Cara Mudah Membersihkan Lampu Mobil Berembun

posted in: Artikel Mobil | 1 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
lampu mobil
Lampu mobil berembun (fastnlow.net)

OTOmart – Pernahkan Anda mengalami lampu depan mobil Anda redup? Lampu depan mobil menjadi redup biasanya disebabkan oleh kaca mika yang terdapat di dalam lampu mobil Anda kusam akibat proses oksidasi atau bisa juga disebabkan oleh embun. Jika lampu mobil berembun, maka hal tersebut mengindikasikan bahwa bagian terdapat bagian lampu yang bocor sehingga mudah untuk disusupi udara atau air.

Kondisi tersebut tentu amat mempengaruhi penerangan serta menurunkan kadar estetika kendaraan. Selain itu, lampu mobil berembun rupanya juga dapat mengakibatkan terjadinya kerusakan hingga kebakaran. Karena itu, sebisa mungkin jika terdapat embun pada lampu mobil Anda segera dicek dan diatasi untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga: Lampu Mobil Anda Redup? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Dilansir laman situs Nissan.co.id, lampu mobil berembun terjadi akibat bagian sil atau kaca mika lampu tidak rapat sehingga menyebabkan udara terperangkap dan mengembun karena mengalami perbedaan suhu dengan bagian luar lampu.

Terdapat beberapa kemungkinan mengapa lampu depan dapat bocor sehingga menyebabkan embun. Salah satunya adalah akibat dari seringnya kendaraan di parkir di luar ruangan sehingga terpapar langsung oleh sinar matahari. Sil lampu yang terbuat dari karet serta mika yang terkena sinar matahari secara terus menerus tentu akan menjadi getas sehingga membuat lampu menjadi bocor dan menyebabkan embun.

Solusi

Sebenarnya untuk menghilangkan embun yang terdapat pada lampu depan mobil tidaklah begitu sulit. Cara paling mudah adalah dengan menyalakan lampu ketika sedang berhenti di tempat yang teduh.

Sebab, embun akan menghilang dengan sendirinya jika terkena panas. Jika embun malah membuat genangan air pada lampu, maka cara terbaik adalah dengan membuka lampu depan mobil tersebut. Cara membuka lampu depan dapat Anda lakukan dengan mudah melalui petunjuk yang tertera di buku manual. Namun jika Anda kesulitan, Anda dapat meminta bantuan montir untuk membukanya.

Setelah lampu berhasil dibuka, langkah selanjutnya adalah mencari bagian yang bocor, baru setelah itu dibersihkan menggunakan lap microfiber. Langkah pembersihan ini harus dilakukan secara hati-hati agar tidak merusak bagian lampu lain yang terbilang sensitif.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED Pada Kendaraan Anda

Bohlam pecah

Embun rupanya dapat menyebabkan lampu bohlam pecah akibat perbedaan suhu yang cukup signifikan, dimana ketika bohlam menyala maka akan menghasilkan panas sehingga menyebabkan lampu menyala. Jika embun menyentuh bohlam, maka hal ini akan membuat bohlam pecah akibat dari perbedaan suhu keduanya. Kondisi ini ternyata dapat menyebabkan terjadinya korsleting hingga kebakaran.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Update Terbaru Harga Avanza Bekas Desember 2019

OTOmart – Hingga saat ini, Toyota Avanza masih menjadi salah satu mobil bekas yang...

Harga Mitsubishi Xpander Bekas Mulai Dari Rp 200 Jutaan

OTOmart – Dibandingkan versi terbarunya, harga jual Mitsubishi Xpander bekas justru lebih menarik. Di...

Sabun Bayi, Cara Murah Merawat Jok Mobil Berbahan Kulit

OTOmart – Jok mobil berbahan kulit pada dasarnya jauh lebih mudah dirawat. Akan tetapi,...

Knalpot Keluar Air dari Mobil Setiap Pagi? Ini Penyebabnya

OTOmart – Jika Anda sering menyalakan mobil di pagi hari dan menemukan knalpot keluar...

Tips Terbaik Membersihkan Setir Mobil Usai Mudik Lebaran

OTOmart – Salah satu komponen mobil yang selalu bersentuhan dengan tangan Anda adalah setir....

Ingin Mudik Aman dan Nyaman? Sebaiknya Cek 7 Komponen Mobil Ini

OTOmart – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, sebagian besar masyarakat tentunya akan menjalankan salah...