Calya Jadi Mobil Low Cost Green Car Terlaris September 2018

posted in: Berita Mobil | 1 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
cost
Toyota Calya sedang dilakukan pengujian konsumsi BBM di Malang dan Surabaya, Jawa Timur (Oto Jatim)

OTOmart – Sejak dimunculkan regulasi tahun 2013 mengenai mobil murah oleh Kementrian Perindustrian (Kemenperin), maka sudah lima tahun mobil-mobil Low Cost Green Car (LCGC) berada di jalan-jalan Indonesia. Perkembangannya pun semakin tinggi setiap tahunnya, bahkan penjualannya kini menjadi pesaing utama dari mobil MPV yang selama ini selalu mendominasi di pasar otomotif tanah air.

Baca Juga: Tanggapan Komunitas dari Kekurangan Toyota Calya Saat Ini

Beberapa produsen mobil pun telah terlibat dalam memproduksi mobil bersegmen Low Cost Green Car ini. Kondisi ini terjadi karena memang tidak mudah untuk memproduksi mobil ini, sebab harus dapat memenuhi regulasi serta syarat-syarat yang telah ditentukan oleh pemerintah.

Produsen mobil yang tercatat telah mengikuti program mobil Low Cost Green Car dari pemerintah, antara lain yaitu Daihatsu, Toyota, Honda, Suzuki, dan Datsun. Toyota sendiri telah merilis dua buah mobil LCGC unggulannya melalui Agya dan Calya. Seperti dengan Toyota, Daihatsu juga telah memproduksi dua buah kendaraan LCGC yang menjadi unggulannya, yaitu Ayla dan Sigra.

Tidak mau kalah dengan dua kompetitornya tersebut, Suzuki juga mengeluarkan mobil bersegmen LCGC guna bersaing dengan keempat produk rivalnya tersebut yang diberi nama, Suzuki Karimun Wagon R. Datsun pun latah dan turut mengikuti program pemerintah ini melalui berbagai varian mobilnya, sebut saja Go dan Go+. Selanjutnya ada Honda yang turut membuat mobil LCGC yang diberi nama Brio Satya.

Dari sekian banyak mobil Low Cost Green Car yang hadir dan berkeliaran di jalanan Indonesia, manakah yang paling banyak digemari oleh masyarakat Indonesia?

Berdasarkan data yang dirilis dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan berdasarkan distrubusi wholesales (pabrik ke diler) selama September 2018 menempatkan Toyota Calya sebagai mobil Low Cost Green Car terlaris dengan total penjualan sebanyak 4.819 unit. Sedangkan untuk saudara kembarnya, Daihatsu Sigra hanya berhasil duduk di peringkat kedua dengan total penjualan sebanyak 4.729 unit.

Baca Juga: Diserbu Produk Baru, Toyota Calya Masih Jadi Mobil LCGC Terbaik

Setelah Sigra, Daihatsu Ayla menyusul dengan total penjualan sebanyak 2.473 unit selama penjualan di bulan September 2018. Posisi selanjutnya diisi oleh Agya, dimana kendaraan besutan Toyota tersebut berhasil meraih angka penjualan sebanyak 2.437 unit.

Penjualan yang cukup bagus tersebut, rupanya tidak diikuti oleh Datsun dan Suzuki, dimana penjualan mobil LCGC keduanya tercatat tidak lebih dari 1.000 unit selama satu bulan kemarin. Sedangkan untuk penjualan Honda Brio Satya, datanya belum tercatat, sebab mobil ini baru saja dirilis pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 pada bulan Agustus kemarin.

Jika Anda sedang mencari mobil bekas berkualitas dengan cicilan kredit yang mudah, aman dan transparan, segera kunjungi website www.otomart.id. Karena kami selalu siap membantu mewujudkan impian Anda untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas terbaik.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Muncul Di GIIAS 2019, Harga Suzuki Jimny Terbaru Rp 300 Juta

OTOmart – Setelah kemunculannya satu tahun yang lalu pada gelaran yang sama, Suzuki Jimny...

Daftar Mobil Test Drive Di Gelaran GIIAS 2019

OTOmart – Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 hari ini telah secara resmi...

Suzuki Luncurkan Program Trade-In Saat GIIAS 2019 Besok

OTOmart – Menjelang digelarnya pameran otomotif terkemuka Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019,...

Airbag Mobil Toyota Rush Bermasalah, Toyota Lakukan Recall

OTOmart – Salah satu pabrikan otomotif terkemuka asal Jepang, Toyota Motor Corporation melalui PT...

Teaser Mobil Juke Terbaru Resmi Dirilis, Ini Prediksi Perubahannya

OTOmart – Jelang peluncuran perdananya pada September 2019 mendatang, Nissan Motors telah membocorkan sedikit...

Tengah Naik Daun, Ini Harga Kamera 360 Aftermarket Xpander dan Livina

OTOmart – Di antara berbagai macam fitur yang disematkan pada beberapa bagian mobil, fitur...