Punya Budget RP 130 Juta, Beli Avanza atau Wuling?

posted in: Artikel Mobil | 2 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
avanza
Toyota Avanza Veloz (Futuready)

OTOmart – Jika Anda mencari mobil low MPV paling murah yang ada saat ini, maka pilihan Anda jatuh kepada Wuling. Sebab, Wuling membanderol mobil ini dengan harga yang cukup murah, yaitu Rp130 juta untuk produk Confero S. Namun, jika ada pertimbangan lain dan harga yang sama, Anda mungkin saja bisa mendapatkan Toyota Avanza atau Daihatsu Xenia bekas walaupun usianya bisa lebih tua sekitar 3 sampai 5 tahun bahkan hingga mencapai 8 tahun.

Jika membicarakan usia kendaraan, maka bersiap-siaplah untuk keluar uang untuk perbaikan, sebab biasanya hal itu sudah berada di luar servis umum. Lalu manakah mobil yang tepat untuk Anda beli dengan budget Rp130 juta?

Baca Juga: Penjualan Avanza Hingga Bulan Mei Belum Mampu Kalahkan Xpander

Dengan budget Rp130 juta, maka Anda bisa mendapatkan mobil Avanza dan Xenia bekas keluaran produksi tahun 2012 hingga 2016. Logikanya, jika semakin muda usia mobil, maka makin bagus juga untuk urusan pengeluaran biaya servisnya. Namun, apakah dengan harga tersebut dapat dipastikan kondisi mobil aman?

Untuk mengetahui kondisi mobil, sebaiknya Anda melakukan tes secara langsung sehingga Anda dapat merasakan sendiri apakah mobil tersebut benar-benar aman untuk Anda kendarai atau tidak. Jika dengan harga Rp130 juta namun Anda diharuskan untuk mengeluarkan biaya tambahan perbaikan dan lain-lain, maka sebaiknya Anda mengecek keluhan umum dari para pemakai Avanza dan Xenia second serta mengecek berapakah harga spare partnya tersebut.

Untuk Avanza tipe lama, keluhan yang paling sering terdengar adalah mengenai steering rack, dimana setelah pemakaian yang cukup lama membuat kondisinya tidak cukup bagus sehingga membutuhkan penggantian. Selain itu, harganya juga cukup mahal, berada di kisaran Rp8 juta.

Komponen lain yang menjadi masalah Avanza tipe lama adalah AC (extra fan) yang telah mulai aus setelah dilakukan pemakaian selama lima tahun dengan harga onderdil non-orisinalnya mencapai harga Rp 450.000-Rp 700.000, sedangkan untuk kipas radiatornya sendiri berada di rentang harga Rp 100.000-Rp 200.000.

wuling confero s
Wuling Confero S (Wuling)

Untuk bagian kabinnya, masalah yang seringkali di alami adalah mengenai masalah sektor kenyamanannya, dimana kabin menjadi kurang kedap suara sehingga membuat suara dari luar kabin membuat penumpang dan pengemudi menjadi tidak nyaman.

Baca Juga: Siap-Siap Toyota Avanza Terbaru Meluncur Akhir Tahun Ini

Hal ini terjadi akibat dari karet-karet yang terletak di bagian pintu mengalami getas. Hal ini tentu membuat Anda berpikir untuk membuat kabin Avanza menjadi lebih kedap lagi. Namun, biaya untuk membuat kabin kedap terbilang sangat mahal, sebab servis penambahan lapisan saja sudah mengeluarkan biaya jutaan. Karena itu, untuk membuat kabin Avanza menjadi kedap suara lagi membutuhkan dana mulai dari Rp 2,5 juta hingga Rp 7 juta. Sedangkan untuk mengganti karet getas saja, Anda cukup merogoh kantong sebanyak Rp 100.000 untuk satu bagian pintu.

Ketidaknyamanan lainnya yang sering kali terjadi adalah di bagian kaki-kaki. Seperti bunyi ‘jeduk’ sehingga diperlukan karet stabilizer dengan harga Rp 30.000.

Sedangkan jika Anda harus melakukan penggantian shock, maka Anda sepertinya harus merogoh kocek di kisaran harga mulai dari Rp 300.000 hingga Rp 700.000.

Lalu bagaimana jika membeli Wuling? Mobil ini terhitung masih terbilang seksi, meskipun beberapa pengguna melaporkan jika mobil ini memiliki bunyi-bunyi yang terdapat di bagian roda belakang. Selain itu, PR lain dari mobil ini adalah dealer dan bengkel resminya yang belum begitu banyak.

Untuk mengcover itu semua, Wuling memberikan paket gratis perawatan bagi para konsumennya selama 3 tahun atau sejauh 60.000 km (tergantung mana yang tercapai lebih dahulu). Dimana selama 3 tahun tersebut, para konsumen dapat memanfaatkan servis gratis, seperti jasa dan suku cadang serta mencakup filter oli.

Baca Juga: Ingin Beli Avanza? Ini Harga Toyota Avanza Mei 2018 OTR Jakarta

Adapun kesimpulannya adalah dengan budget harga RP 130 juta dan membeli Avanza, maka Anda akan mendapatkan berbagai keuntungan. Salah satunya adalah suku cadang yang melimpah. Sedangkan jika Anda mencari mobil baru, maka Wuling merupakan pilihan yang direkomendasikan, sebab selama masa servis gratis berlaku sembari menunggu perkembangan dealer, bengkel serta spare part-nya.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Tips Terbaik Membersihkan Setir Mobil Usai Mudik Lebaran

OTOmart – Salah satu komponen mobil yang selalu bersentuhan dengan tangan Anda adalah setir....

Ingin Mudik Aman dan Nyaman? Sebaiknya Cek 7 Komponen Mobil Ini

OTOmart – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, sebagian besar masyarakat tentunya akan menjalankan salah...

Tips Hindari Pecah Ban di Jalan Tol Saat Mudik Lebaran

OTOmart – Sebagian besar kondisi jalan Tol Trans Jawa menggunakan jenis beton cor untuk...

Tips Merawat Radiator Mobil Agar Tidak Jebol Karena Overheat

OTOmart – Radiator adalah salah satu komponen pada mobil yang sangat penting agar suhu...

Tips Mengemudi Mobil Yang Aman di Malam Hari

OTOmart – Bagi sebagian orang berkendara di malam hari dianggap mempunyai sensasi tersendiri, mulai...

Tips Membersihkan Ruang Mesin Yang Aman Dan Benar

OTOmart – Ruang mesin merupakan salah satu area mobil bekas yang paling jarang dibersihkan...