Mau Campur Angin Nitrogen Dengan Angin Biasa? Ini Penjelasannya

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
angin nitrogen
Ilustrasi (Plesiran Kota Tua)

OTOmart – Anda biasa mengisi tekanan ban mobil Anda dengan angin nitrogen dan ingin mencampur angin nitrogen tersebut dengan angin biasa atau kompresor? Sebaiknya anda jangan melakukan hal tersebut.

Angin jenis nitrogen memang mempunyai banyak kelebihan dibandingkan dengan jenis angin biasa, seperti tidak mudah panas, efisien, tidak mudah berkurang dan lebih tahan lama. Berbagai kelebihan yang dimiliki ini tentunya membuat banyak orang tertarik untuk menggunakannya.

Baca Juga: Jangan Sepelekan Krikil Pada Ban Mobil, Bisa Bahaya!

Meski begitu, populasi pengisian nitrogen terbilang masih cukup langka di Indonesia dibandingkan pengisian jenis kompresor biasa karena memerlukan alat khusus yang mampu mengalirkan nitrogen ke dalam ban mobil Anda.

Lalu mengingat populasinya yang tidak begitu banyak, apakah boleh menambah tekanan angin ban mobil Anda dengan kompresor biasa?

Salah satu pemilik bengkel ban, Spooring and Balancing yang berada di wilayah Tangerang, Abeng mengatakan agar Anda tidak mencampur nitrogen dengan kompresor biasa, sebab akan menimbulkan masalah yang cukup serius.

Menurut Abeng, masalah yang mungkin terjadi jika Anda mencampur antara nitrogen dan angin biasa adalah sama-sama mampu menghasilkan tekanan ban.

“Kalau mau dicampur sih sebenarnya tidak apa-apa. Namun masalahnya Anda tidak akan dapat merasakan efek yang maksimal dari penggunaan nitrogen itu sendiri,” terang Abeng.

Angin nitrogen sendiri banyak dipilih oleh masyarakat karena mampu memberikan tekanan yang lebih stabil pada ban dibandingkan dengan angin biasa. Selain itu, nitrogen mempunyai daya tahan yang lebih lama untuk penyusutannya, serta membuat air lebih cepat menguap.

Abeng pun menuturkan, apapun pilihan anginnya, yang paling penting untuk dilakukan adalah menyesuaikan tekanan ban sesuai dengan rekomendasi dari pabrikan otomotif itu sendiri.

Baca Juga: Kenali Fungsi Pola Tapak Ban Mobil Ini Agar Aman Berkendara

“Berbeda jenis angin ban itu hanya memiliki perbedaan karakternya saja. Namun yang paling penting adalah agar tekanan angin bannya sesuai dengan anjuran dari pabriknya,” pungkas Abeng, seperti dilansir laman Otodriver.com

Bagaimana, Anda masih ingin mencampur nitrogen dengan angin biasa? Sebaiknya pahami dulu tekanan angin ban mobil Anda sesuai dengan spesifikasi yang ditawarkan.

Jika Anda sedang mencari mobil bekas berkualitas dengan cicilan kredit yang mudah, aman dan transparan, segera kunjungi website www.otomart.id. Karena kami selalu siap membantu mewujudkan impian Anda untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas terbaik.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Honda Tidak Akan Datangkan Jazz Terbaru 2020 Ke Indonesia

OTOmart – Honda Jazz terbaru 2020 yang telah diluncurkan pada awal bulan Februari lalu...

Mobil Kebanjiran, Lakukan Hal Ini Agar Kerusakan Tidak Menjalar

OTOmart – Dalam beberapa hari terakhir, Jakarta dan sekitarnya dilanda hujan dengan intensitas yang...

Harga Ertiga Bekas Di Wilayah Jakarta Mulai Dari Rp125 Jutaan

OTOmart – Meski berbeda segmen, tetap saja kehadiran XL7 membuat penjualan Ertiga sedikit terancam,...

Baru Diluncurkan, Suzuki Sudah Beri Promo dan Diskon Suzuki XL7

OTOmart – Salah satu cara produsen mobil untuk tetap dapat menarik minat para konsumen...

Cara Mudah Melakukan Jumper Aki Mobil Dari Aki Mobil Lainnya

OTOmart – Jika mobil bekas Anda mogok akibat aki soak, maka salah satu trik...

Nano Ceramic, Cairan Poles Yang Bikin Mobil Anda Kinclong

OTOmart – Cat bodi yang nampak mengkilap dan kinclong serta tidak kusam merupakan salah...