Cara Mudah Membersihkan Lampu Mobil Berembun

posted in: Artikel Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
lampu mobil
Lampu mobil berembun (fastnlow.net)

OTOmart – Pernahkan Anda mengalami lampu depan mobil Anda redup? Lampu depan mobil menjadi redup biasanya disebabkan oleh kaca mika yang terdapat di dalam lampu mobil Anda kusam akibat proses oksidasi atau bisa juga disebabkan oleh embun. Jika lampu mobil berembun, maka hal tersebut mengindikasikan bahwa bagian terdapat bagian lampu yang bocor sehingga mudah untuk disusupi udara atau air.

Kondisi tersebut tentu amat mempengaruhi penerangan serta menurunkan kadar estetika kendaraan. Selain itu, lampu mobil berembun rupanya juga dapat mengakibatkan terjadinya kerusakan hingga kebakaran. Karena itu, sebisa mungkin jika terdapat embun pada lampu mobil Anda segera dicek dan diatasi untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga: Lampu Mobil Anda Redup? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Dilansir laman situs Nissan.co.id, lampu mobil berembun terjadi akibat bagian sil atau kaca mika lampu tidak rapat sehingga menyebabkan udara terperangkap dan mengembun karena mengalami perbedaan suhu dengan bagian luar lampu.

Terdapat beberapa kemungkinan mengapa lampu depan dapat bocor sehingga menyebabkan embun. Salah satunya adalah akibat dari seringnya kendaraan di parkir di luar ruangan sehingga terpapar langsung oleh sinar matahari. Sil lampu yang terbuat dari karet serta mika yang terkena sinar matahari secara terus menerus tentu akan menjadi getas sehingga membuat lampu menjadi bocor dan menyebabkan embun.

Solusi

Sebenarnya untuk menghilangkan embun yang terdapat pada lampu depan mobil tidaklah begitu sulit. Cara paling mudah adalah dengan menyalakan lampu ketika sedang berhenti di tempat yang teduh.

Sebab, embun akan menghilang dengan sendirinya jika terkena panas. Jika embun malah membuat genangan air pada lampu, maka cara terbaik adalah dengan membuka lampu depan mobil tersebut. Cara membuka lampu depan dapat Anda lakukan dengan mudah melalui petunjuk yang tertera di buku manual. Namun jika Anda kesulitan, Anda dapat meminta bantuan montir untuk membukanya.

Setelah lampu berhasil dibuka, langkah selanjutnya adalah mencari bagian yang bocor, baru setelah itu dibersihkan menggunakan lap microfiber. Langkah pembersihan ini harus dilakukan secara hati-hati agar tidak merusak bagian lampu lain yang terbilang sensitif.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED Pada Kendaraan Anda

Bohlam pecah

Embun rupanya dapat menyebabkan lampu bohlam pecah akibat perbedaan suhu yang cukup signifikan, dimana ketika bohlam menyala maka akan menghasilkan panas sehingga menyebabkan lampu menyala. Jika embun menyentuh bohlam, maka hal ini akan membuat bohlam pecah akibat dari perbedaan suhu keduanya. Kondisi ini ternyata dapat menyebabkan terjadinya korsleting hingga kebakaran.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

3 Langkah Mudah Usir Udara Panas Pada Kabin Mobil Anda

OTOmart – Pernahkah Anda memarkir mobil Anda di lahan terbuka? Apalagi saat waktu siang...

Punya Tombol Tersembunyi, Begini Cara Mematikan Sistem Alarm C-HR

OTOmart – Seperti kebanyakan mobil pada umumnya, Toyota C-HR juga tentunya telah dibekali dengan...

Selain Pedal Rem, Ini Beberapa Jenis Rem Yang Perlu Anda Tahu!

OTOmart – Seperti rem pada umumnya, rem tangan atau sering disebut juga dengan rem...

4 Faktor Penyebab Kendaraan Jadi Boros Konsumsi Bahan Bakar

OTOmart – Bagi pengendara kendaraan bermotor, baik kendaraan beroda dua maupun beroda empat, tentunya...

Mobil Sudah Gunakan Emisi Euro 4, Sebaiknya Gunakan BBM Jenis Ini

OTOmart – Sejak menerapkan standar emisi Euro 4 di Indonesia sejak Oktober 2018 kemarin...

Begini Cara Membedakan Mobil Bekas Taksi Online Dengan Yang Tidak

OTOmart – Saat Anda membeli mobil bekas, tentunya Anda ingin mendapatkan mobil bekas dengan...