggunakan...