Mau Campur Angin Nitrogen Dengan Angin Biasa? Ini Penjelasannya

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
angin nitrogen
Ilustrasi (Plesiran Kota Tua)

OTOmart – Anda biasa mengisi tekanan ban mobil Anda dengan angin nitrogen dan ingin mencampur angin nitrogen tersebut dengan angin biasa atau kompresor? Sebaiknya anda jangan melakukan hal tersebut.

Angin jenis nitrogen memang mempunyai banyak kelebihan dibandingkan dengan jenis angin biasa, seperti tidak mudah panas, efisien, tidak mudah berkurang dan lebih tahan lama. Berbagai kelebihan yang dimiliki ini tentunya membuat banyak orang tertarik untuk menggunakannya.

Baca Juga: Jangan Sepelekan Krikil Pada Ban Mobil, Bisa Bahaya!

Meski begitu, populasi pengisian nitrogen terbilang masih cukup langka di Indonesia dibandingkan pengisian jenis kompresor biasa karena memerlukan alat khusus yang mampu mengalirkan nitrogen ke dalam ban mobil Anda.

Lalu mengingat populasinya yang tidak begitu banyak, apakah boleh menambah tekanan angin ban mobil Anda dengan kompresor biasa?

Salah satu pemilik bengkel ban, Spooring and Balancing yang berada di wilayah Tangerang, Abeng mengatakan agar Anda tidak mencampur nitrogen dengan kompresor biasa, sebab akan menimbulkan masalah yang cukup serius.

Menurut Abeng, masalah yang mungkin terjadi jika Anda mencampur antara nitrogen dan angin biasa adalah sama-sama mampu menghasilkan tekanan ban.

“Kalau mau dicampur sih sebenarnya tidak apa-apa. Namun masalahnya Anda tidak akan dapat merasakan efek yang maksimal dari penggunaan nitrogen itu sendiri,” terang Abeng.

Angin nitrogen sendiri banyak dipilih oleh masyarakat karena mampu memberikan tekanan yang lebih stabil pada ban dibandingkan dengan angin biasa. Selain itu, nitrogen mempunyai daya tahan yang lebih lama untuk penyusutannya, serta membuat air lebih cepat menguap.

Abeng pun menuturkan, apapun pilihan anginnya, yang paling penting untuk dilakukan adalah menyesuaikan tekanan ban sesuai dengan rekomendasi dari pabrikan otomotif itu sendiri.

Baca Juga: Kenali Fungsi Pola Tapak Ban Mobil Ini Agar Aman Berkendara

“Berbeda jenis angin ban itu hanya memiliki perbedaan karakternya saja. Namun yang paling penting adalah agar tekanan angin bannya sesuai dengan anjuran dari pabriknya,” pungkas Abeng, seperti dilansir laman Otodriver.com

Bagaimana, Anda masih ingin mencampur nitrogen dengan angin biasa? Sebaiknya pahami dulu tekanan angin ban mobil Anda sesuai dengan spesifikasi yang ditawarkan.

Jika Anda sedang mencari mobil bekas berkualitas dengan cicilan kredit yang mudah, aman dan transparan, segera kunjungi website www.otomart.id. Karena kami selalu siap membantu mewujudkan impian Anda untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas terbaik.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Daftar Lengkap Harga Toyota Vios Bekas Maret 2020

OTOmart – Sejak dirilis pada tahun 2003 silam di Indonesia, Toyota Vios menjelma menjadi...

Suzuki Ertiga 2014 Kini Dibanderol Mulai Dari Rp 100 Jutaan

OTOmart – Suzuki Ertiga merupakan salah satu mobil berjenis MPV yang tentunya banyak diburu...

Bunuh Virus Corona di Kabin Dengan Proses Sterilisasi Ini

OTOmart – Salah satu bagian mobil yang berpotensi menjadi media penyebaran virus Corona atau...

Bagian Mobil Ini Perlu Dibersihkan Agar Terhindar Dari Virus Corona

OTOmart – Salah satu upaya dalam melindungi diri dari penyebaran virus corona atau covid-19...

Scuto Indonesia Sediakan Jasa Penyemprotan Disinfektan Gratis

OTOmart – Dengan semakin berkembangnya penyebaran wabah virus corona atau Covid-19, tentu membuat para...

Suzuki Klaim Biaya Perawatan Suzuki XL7 Cuma Rp 3.800 Per Hari

OTOmart – Sebagai salah satu pemain baru di pasar otomotif Indonesia, Suzuki XL7 telah...